Cara Mematikan / Menonaktifkan Centang Biru Pesan Terbaca Whatsapp

Pada whatsapp terbaru kita bisa mengetahui status pesan sudah dibaca atau belum oleh penerima dengan tanda centang biru (Cara Menonaktifkan Centang Biru Tanda Pesan Terbaca Whatsapp) (meski pada BBM sudah sejak dulu dengan tanda 2 centang). Fitur ini bagi sebagian orang merupakan kelebihan, karena pengirim bisa tahu apakah pesannya dibaca atau tidak. Namun ternyata bagi sebagian orang fitur notifikasi pesan telah dibaca justru membuat repot. Karena dengan diketahui sudah membaca pesan, ada "rasa tidak enak" kalau tidak membalasnya.

Memang Sobat bisa mematikan/menonaktifkan notifikasi ini dengan mudah sebagaimana anjuran/cara yang tercantum pada Q&A di situs resmi WhatsApp. Yaitu dengan tekan menu (tiga titik di pojok atas sebelah kanan) >> masuk ke setting (pengaturan) >> pilih akun (Accounts) >> pilih privasi (privacy) >> hilangkan centang pada pilihan 'Read receipts'. Namun begitu, jika sobat melakukan dengan cara tersebut, sobat juga tidak akan menerima notifikasi pesan terkirim (yang ditandai dengan dua centang biru tersebut). Sehingga mungkin justru akan membuat sobat bingung, apakah pesan WhatsApp sudah terkirim dan dibaca, ataukan belum?

Untuk itu, supaya tidak muncul "rasa nggak enak" itu, dan tetap menerima notifikasi pesan terbaca, WebKeren akan membeberkan beberapa trik cara mematikan / menonaktifkan centang biru Whatsapp / tanda pesan terbaca whatsapp.

Menonaktifkan Centang Biru Pesan Terbaca WhatsApp
Tanda Pesan Whatsapp telah dibaca
baca juga: Hal Penting Yang Perlu Diketahui Tentang Tanda Centang Whatsapp

1. Instal aplikasi Snowball Beta


Snowball Beta adalah aplikasi android yang bisa digunakan untuk beberapa aplikasi chatting, termasuk whatsapp. Dengan menggunakan aplikasi ini maka fitur centang biru (notifikasi pesan terbaca kepada pengirim) tidak akan muncul, karena memang tidak tersedia :p. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan kita untuk chat karena bisa untuk beberapa aplikasi chat.

2. Menggunakan Notifikasi Pop-up


Pada trik kedua ini sobat tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi. Sobat hanya perlu melakukan pengaturan agar muncul notifikasi pop up ketika mendapatkan pesan di whatsapp. Caranya, masuk ke pengaturan whatsapp --> Pemberitahuan --> Pop-Up Notifikasi --> Hanya ketika layar off.

Ketika muncul notifikasi pesan baru, sobat jangan menekan “lihat” atau “tutup”, tapi tekan home. Dengan begitu sobat bisa baca pesan whatsapp tanpa tanpa diketahui pengirim.
Tapi trik ini cuma berlaku kalau layar smartphone sobat dalam keadaan mati. Nah, untuk dalam keadaan menyala, sobat harus melakukan trik berikut.

3. Memasang Widget WhatsApp


Dengan menambahkan widget whatsapp pada home screen, sobat bisa membaca pesan dari whatsapp tanpa harus membukanya. Dengan catatan bahwa sobat tidak membuka pesan tersebut, pengirim tidak akan mengetahui bahwa pesan sudah dibaca.


4. Instal Notifikasi Lock Screen (layar kunci)

Pada smartphone terbaru (versi android 4.4 Kitkat dan setelahnya), sobat bisa mengaktifkan notifikasi lockscreen (layar kunci) untuk membaca semua semua pesan yang masuk tanpa harus membukanya. Namun pada android sebelum kitkat, sobat harus menginstal lockscreen dari playstore yang menyediakan fitur notifikasi lockscreen.

5. Menggunakan Airplane Mode (Mode Pesawat Terbang)


Dengan mengaktifkan mode pesawat terbang, tentu pesan yang dibaca tidak akan membuat penerima mendapat notifikasi karena memang tidak ada koneksi internetnya. Tapi setelah sobat menonaktifkannya, akan terkirim notifikasi ke pengirim. Jadi sebenarnya langkah ini cuma "menunda" saja tanda centang biru sampai ke pengirim pesan,

6. Menggunakan Titanium Backup (Pada android rooted)


Seperti pada trik membaca BBM tanpa muncul tanda R(Read), centang biru pada whatsapp juga bisa dihindari dengan menggunakan Titanium Backup.

Caranya adalah, sebelum membuka pesan, backup dulu whatsapp dengan titanium backup (jangan lupa aktifkan backup data+aplikasi pada Titanium Backup). Setelah itu sobat aktifkan mode pesawat terbang, dan sobat baca pesan itu. Setelah dibaca, sobat restore via Titanium Backup, baru setelah selesai prosesnya sobat matikan mode pesawat terbang. Dengan begitu pengirim tidak pernah tahu pesannya sebenarnya sudah dibaca.

baca juga : 
Membuka Whatsapp Lewat Komputer
WhatsApp Android Bisa Telepon Gratis


Demikian tulisan WebKeren tentang Menghilangkan / Mematikan / Menonaktifkan Tanda Centang Biru Whatsapp. Kalau sobat punya pendapat atau masukan, silahkan ketik pada kolom komentar dibawah. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: