Alasan Kenapa Smartphone Android Populer

Masing-masing produsen OS senantiasa mengembangkan teknologinya demi kenyamanan pengguna. Sejauh ini terdapat empat sistem operasi (Operating system/OS) smartphone yang populer digunakan, yaitu Android, IOS, Blackberry, dan windows mobile.

Namun begitu, sekarang ini Android mendominasi sistem operasi smartphone di dunia, alasan atau faktor-faktor apa saja yang mendasari Android sehingga menjadi populer seperti sekarang ini. Ini Alasan Kenapa HP Smartphone Android Populer yang WebKeren temukan di berbagai media di dunia maya.

1. Sistem Operasi Open Source

Ini Alasan Kenapa HP Smartphone Android Populer
Sistem operasi Android open source, maka developer (pembuat) aplikasi bisa dengan mudah membuat aplikasi tanpa melalui banyak prosedur dan biaya (gratis). Selain itu, meski mendaftarkan aplikasi pada google play cukup mudah, namun tanpa terdaftar di google play pun aplikasi bisa disebarkan pembuatnya secara langsung (berupa file .apk).

Kondisi inilah yang membuat produsen smartphone bisa menekan biaya produksi, yang membuat smartphone android murah. Terbukanya sistem operasi inilah yang kemudian membawa lebih banyak keunggulan lainnya.

2. Mudah Digunakan dan Terintegrasi dengan Media Sosial

Dalam waktu yang singkat pengguna bisa mengerti cara mengoperasikan smartphone android (user friendly). Menginstal aplikasi juga sangat mudah, bagi orang yang baru mengenal android sekalipun. Android juga terintegrasi dengan media sosial, yang membuat pengguna mendapatkan kemudahan melakukan aktifitasnya di media sosial seperti mengupdate status dan mengupload foto.

3. Harga Murah dan Beragam

Smartphone android lebih murah ketimbang smartphone OS lainnya. Harga yang murah tentu jika dilihat dengan membandingkan harga dengan spesifikasi handset (kualitas hp smartphone android) yang didapatkan. Selain itu, Smartphone Android juga memiliki pilihan handset (device) yang lebih beragam.

4. Banyak Aplikasi Gratis atau Murah

Pada smartphone Android tersedia banyak aplikasi, mulai dari aplikasi untuk mendukung pekerjaan, jejaring sosial, game, kamera, pengolah foto dan masih banyak lagi. Hebatnya, aplikasi ini gratis dan kalaupun harus membayar dijual dengan murah.

5. Mudah Melakukan Kustomisasi dan Bebas

Pengguna android bebas mengekspresikan keinginannya dengan melakukan apa saja (kustomisasi) terhadap smartphone yang dimilikinya. Mulai dari pemula (sedikit mengerti tentang aplikasi) sampai dengan developer (pengembang/pembuat) aplikasi bebas melakukan apa saja terhadap sistem operasi android.

Pemula/ orang awam bisa melakukan kustomisasi dengan merubah wallpaper, mengganti keyboard, launcher (tampilan awal), aplikasi telepon dan sms, menginstal beragam aplikasi, dan sebagainya.

Bagi pengguna yang sudah mahir, bisa melakukan kustomisasi terhadap aplikasi maupun sistem operasi android. Dengan melakukan rooting, aplikasi bawaan yang dirasa tidak diperlukan bisa dihapus, dan bahkan pengguna bisa melakukan overclocking (meningkatkan kinerja processor), merubah tempat penyimpanan aplikasi dan data, dan hal lainnya.

Sementara bagi developer, selain membangun aplikasi dengan mudah, bahkan juga bisa melakukan perubahan terhadap inti sistem operasi android (custom OS).


Demikianlah tulisan WebKeren mengenai Alasan Kenapa HP Smartphone Android Populer. Kalau sobat punya pendapat lain, silahkan ketik pada kolom komentar dibawah. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sebagai informasi mengenai smartphone android.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: