Perlukah Menginstal Cutom ROM untuk Mengoptimalkan Smartphone Android?

Sistem Open Source Android memungkinkan para Developer Android untuk menyempurnakan ROM Android dengan keinginan mereka. Beruntungnya, kita sebagai pengguna yang nggak tau sama sekali tentang cara memodifikasi ROM android bisa ikut merasakan, karena Custom ROM ini dibagikan secara gratis.
Perlukah Menginstal Cutom ROM untuk Mengoptimalkan Smartphone Android?
Ilustrasi Best Custom ROM | Credit gogadgetx.com

Perlu diperhatikan bahwa Rooting ataupun menginstal Custom ROM tidak wajib dilakukan, bahkan merupakan suatu hal yang ilegal dan dilarang. Rooting ataupun menginstal Custom ROM bisa menyebabkan kerusakan pada smartphone, dan juga menghilangkan garansi.

Kemudian untuk menjawab pertanyaan Perlukah Menginstal Cutom ROM untuk Mengoptimalkan Smartphone Android? Sobat sendirilah yang tau jawabannya. Apakah Sobat merasa tidak puas dengan ROM bawaan, atau juga sobat kecewa dengan tidak tersedianya upgrade OS terbaru? Kalau jawabannya iya, bisa jadi sobat membutuhkannya.

Sebagai gambaran, misalnya smartphone sobat nggak bisa diupgrade ke Android 5.0 Lollipop atau Android 4.4 Kitkat, dengan menginstal Custom ROM ini sobat bisa merasakan OS terbaru itu tanpa harus membeli smartphone baru. Smartphone JADUL sobat bisa seperti smartphone BARU! :D.

Sebagai pertimbangan yang perlu diperhatikan, untuk menginstal Custom ROM sobat perlu belajar dan perlu usaha (kecuali menggunakan jasa orang lain, kalau yang ini perlu biaya :D). Karena Custom ROM bisa saja membuat hang, gagal boot, dan lainnya yang merusak smartphone sobat. Pada semua website Custom ROM disebutkan “Do With Your Own Risk” (DWYOR), yang berarti mereka tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada smartphone sobat.
Bagi pemula yang belum mengetahui seluk beluk sistem operasi android, ada baiknya untuk mencoba dulu untuk melakukan rooting. Dengan melakukan rooting, sobat mendapatkan akses penuh terhadap smartphone. Beragam aplikasi dan pengaturan baik untuk merubah tampilan maupun meningkatkan performa smartphone yang membutuhkan akses root bisa dicoba. Lagipula sebelum menginstal Custom ROM sobat juga harus melakukan rooting terlebih dahulu.

Baca juga Perlukah Rooting Android?

Jika sobat tidak ingin melakukan rooting, sobat juga masih bisa melakukan banyak kustomisasi terhadap smartphone sobat, baca juga Merubah Tampilan, Memperkuat Keamanan, dan Baterai Android Tanpa Rooting.

Atau sobat sudah mantap memutuskan untuk menginstal Custom ROM?, baca Custom ROM Terbaik Android 2015 sebagai informasi untuk memutuskan Custom ROM mana yang akan sobat pilih.

Demikian tulisan WebKeren tentang Perlukah Menginstal Cutom ROM untuk Mengoptimalkan Smartphone Android?. Kalau sobat punya pendapat lain, silahkan ketik pada kolom komentar dibawah. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian.

sumber:  http://www.webkeren.net/2015/01/perlukah-menginstal-cutom-rom-untuk-Mengoptimalkan-Smartphone-Android.html

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: