Teks Pidato Presiden Soekarno saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945

Teks Pidato Presiden Soekarno saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 sangat berharga sebagai bukti kemerdekaan Indonesia.

Teks naskah Proklamasi Otentik oleh Ir. Soekarno untuk pertama kali di Jalan Pegangsaan Timur 56 – Jakarta Pusat, tepat di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 11.30 waktu Nippon (patokan zona waktu yang dipakai pada zaman pemerintah pendudukan militer Jepang / jika dikonversi ke Waktu Indonesia Bagian Barat adalah pukul 10.00). Namun begitu, saat teks naskah Proklamasi itu dibacakan oleh Bung Karno, waktu itu tidak ada yang merekam suara ataupun video, yang ada hanyalah dokumentasi foto.
Suara asli Presiden Soekarno saat membacakan teks naskah Proklamasi yang sobat dengar saat ini adalah suara Bung Karno yang direkam pada tahun 1951 di studio Radio Republik Indonesia (RRI) di Jalan Medan Merdeka Barat 4-5 – Jakarta Pusat. Dokumentasi suara asli hasil rekaman pembacaan teks naskah Proklamasi oleh Ir. Soekarno ini diprakarsai oleh Jusuf Ronodipuro (salah seorang pendiri RRI).
Teks Pidato Presiden Soekarno saat Proklamasi 17 Agustus 1945
Presiden Soekarno saat Pidato Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945

Teks Pidato Presiden Soekarno saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945

Berikut ini adalah isi lengkap Teks Pidato Presiden Soekarno saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945:

Saudara-saudara sekalian!
Saya telah meminta Anda untuk hadir di sini untuk menyaksikan peristiwa dalam sejarah kami yang paling penting.

Selama beberapa dekade kita, Rakyat Indonesia, telah berjuang untuk kebebasan negara kita-bahkan selama ratusan tahun!

Ada gelombang dalam tindakan kita untuk memenangkan kemerdekaan yang naik, dan ada yang jatuh, namun semangat kami masih ditetapkan dalam arah cita-cita kami.

Juga selama zaman Jepang usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak pernah berhenti. Pada zaman Jepang itu hanya muncul bahwa kita membungkuk pada mereka. Tetapi pada dasarnya, kita masih terus membangun kekuatan kita sendiri, kita masih percaya pada kekuatan kita sendiri.
Kini telah hadir saat ketika benar-benar kita mengambil nasib tindakan kita dan nasib negara kita ke tangan kita sendiri. Hanya suatu bangsa cukup berani untuk mengambil nasib ke dalam tangannya sendiri akan dapat berdiri dalam kekuatan.

Oleh karena semalam kami telah musyawarah dengan tokoh-tokoh Indonesia dari seluruh Indonesia. Bahwa pengumpulan deliberatif dengan suara bulat berpendapat bahwa sekarang telah datang waktu untuk mendeklarasikan kemerdekaan.

Saudara-saudara:
Bersama ini kami menyatakan solidaritas penentuan itu.
Dengarkan Proklamasi kami :

P R O K L A M A S I
KAMI BANGSA INDONESIA DENGAN INI MENYATAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA. HAL-HAL YANG MENGENAI PEMINDAHAN KEKUASAAN DAN LAIN-LAIN DISELENGGARAKAN DENGAN CARA SAKSAMA DAN DALAM TEMPO YANG SESINGKAT-SINGKATNYA.
DJAKARTA, 17 AGUSTUS 1945
ATAS NAMA BANGSA INDONESIA.
SOEKARNO-HATTA.
Jadi, Saudara-saudara!
Kita sekarang sudah bebas!
Tidak ada lagi penjajahan yang mengikat negara kita dan bangsa kita!

Mulai saat ini kita membangun negara kita. Sebuah negara bebas, Negara Republik Indonesia-lamanya dan abadi independen. Semoga Tuhan memberkati dan membuat aman kemerdekaan kita ini!

Video / film Proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno didampingi oleh Mohammad Hatta pada 17 Agustus 1945.



Itulah Teks Pidato Presiden Soekarno saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: