Kinerja Maksimal Smartphone Android 64 Bit dengan Android Lollipop

Sobat pasti pernah mendengar soal aplikasi, processor, ataupun sistem operasi (OS) 64 bit dan 32 bit pada komputer. Begitupun pada smartphone, arsitektur 64 Bit telah ramai dibicarakan setidaknya setahun terakhir, atau setidaknya sejak Google merilis Android 5.0 Lollipop yang berjalan pada arsitektur 64 Bit.

Oleh karena itu kali ini WebKeren.Net akan membahas tentang Kinerja Maksimal Smartphone Android 64 Bit dengan Android Lollipop.

Baca juga Masa Depan Prosesor dan Aplikasi Smartphone Android: 64 Bit


Kinerja Maksimal Android Lollipop 64 Bit
Jika sobat mencari tahu baik dengan bertanya pada seseorang ataupun mencari di google, akan banyak definisi dari istilah " prosesor 64-bit." Paling sering akan ditemukan jawaban bahwa smartphone bisa menggunakan lebih dari 4GB RAM. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena prosesor tidak berhubungan secara langsung dengan berapa banyak memori yang dapat digunakan.
Penjelasan singkatnya adalah, prosesor menggunakan dua jenis numerasi untuk melakukan operasi seperti penambahan, perkalian, dan memindahkan atau menyalin data dalam memori. Pada prosesor 32-bit, satu program hanya dapat menggunakan maksimal 4GB memory, bahkan jika prosesor itu sebenarnya memiliki kemampuan yang lebih. Sementara prosesor 64-bit menggunakan memori 64 bit, yang memungkinkan satu program menggunakan 16 exabyte (bisa dibilang memori yang tidak terbatas).
Untuk kebanyakan aplikasi, prosesor 64-bit tidak menawarkan banyak manfaat. Sebagian besar aplikasi yang kita gunakan pada ponsel dan tablet tidak benar-benar memiliki banyak kebutuhan untuk operasi 64-bit, atau lebih dari 4GB memori per program. Bahkan, aplikasi 64-bit kadang-kadang dapat berjalan lebih lambat dari aplikasi 32-bit, karena menggunakan semua pointer memori 64-bit dapat membuat aplikasi yang lebih besar, menyedot lebih banyak cache dan RAM.

Prosesor 64 bit hanya optimal dengan Android 5.0 Lollipop

Sistem operasi Android 5.0 Lollipop merupakan salah satu syarat bagi processor 64 bit untuk bekerja secara maksimal. Dengan kata lain, Smartphone 64-bit dengan OS Android 4.4 KitKat dan OS Android lainnya yang lebih dulu ada tidak akan bekerja dengan maksimal.
Untuk benar-benar memanfaatkan arsitektur baru ARM 64-bit, harus didukung oleh sistem operasi dan dukungan aplikasi. Android 5.0 Lollipop telah dirancang untuk sepenuhnya mendukung ARMv8 dan platform 64-bit, sementara KitKat belum. Kemudian bagaimana dengan aplikasi? Apakah kita harus menunggu untuk pengembang aplikasi untuk membuat versi khusus yang dioptimalkan untuk 64-bit?

Memang aplikasi akan bisa lebih cepat dan lebih efisien ketika pengembang mengoptimalkan chip baru ini, tetapi tidak harus menunggu untuk melihat manfaatnya. Kebanyakan aplikasi Android berbasis Java, dimana ketika men-download aplikasi, didapatkan paket kode dan library zip-up yang oleh OS Android dirubah menjadi sebuah program fungsional yang dapat dipahami oleh prosesor. Ini disebut "kompilasi."

Compiler di Android 5.0 Lollipop (dikenal dengan ART), dibuat untuk menghasilkan kode yang dioptimalkan untuk arsitektur ARM baru. Jadi, dengan Android 5.0 Lollipop dan prosesor 64-bit di smartphone atau tablet, aplikasi Anda bisa berjalan lebih cepat tanpa optimasi khusus oleh developernya. Namun begitu, jika mereka membuat mereka optimasi, aplikasi akan bisa berjalan lebih baik.

Baca juga: Kenapa Smartphone Android 64 Bit Lebih Baik?

Demikian tulisan WebKeren tentang Kinerja Maksimal Smartphone Android 64 Bit dengan Android Lollipop. Kalau sobat punya pendapat lain, silahkan ketik pada kolom komentar dibawah. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian.

Referensi :
www.greenbot.com/article/2686007/why-you-will-and-won-t-want-a-64-bit-android-phone.html

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: