Perlukah Rooting Android untuk Memaksimalkan Kinerja Smartphone Android?

Rooting android membuat kita memiliki akses penuh terhadap smartphone, bukan untuk bisa mendownload aplikasi berbayar seperti halnya Jailbreak pada IOS. Rooting pada android membuat modifikasi apapun terhadap android bisa dilakukan.
Perlukah Rooting Android untuk Memaksimalkan Kinerja Smartphone Android
Root Android | Image Credit oneclickroot.com

Oleh karena itu WebKeren kali ini akan membahas tentang Perlukah Rooting Android untuk Memaksimalkan Kinerja Smartphone Android?.
Perlu diperhatikan bahwa Rooting tidak wajib dilakukan, bahkan merupakan suatu hal yang ilegal dan dilarang. Rooting bisa menyebabkan kerusakan pada smartphone, dan juga menghilangkan garansi.

Kilas Balik Rooting

Dulu rooting bisa dibilang wajib diakukan untuk memaksimalkan penggunaan smartphone android. Karena kapasitas penyimpanan dan memori yang masih terbatas. Rooting kebanyakan dilakukan untuk memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal (Micro SD Card). Selain itu, rooting kebanyakan juga dilakukan untuk bisa menginstal custom ROM.

Kemudian pada perkembangannya, Android 4.1 Jelly Bean memungkinkan pengguna melakukan pemindahan aplikasi ke Micro SD Card tanpa harus melakukan rooting. Namun demikian, rooting tetap digemari, yatu untuk menghapus aplikasi bawaan, menginstall aplikasi yang membutuhkan akses terhdap sistem, dan juga menginstal custom ROM.
Sekarang ini smartphone android sudah memiliki kapasitas penyimpanan internal yang besar, yang WebKeren lihat kapasitas penyimpanan smartphone baru yang ditawarkan paling kecil 4 GB yang cukup untuk menginstal ratusan aplikasi kecil. Namun demikian, seperti halnya era Android 4.1 Jelly Bean, rooting tetap digemari, yatu untuk menghapus aplikasi bawaan, menginstall aplikasi yang membutuhkan akses terhdap sistem, dan juga menginstal custom ROM.
Singkatnya, dengan melakukan rooting sobat bisa menginstal Custom ROM (upgrade OS terbaru, namun bukan keluaran resmi). Ataupun menginstal aplikasi yang membutuhkan akses rooting, yang berguna untuk:
  • memblokir iklan, baik pada aplikasi maupun pada browser
  • optimalisasi hardware (overclock procesor, swap memory, dll)
  • melegakan penyimpanan internal dengan backup-restore,freeze (disable), menghapus aplikasi bawaan, menginstal aplikasi di penyimpanan eksternal, dan lainnya.
  • mempunyai banyak akun BBM, Line, Whatsapp, dan lainnya dalam satu smartphone android.
  • dan lainnya (sobat bisa menambahkan dengan mengetik di kolom komentar).
Itulah yang menjadi kelebihan rooting Android. Kemudian untuk menjawab pertanyaan Apakah Sobat Perlu Rooting Android? Sobat sendirilah yang tau jawabannya. Apakah sobat menginginkan keuntungan melakukan rooting seperti yang disebutkan di atas? Kalau jawabannya iya, bisa jadi sobat membutuhkannya.

Baca juga Merubah Tampilan, Memperkuat Keamanan, dan Baterai Android Tanpa Rooting.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: