Dilema Larangan/Pembatasan Import Smartphone 4G di Indonesia

Kecepatan akses internet selain ditunjang oleh provider (kualitas jaringan internet), tentu terutama ditunjang oleh kemampuan device (smartphone) yang dimiliki masyarakat. Maka rasanya penting juga untuk mengetahui tentang Dilema Larangan/Pembatasan Import Smartphone 4G di Indonesia.

Dilema Larangan Pembatasan Smartphone 4G di Indonesia
Image Credit: Onbile.com
Sebagaimana kita ketahui, Indonesia merupakan pasar potensial untuk penjualan produk apapun. Karena selain jumlah penduduk yang besar, masyarakat Indonesia juga terkenal konsumtif, khususnya pada barang-barang elektronik seperti halnya smartphone. Selain itu, Indonesia sampai saat ini juga belum dapat memproduksi smartphone yang berkualitas di dalam negeri sebagai filter dari arus masuk smartphone import.

Smartphone 4G merupakan salah satu dilema besar bagi masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang perduli terhadap bagaimana/dimana smartphone tersebut diproduksi. Di satu sisi masyarakat membutuhkan perangkat yang mendukung internet yang cepat (jaringan 4G), namun di sisi lain, smartphone tersebut tidaklah dibuat di Indonesia, yang berdampak negatif terhadap produktifitas kita.
Kegelisahan ini bisa kita lihat pada rencana Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) untuk membuat aturan baru mengenai penjualan gadget 4G. Rencananya, mulai 1 Januari 2017 Indonesia akan memberlakukan aturan bahwa martphone dan tablet berteknologi 4G yang dipasarkan di Indonesia memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang harus mencapai 40%.

Untuk diketahui, sekarang ini aturan yang berlaku adalah TKDN 30% saja, dan penerapannya masih cukup longgar. Aturan ini jelas nantinya akan berpengaruh terhadap variasi smatphone-smartphone 4G yang nantinya akan beredar di Indonesia.

Akankan peraturan ini ditetapkan, ketatkah pengawasannya, bagaimana kesiapan industri dalam negeri, dan sejauh mana aturan ini akan membatasi variasi smartphone 4G? Atau malah di 2017 nanti sudah keluar 5G dan aturan ini malah terlihat usang dan terlambat? Kita tunggu dan lihat saja :D.

Demikianlah tulisan WebKeren mengenai Dilema Smartphone 4G di Indonesia. Bagaimana pendapat sobat? Silakan ketik di kolom komentar untuk berbagi dengan WebKeren dan sobat lainnya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Reverensi:
www.duniaberbicara.com/gadget/wow-gadget-4g-dilarang-di-indonesia.html
http://www.webkeren.net/2015/01/dilema-larangan-pembatasan-import-smartphone-4g-di-indonesia.html

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: