Optimalisasi Android Tanpa Rooting: Cara Merubah Tampilan, Memperkuat Keamanan, dan Baterai

Android adalah sistem operasi terbuka (open source), Google membebaskan pengguna android untuk melakukan apa saja terhadap smartphone yang dimilikinya. kali ini WebKeren akan berbagi cara Merubah Tampilan, Keamanan, dan Baterai Android Tanpa Rooting

Optimalisasi Android Tanpa Rooting

Tanpa melakukan rooting pun sobat bisa melakukan banyak modifikasi smartphone sobat. Root hanya mendesak untuk dilakukan kalau sobat ingin melakukan modifikasi penuh/ keseluruhan terhadap smartphone sobat.
Optimalisasi Android Tanpa Rooting: Cara Merubah Tampilan, Memperkuat Keamanan, dan Baterai
Kustomisasi Android | Image Credit: wonderhowto.com
Memang banyak aplikasi berguna di Playstore yang hanya bisa diinstal untuk android yang sudah di root, jadi nge-root mungkin worthed bagi sebagian orang. Namun bagaimanapun, root sebenarnya berbahaya dan sebaiknya dihindari kalau sobat tidak mau mengambil resiko kehilangan garansi maupun kerusakan smartphone. Masih banyak modifikasi yang bisa dilakukan tanpa mengambil resiko tersebut.

1. Merubah HomeScreen (menginstal launchers)

Home screen adalah yang paling sering dilihat pada smartphone apapun. Aplikasi yang mengatur tata letak dan menjalankan aplikasi dari homescreen disebut launchers. Maka inilah yang pertama kita rubah: mempercantik tampilan homescreen dengan menginstal launchers baru. Setiap launchers memiliki layout, estetika, dan fungsionalitas yang berbeda. Ada yang dioptimalkan untuk kecepatan, ada yang mengutamakan fitur, dan ada juga penampilan minimal dan simple. Untuk mengetahui pilihan sobat, dicoba saja satu persatu sampai menemukan yang pas. Tapi dalam mencoba sebaiknya penggantian dilakukan seminggu sekali agar sobat punya waktu untuk merasakannya. Atau Sobat juga dapat membaca artikel Launcher Android Keren Terbaik Paling Ringan Gratis dan Hemat Baterai Terbaru 2016 yang telah WebKeren.Net buat. Setelah sobat mengganti launchers, berikut ini bisa menjadi pilihan untuk dilakukan;

Menginstal icon pack

Dengan mengganti icon semua tampilan homescreen bisa terlihat menyatu dan enak dilihat.

Menginstal live wallpaper

live wallpaper membuat smartphone shobat terasa lebih dinamis dan menarik. Sebagian live wallpaper menguras baterai, jika sobat merasa terganggu bisa diuninstall dengan gampang.

Menambahkan Widget

widget adalah elemen interaktif pada homescreen. Misalnya widget “toogle system setting” sobat bisa menghidupkan/mematikan wifi langsung dari homescreen, dan widget lainnya. Sobat bisa mencoba semua widget untuk bisa tahu widget apa yang sobat inginkan.

Mengganti Lockscreen

Lockscreen adalah tampilan awal ketika kita menghidupkan smartphone, dengan asumsi Sobat menggunakan lockscreen (sudah semestinya pakai untuk keamanan). Ada Lockscreen yang berupa widget seperti pada home screen terkecuali letaknya yang berada di lock screen, dan ada juga lock screen yang berdisi sendiri sebagai aplikasi pengganti lockscreen.

2. Optimalisasi Baterai

Baterai adalah hal utama yang diperhatikan mayoritas pengguna smartphone. Dengan baterai yang tahan lama, smartphone bisa digunakan dengan nyaman dan lebih leluasa. Bagi pemilik smartphone Android 4.4 Kitkat dan diatasnya, kebanyakan aplikasi penghemat baterai hanya bisa diterapkan pada smartphone android yang telah di root. Untungnya, tanpa melakukan rooting pun kita bisa melakukan beberapa hal untuk memperpanjang umur baterai.

Matikan Vibrasi (Getaran)

Ketika fitur vibrasi tidak terlalu dibutuhkan, gunakanlah nada dering yang cukup keras. Ini akan sedikit menghemat baterai, tergantung seberapa sering handphone sobat bergetar. Begitu pula dengan getaran haptic feedback (getaran ketika mengetik, menekan tombol back ataupun home), vibrasi notifikasi chat, dan vibrasi lainnya.

Disable semua bloatware (aplikasi bawaan merek)

Aplikasi bloatware mungkin akan berguna jika tidak memerlukan sumberdaya besar, mulai dari RAM, CPU, space data, dll. Kalau Sobat tidak menggunakannya, sebaiknya disable semua bloatware. Karena bloatware, meski tidak diaktifkan, memakan koneksi data, Ram, maupun CPU smartphone sobat.

Gunakan Mode Pesawat

Mode pesawat mendisable semua jaringan, baik telepon dan sms, internet, wifi, bluetooth, dan lainnya, yang otomatis jika dimatikan akan menghemat baterai smartphone sobat. Mode pesawat ini bisa digunakan ketika sobat tidak membutuhkan jaringan sama sekali, misalnya ketika tidak ada sinyal jaringan lebih baik diaktifkan mode pesawat sekalian, agar baterai awet.

3. Perkuat Sistem Keamanan

Keamanan smartphone harus diperhatikan, terutama jika Anda memenyimpan data sensitif (data yang tidak ingin dilihat orang lain). Baca juga : Menjaga Keamanan Android

Gunakan lock screen

Passwords merupakan garda terdepan keamanan smartphone anda, anda bisa menggunakan password ataupun pin, dan sebaiknya hindari keamanan dengan pola (pattern) dan slide.

Install aplikasi antivirus

Meskipun banyak pendapat bahwa keamanan android sudah baik, tidak ada salahnya untuk menginstall antivirus untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan.Malware dan virus merupakan masalah besar untuk semua perangkat, baik komputer, laptop, tablet maupun smartphone. Namun begitu, tidak semua aplikasi antivirus sama, jadi pastikan Sobat menginstal yang bagus. Untuk melihat pilihan aplikasi antivirus android terbaik, lihat juga Aplikasi Antivirus Android Terbaik.

Install aplikasi anti-pencurian

Aplikasi ini akan berguna ketika kita kehilangan smartphone. Aplikasi ini membantu anda menemukan kembali smartphone anda dengan melacak posisi GPS maupun alarm. Selain itu aplikasi ini juga mereset ulang smartphone anda, agar pencuri tidak mendapatkan data-data pribadi anda.

4. Optimalisasi Aplikasi Komunikasi

Langkah terakhir adalah mengoptimalisasikan aplikasi android dalam berkomunikasi. Aplikasi-aplikasi ini akan membantu sobat mengurangi rasa jengkel saat mengunakan smartphone untuk browsing, chatting, sms, dll.

Install aplikasi SMS

Aplikasi SMS bawaan hanya menyediakan fitur yang standar. Untuk mendapatkan lebih banyak fitur, sobat bisa mencoba beberapa aplikasi SMS yang mempunyai kelebihan fitur. Untuk melihat pilihan aplikasi sms android terbaik, lihat juga Aplikasi SMS Android Terbaik.

Install aplikasi chat

Jika sobat merasa aplikasi SMS belum cukup, cobalah untuk menginstall aplikasi chat yang sekarang ini sangat banyak pilihannya, mulai dari whatsapp, BBM, line, Wechat, dll. Installah sesuai dengan kebutuhan sobat. Untuk melihat pilihan aplikasi chat android terbaik, lihat juga Aplikasi Chat Android Terbaik.

Install keyboard yang lebih baik

Kalau sobat menghabiskan banyak waktu untuk mengetik, baik untuk sms, chatting ataupun menulis email dan artikel, sangat berguna jika sobat menginstall aplikasi keyboard yang bisa membantu sobat untuk mengetik lebih cepat dan lebih nyaman. Untuk melihat pilihan keyboard yang terbaik buat sobat, baca juga alternatif aplikasi keyboard android terbaik.


Demikianlah tulisan WebKeren tentang Merubah Tampilan, Keamanan, dan Baterai Android Tanpa Rooting. Kalau sobat punya pendapat lain, silahkan ketik pada kolom komentar dibawah. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian.

Referensi : http://www.makeuseof.com/tag/best-tweaks-android-without-rooting/

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: