Sumpah Pemuda 28 oktober 1928 : Isi Materi Kalimat Naskah Teks Ikrar Asli dan Ejaan Baru

Artikel WebKeren.Net dengan judul Sumpah Pemuda (Soempah Pemoeda) Tanggal 28 oktober 1928 Isi Materi Kalimat Naskah Teks Ikrar Asli dari Pidato Lengkapnya dan Ejaan Baru EYD ini akan membahas sejarah singkat sumpah pemuda sebagai hasil dari kongres pemuda kedua beserta dengan teks naskah isi sumpah pemuda otentik versi asli / ejaan lama tersebut menggunakan ejaan van Ophuysen (opshid) dan naskah teks sumpah pemuda 1928 versi ejaan baru / eyd pendidikan zaman sekarang yang bisa sobat download. Karena sebagai bagian dari bangsa Indonesia kita harus berbangga, bersyukur dan berterima kasih pada pemuda Indonesia yang pada saat itu menyadari keberanekaragaman yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Minangas hingga Pulau Rote.
Kalimat Isi Naskah Sumpah Pemuda Teks Ikrar Asli
Kalimat Isi Naskah Sumpah Pemuda Teks Ikrar Asli | @ intelijen.co.id

Rumusan Kongres

Sumpah Pemuda adalah ikrar pemuda Indonesia yang merupakan hasil dari keputusan Kongres Pemuda (Kerapatan Pemoeda-Pemoedi) Kedua yang diselenggarakan dua hari, pada tanggal 27 sampai 28 bulan Oktober tahun 1928 di Batavia / Waltervreden (Jakarta).
Keputusan ini menegaskan tentang cita-cita bahwa tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia yang satu nantinya akan menjadi kenyataan. Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan". Istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan pada saat kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya.

Hasil rumusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Sumpah Pemuda II (Kedua) tersebut ditulis Moehammad Yamin pada secarik kertas. Rancangan ini kemudian diberikan kepada Soegondo sewaktu Mr. Sunario sebagai utusan kepanduan sedang berpidato pada sesi terakhir kongres. Penyerahan ini dilakukan sembari berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya punya formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres). Setelah itu Soegondo membubuhi paraf sebagai tanda setuju pada secarik kertas tersebut. Baru kemudian diteruskan kepada yang lain untuk paraf setuju juga. Sumpah tersebut pertama kali diikrarkan / dibacakan oleh Soegondo. Kemudian janji atau ikrar singkat namun dipegang secara teguh yang dicetuskan oleh para pemuda Indonesia Yang berupa suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa tersebut dijelaskan panjang-lebar oleh M. Yamin.

Naskah Teks Sumpah Pemuda Asli

Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum lengkap pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisan teks naskah isi sumpah pemuda otentik versi asli / ejaan lama tersebut menggunakan ejaan van Ophuysen (opshid).

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Djakarta, 28 Oktober 1928

Naskah Teks Sumpah Pemuda 1928 Versi Ejaan Baru

Sementara berikut ini adalah naskah teks sumpah pemuda 1928 versi ejaan baru / eyd zaman sekarang

SUMPAH PEMUDA

Pertama : Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
Kedua : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Ketiga : Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Jakarta, 28 Oktober 1928


Sumpah Pemuda dalam bahasa inggris adalah Youth Pledge Jika sobat mencari sumpah pemuda dalam bahasa inggris, berikut ini adalah naskah teks sumpah pemuda berbahasa inggris.

YOUTH PLEDGE

Firstly : We the sons and daughters of Indonesia, acknowledge one motherland, Indonesia.
Secondly : We the sons and daughters of Indonesia, acknowledge one nation, the nation of Indonesia.
Thirdly : We the sons and daughters of Indonesia, respect the language of unity, Indonesian.


Teks Sumpah Pemuda dibacakan pertamakali pada tanggal 28 bulan Oktober tahun 1928 di Jalan Kramat Raya nomor 106 (sekarang menjadi Museum Sumpah Pemuda). Gedung ini pada waktu itu adalah milik dari seorang Tionghoa yang bernama Sie Kong Liong. Sebelum pembacaan teks Soempah Pemoeda diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kalinya. Yaitu lagu Indonesia Raya ciptaan W.R. Soepratman dengan diiringi biolanya dimana lagu ini dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan menegaskan bahwa itu adalah lagu kebangsaan. Hingga kemnudian hingga kini Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober pada setiap tahunnya.

Terima Kasih telah membaca essay WebKeren.Net berjudul Sumpah Pemuda 28 oktober 1928 : Isi Materi Naskah teks dari Pidato Lengkapnya yang memberikan penjelasan sejarah singkat kapan sumpah pemuda dibacakan, dan sumpah pemuda sebagai hasil dari kongres pemuda kedua beserta dengan teks naskah isi sumpah pemuda otentik versi asli / ejaan lama tersebut menggunakan ejaan van Ophuysen (opshid) dan naskah teks sumpah pemuda 1928 versi ejaan baru / eyd pendidikan zaman sekarang.

Kalau Sobat merasa bermanfaat, silakan share ke jejaring sosial sobat. Baca juga Sejarah Singkat Sumpah Pemuda 28 oktober 1928.

Sumber: wiki indo | Sumpah Pemuda | Ilmusiana

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: