Cara Termudah Install APK di Android

Application PacKage (APK) adalah file installer program di android dengan ekstensi .apk, yang serupa dengan .exe pada komputer pc / laptop windows. Sebenarnya para developer aplikasi android membuat program berekstensi apk. Ekstensi file aplikasi android jarang digunakan oleh masyarakat umum karena memang aplikasi android biasannya didapatkan dengan mendownload secara langsung dari Playstore dan proses instalasi berjalan secara otomatis.

Cara termudah install file Android Application PacKage (APK) di smartphone Android

Dengan begitu, sebenarnya cara untuk instalasi file .apk sangatlah gampang. Hanya saja beberapa pengaturan default android harus dirubah untuk memperbolehkan menginstal aplikasi diluar/selain berasal dari playstore.

Cara Setting Android agar Mengijinkan Intalasi File APK

  1. Buka Setting, masuk ke menu Security
  2. Cari menu Device Administration
  3. Ubah setelan Device Administration, yaitu dengan mencentang tick box "Allow installation of apps from unknown sources". Dengan melakukan ini sobat akan mendapatkan peringatan bahwa sobat harus menanggung sendiri resiko install aplikasi. Klik ok saja, karena memang sebenarnya hal ini tidak berbahaya, asalkan file tersebut didapat dari sumber yang dapat dipercaya.
  4. Selesai. Android sobat sudah bisa diinstal file .apk.
cara instal file apk ke android cara instal game apk ke android
Cara Setting untuk install APK pada Android

Cara Install APK

Masukkan file .apk yang ingin diinstall ke dalam memory android. Kalau sobat belum memiliki file APK-nya, bisa download di banyak situs yang menyediakannya. Googling saja dengan kata kunci "APK + nama aplikasi", jangankan yang gratis, yang berbayar pun banyak teredia di berbagai situs.


Membuka file Instaler APK android
Setelah file APK tersebut berada dalam penyimpanan android, sobat perlu menginstall aplikasi file eksplorer, seperti misalnya astro file manager, ES file explorer, root explorer, dan lainnya.

Aplikasi ini serupa dengan windows explorer di pc, yang berguna untuk membuka file APK yang sudah dimasukkan ke android tersebut.
Kemudian untuk menginstal file APK, sobat hanya perlu membuka tempat dimana file tersebut disimpan dan kemudian membukanya. Nantinya akan ada peringatan bahwa file tersebut adalah file installer. Pilih install untuk menginstall dan tunggu proses penginstalan sampai selesai. Selesai sudah, sobat telah berhasil menginstal aplikasi android yang berasal dari file APK.

instal apk android Cara Termudah Install APK di Android Cara Gampang instal apk android Cara terbaru instal apk android
Proses install APK di Android


Demikian artikel WebKeren tentang Cara Termudah Install APK di Android. Ketik di kolom komentar kalau sobat sudah berhasil menerapkannya, menemui kesulitan, ataupun hal lainnya. Semoga bemanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: