Kenapa Smartphone Android 64 Bit Lebih Baik?

Apakah 64-bit dua kali lebih baik dari teknologi 32-bit yang telah digunakan selama bertahun-tahun? 


Jawaban singkatnya adalah tidak. Jawaban lagi adalah bahwa 64-bit tidak dengan sendirinya merupakan hal baik, namun juga arsitektur ARM baru merupakan hal penting yang membuat 64 bit merupakan pilihan terbaik. Maka kali ini WebKeren akan membahas mengenai Kenapa Smartphone Android 64 Bit Lebih Baik?

Kenapa Smartphone Android 64 Bit Lebih Baik?

Perpindahan dari arsitektur ARMv7 ke ARMv8 sangat penting pada kemajuan teknologi smartphone. Beberapa tahun sebelum sekarang ini, semua chip smartphone didasarkan pada satu set prinsip instruksi dengan dukunngan dan fitur-ARMv7. Semua smartphone, bahkan juga iPhone 5 dan Galaxy S5, telah dibangun dengan prosesor yang mematuhi spesifikasi ARMv7.

ARMv7 telah mengalami perbaikan dan ekstensi selama bertahun-tahun, namun pada intinya, itu masih arsitektur dasar. Sekitar tiga tahun yang lalu, ARM memperkenalkan standar baru semua pembuat chip dapat membangun prosesor ARMv8.

ARMv8 mencakup seluruh perbaikan mendasar. Seluruh instruksi ARMv7 yang digunakan oleh hampir semua prosesor saat ini dirubah. Instruksi baru untuk aplikasi modern telah ditambahkan, dan instruksi yang sudah usang dibuang. Instruksi khusus diberlakukan, juga untuk enkripsi. Terlebih lagi, ruang di dalam prosesor dimana instruksi yang umum digunakan dan data disimpan (yang disebut register) telah sekitar dua kali lipat jumlahnya di ARMv8. Itu masalah besar, karena itu berarti prosesor ARMv8 akan menghabiskan lebih sedikit waktu menarik data dari memori. Kemudian yang membuat ARMv8 penting saat ini adalah bahwa ARMv8 mendukung penuh 64-bit tetap menjaga kompatibilitas dengan aplikasi 32-bit.
Singkatnya, arsitektur ARMv8 baru inilah yang membuat 64-bit chip lebih cepat dan lebih efisien. Prosesor 64 bit tidak berbeda dengan 32 bit jika masih menggunakan ARMv7.

Apakah Smartphone Android 64 Bit Membawa Perubahan Besar?

Jawabannya, bisa iya dan tidak. Misalnya pada HTC Desire 510, yang merupakan smartphone low-end yang didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 410. Desire 510 didasarkan pada arsitektur ARMv8 dan 64-bit, tapi masih handset low-end yang lebih lambat dari kebanyakan ponsel kinerja tinggi sudah ada di pasar.

Chip Qualcomm 64-bit berikutnya di pasar mid-range adalah Snapdragon 610 dan 615, namun masih serupa dengan Snapdragon 410. Harapan kita adalah pada kemunculan Chip Snapdragon 810 di pasar high end.
Sebagai gambaran yang lebih kontras, Apple iPhone 5S memiliki chip ponsel 64-bit, dan telah beredar selama sekitar satu tahun ini. Ini sangat cepat, tapi itu tidak menghentikan ponsel Android dari penggunaan dengan prosesor 32-bit yang kinerjanya rendah.
Dengan kata lain, “prosesor yang lebih cepat selalu lebih baik, 64-bit atau tidak.”
Jadi, jangan ditipu oleh kotak centang "64-bit" pada lembar spesifikasi. Prosesor mobile 64-bit yang sudah mengusung ARMv8, adalah hal yang sangat baik, tapi tidak semua prosesor 64-bit lebih cepat dari prosesor 32-bit.

Baca juga
1. Masa Depan Prosesor dan Aplikasi Smartphone Android: 64 Bit
2. Android Lollipop Untuk Kinerja Smartphone Android 64 Bit Maksimal

Demikian tulisan WebKeren tentang Kenapa Smartphone Android 64 Bit Lebih Baik?. Kalau sobat punya pendapat lain, silahkan ketik pada kolom komentar dibawah. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian.

Referensi :
http://www.greenbot.com/article/2686007/why-you-will-and-won-t-want-a-64-bit-android-phone.html

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: