Cara Mudah dan Gampang Merekam Layar Tanpa Rooting Pada Android Lollipop

Mengambil gambar dengan Screenshot layar statis android sudah biasa dilakukan. Dengan Android 5.0 Lollipop pengguna bukan hanya bisa merekam layar statis (gambar), tapi juga dinamis (video).
Sobat tentu sering melakukan aktifitas merekam layar statis (screenshoot yang berupa gambar), dan mungkin penasaran serta tertarik untuk bisa juga merekam aktivitas layar android berupa gambar bergerak (video) seperti yang banyak dijumpai di Youtube.

Cara Mudah dan Gampang Merekam Layar Tanpa Rooting Pada Android Lollipop

Oleh karena itu kali ini WebKeren akan membahas mengenai Cara Merekam Layar Tanpa Rooting Pada Android Lollipop.

Pada Android 4.4 Kitkat dan versi sebelumnya memang hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi khusus, namun sayangnya memerlukan akses root ataupun dengan menggunakan perintah ADB yang rumit bagi kebanyakan pengguna. Selain itu, terkadang tidak selalu berjalan dengan lancar pada semua tipe smartphone android dan aplikasi ini pada umumnya juga berbayar (tidak gratis).
Pada Android 5.0 Lollipop aktifitas merekam layar berupa video ini tidak lagi memerlukan akses root. Untuk merekam aktifitas layar android berupa video sangat mudah, Sobat hanya perlu menginstal aplikasi perekam layar yang tersedia di playstore secara gratis.
Pada Android 5.0 sudah terdapat android.media.projection, API baru yang memungkinkan aplikasi menangkap segala sesuatu di layar. Tapi sayangnya tidak bisa merekam audio internal, dan sebagai solusi aplikasi akan memadukan video dengan suara yang berasal dari mic smartphone.

Soal keamanan, sobat jangan khawatir aplikasi secara acak merekam layar, karena setiap aplikasi yang menggunakan API ini harus mendapatkan persetujuan pengguna melalui kotak dialog popup.

Sejauh ini terdapat 2 aplikasi di Play Store yang menggunakan layar perekaman asli pada Lollipop, yaitu Lollipop Screen Recorder dan ilos screen recorder–Lollipop (untuk aplikasi lainnya bisa sobat search di playstore).

1. Lollipop Screen Recorder


Aplikasi Lollipop Screen Recorder ini sederhana dan mudah digunakan. Lollipop Screen Recorder adalah perekam layar untuk device Android 5.0+ Lollipop dan menggunakan API resmi Android Lollipop sehingga tidak memerlukan rooting.

Aplikasi ini memang tidak bisa merekam audio internal android, namun diatasi dengan merekam audio via mic yang kualitasnya hampir setara. Download Lollipop Screen Recorder di Google Play.

2. Ilos Screen Recorder–Lollipop

Aplikasi Ilos Screen Recorder ini terbagi menjadi dua:
Versi gratis bisa merekam video, berbagi di Youtube, Drive, Dropbox, atau Facebook dll. Atau hanya menyimpannya langsung ke perangkat mobile Anda. Tidak ada iklan. Tidak ada watermark. Tidak ada batas waktu.

Sementara pada versi berbayar, pengguna memiliki akses seluruh ekosistem ILOs termasuk perekam layar desktop untuk Windows, Mac, dan Linux. Cepat berbagi video pada platform ILOs, mengatur mereka ke dalam playlist, atau mengatur hak akses video, menambahkan pengguna dan kelompok pengguna, dan upload video dari komputer. Sobat bisa download Ilos Screen Recorder- Lollipop di Google Play secara gratis.

Sayangnya device Webkeren sekarang ini belum mendapatkan upgrade ke Android 5.0 Lollipop, jadi WebKeren nggak bisa kasih pendapat tentang aplikasi tersebut. Sobat bisa mencoba sendiri aplikasi tersebut dan berikan reviewnya melalui kolom komentar dibawah agar sobat yang lain bisa tahu lebih jauh. Demikianlah tulisan mengenai Cara Merekam Layar Tanpa Rooting Pada Android Lollipop. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: