Masa Depan Prosesor dan Aplikasi Smartphone Android: 64 Bit

Memiliki smartphone dengan processor 64 Bit merupakan keharusan yang tidak perlu dipertanyakan lagi di masa mendatang. Perdebatan apakah komputasi 64 bit lebih baik dari 32 bit akan menghilang ditelan oleh perkembangan teknologi komputasi 64 bit.
Masa Depan Prosesor dan Aplikasi Smartphone Android: 64 Bit

Arsitektur 64 bit pada android sedang ramai dibicarakan, dan diperkirakan kedepannya akan banyak smartphone ataupun tablet baru dengan prosesor 64-bit. Sebelum sobat membelinya, ada baiknya sobat membaca berikut ini sampai habis untuk mengetahui lebih jauh.


Apakah 64-bit dua kali lebih baik dari teknologi 32-bit yang telah digunakan selama bertahun-tahun?

Smartphone Android dengan prosesor 64-bit tidak dengan sendirinya merupakan hal baik, namun juga arsitektur ARM baru (ARMv8) dan sistem operasi android terbaru (Android 5.0 Lollipop) lah yang membuat Smartphone Android 64 bit merupakan pilihan terbaik.

Untuk penjelasan lebih lengkap baca
1. Kenapa Prosesor 64-Bit Lebih Baik?
2. Android Lollipop Untuk Kinerja Smartphone Android 64 Bit Maksimal

Dengan kata lain, prosesor 64 bit pada smartphone Android tidaklah cukup. Ia mesti didukung dengan arsitektur ARMv8 dan juga sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Kedua hal inilah yang sebenarnya merupakan perkembangan yang terbesar pada smartphone android.
Jika ditarik kesimpulan, bisa dikatakan bahwa:
  1. Smartphone dengan prosesor 64 bit tidak serta merta lebih baik dari 32 bit, sobat harus juga melihat kecepatan prosesornya. Jika kecepatannya sama, tentu lebih baik sobat memililih yang 64 bit.
  2. Sistem operasi Android 5.0 Lollipop lah yang membuat processor 64 bit bernilai. Jika OS android sobat masih Kitkat dan bahkan versi sebelumnya, processor 64 bit tidak beda dengan 32 bit.
Maka kalau sobat akan membeli smartphone ataupun tablet android baru, pilihlah yang prosesornya 64 bit dan sudah mengusung Android 5.0 Lollipop. Karena diperkirakan kedepannya aplikasi android akan beralih ke arsitektur 64 bit. Jika sobat masih menggunakan prosesor 32 bit, maka sobat tidak bisa merasakan keunggulan-keunggulan baru yang dibawa aplikasi tersebut (karena diperkirakan, seperti halnya pada komputer dan notebook, aplikasi 32 bit akan tetap tersedia).

Demikian tulisan WebKeren tentang Masa Depan Prosesor dan Aplikasi Smartphone Android: 64 Bit. Bagaimana Pendapat Sobat? silahkan ketik pada kolom komentar dibawah. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian.

Referensi :
http://www.greenbot.com/article/2686007/why-you-will-and-won-t-want-a-64-bit-android-phone.html

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: