Tips Lengkap Hemat Kuota Internet Paket Data Android (Bagian I)

Kuota internet adalah paket data android yang membuat internet di android bisa berjalan. Smartphone android dan hemat paket internet android adalah dua bagian yang tak terpisahkan. Mengenai cara hemat internet android, trik hemat internet android, aplikasi hemat internet android, dan hemat internet di android selalu menjadi pertayaan. Karena hampir semua aplikasi android hanya bisa kita jalankan dengan koneksi internet, muai dari BBM for Android, YM, Line, Whatsapp, Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, sampai dengan Browsing, dan lainnya. Terlebih sekarang ini telah hadir teknologi 4G yang super cepat, termasuk dalam menghabiskan kuota internet.
Baca Juga : Hemat Kuota Internet Paket Data Android - 2


Tips Lengkap Hemat Kuota Internet Paket Data Android


Hemat Kuota Internet
Bagi sobat yang berlangganan paket internet unlimited ataupun menggunakan koneksi Wifi mungkin tidak begitu memperdulikan paket data android. Namun bagi sobat yang kuotanya terbatas, hemat internet android perlu dilakukan dengan cara dikontrol atau dibatasi penggunaannya.

Sekarang ini sudah banyak cara menghemat kuota internet paket data android tanpa menggunakan aplikasi. WebKeren kali ini akan membeberkan Tips Lengkap Hemat Kuota Internet Paket Data Android (Bagian I).

1. Hemat Kuota Internet: Matikan Koneksi Internet Jika Tidak Digunakan

Ini adalah cara paling jitu meghemat data internet. Meski kita tidak menggunakannya, koneksi internet terus menerus akan memakan kuota data. Jadi baiknya ketika sedang tidak digunakan, matikan saja koneksi internet sobat. Ini bisa dilakukan terutama saat sobat tidur di malam hari.

2. Aktifkan Wifi Jika Terdapat Jaringan

Coba cek disekitar Sobat, sekarang sudah banyak hotspot gratis di mall, cafe, restoran, kantor, dll. Selain menghemat paket data internet, menggunakan wifi juga sedikit menghemat baterai.

3. Jangan Streaming Video, Video call, dan Call Via Aplikasi Chat

Penggunaan Streaming Video, Video call, dan Call Via aplikasi chat menyedot kuota internet sobat dengan sangat cepat!. Youtube misalnya, kuota setengah giga mungkin hanya bisa bertahan satu jam, itupun dibarengi buffering. Jika kuota sobat sangat terbatas, hindari penggunaan data internet untuk hal tersebut.

4. Beli HP Jadul Hanya untuk Telepon dan SMS

Sobat perlu membeli HP standar yang fungsinya cukup untuk telepon dan sms, yang harganya sekarang ini sangat murah. Sementara smartphone sobat dipasang kartu internet murah yang bisa sobat googling sendiri (karena harga tiap provider selalu berbeda). Memisahkan antara penggunaan internet dengan penggunaan telepon sangat ampuh meningkatkan daya tahan baterai smartphone android dan juga biaya yang dikeluarkan untuk paket data.

WebKeren pernah menerapkan ini, dan hasilnya cukup memuaskan, terkadang 50 ribu saja sudah dapat internet unlimited selama 3-6 bulan. Namun sobat tentunya akan sedikit repot karena harus membawa dua HP.

5. Gunakan Browser Hemat Kuota

Banyak browser menyediakan mode hemat data. Browser seperti opera mini misalnya, sudah terkenal ampuh menghemat data dengan mengkompres data melalul servernya. Namun demikian sekarang ini opera mini sering tidak lancar digunakan (update: baca New Opera Mini Web Browser). Browser recomended lainnya adalah Chrome, Dolphin dan Skyfire, dengan catatan aktifkan mode hemat datanya.

Baca juga: 7 Browser Android Terbaik

6. Rubah Setingan Browser

Cara lain adalah dengan mengaktifkan fitur mobile view. Selain itu Nonaktifkan setting load images atau setting images ke low ataupun disable gif animation pada browser. Juga menonaktifkan flash player, yaitu dengan menekan browser, kemudian setting, advance dan ganti pada enable plug-ins menjadi on demand / off (jika terdapat flash akan terlihat panah, sobat masih bisa melihatnya dengan mengklik panah tersebut).

Baca juga: Tweak Browser Chrome

7. Disable/ Matikan Fitur Auto Sync

Disable/ matikan fitur auto sync di setting account. Bisa sobat lakukan dengan memilih menu setting, Accounts and Sync, dan matikan/ hilangkan tanda centang pada background data dan auto sync.

8. Disable/ Matikan Update Otomatis (Auto update) Aplikasi Google Playstore

Update otomatis aplikasi juga berpengaruh signifikan terhadap penggunaan data internet sobat. Sebaiknya sobat mematikan fungsi ini dan melakukan update ketika terkoneksi dengan wifi ataupun memiliki data internet berlebih (misalnya sudah mau habis masa aktif). Caranya, masuk ke playstore, tekan menu (garis horizontal disamping tulisan playstore), kemudian pilih setting, pilih auto-update apps, pilih auto-update apps over Wi-Fi only.

Baca juga: Cara Mematikan Update Aplikasi pada Android Lollipop

9. Download file Aplikasi berupa APK Ketimbang via Playstore

Dengan mendownload file APK, sobat bisa menginstalnya berulangkali dan pada beberapa smartphone yang sobat miliki dengan sekali download. Banyak situs penyedia APK aplikasi android seperti misalnya evozi.com.

10. Uninstal/Disable Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Banyaknya aplikasi yang terinstal membuat android sobat banyak juga menggunakan data internet dan juga RAM. Sebaiknya, instal aplikasi seperlunya (yang sobat butuhkan saja).

11. Gunakan Browser untuk Membuka Media Sosial

Jika kuota paket internet kamu sangat terbatas, sebaiknya gunakan browser untuk membuka media sosial (facebook, twitter dll). Karena aplikasi-aplikasi media sosial akan secara berkala terhubung dengan internet untuk mengupdate data. Namun sobat akan sedikit “kudet”(kurang update) karena tidak akan mendapatkan notifikasi yang cepat dari media sosial.

12. Hindari Instal BBM Android

Blackberry Messenger (BBM via android) menurut pengalaman WebKeren merupakan penyedot data internet terbesar dari semua aplikasi android. Sebagai gamabaran, rata-rata penggunaan data BBM untuk yang jarang chat saja bisa menghabiskan 2-4 Gb perbulan.

13. Matikan Auto Download Media pada Whatsapp

Transfer file baik musik, video, maupun gambar melalui aplikasi whatsapp di android bisa dilakukan dengan mudah. Sobat pun bisa mendapatkan file kiriman tersebut dengan mudah. Namun hal ini memakan kuota internet di android cukup banyak, maka sebaiknya sobat mematikan fitur Auto Download Media pada Whatsapp. Cara mematikan auto download media pada whatsapp adalah dengan masuk ke setting > chat setting > media auto download > pilih no media pada when using mobile data.

14. Hindari Game Online

Ya, Game online akan menyedot kuota, terutama kalau kamu bermain dalam durasi yang cukup lama. Sebaiknya, pilih versi offline saja pada game yang sejenis.

15. Matikan Koneksi Internet Ketika Bermain Game

Aplikasi Game Android yang gratis biasanya akan me-load iklan ketika dijalankan. Ini sedikit banyak akan menyedot kuota internet. Jadi matikan saja koneksi internet ketika bermain game! lagipula sobat ga mau kan terganggu oleh "notifikasi yang nggak penting" ketika asik-asiknya bermain game?.

16. Jangan download file berukuran besar

Tip terakhir ini seharusnya tidak usah ditulis, tapi untuk memastikan aja dan biar tipnya jumlahnya bukan 13 (katanya angka sial) aja. Kalau sobat mau hemat internet ya sudah pasti dong jangan download banyak-banyak. Ini bisa dilihat sesaat setelah sobat mendownload, maka di notifikasi akan terlihat berapa besar file tersebut, jika besar batalkan segera.

17. Usir iklan dan kompres konten

Kalau punya uang lebih, belilah aplikasi versi bebas iklan, yang tentu mengurangi jumlah data aplikasi ketika digunakan. Selain itu, aplikasi Onavo Extend memungkinkan sobat untuk kompres data sehingga semua mengurangi konsumsi data aplikasi. Kalau Android sudah di root, install Ad-Blocker ; namun sayangnya Ad-Blocker tidak tersedia bagi perangkat android non-rooted.

18. Gunakan Koneksi Selain 4G Ketika HP Android tidak dipakai

Sebagaimana kita semua ketahui, akses internet 4G jaringannya mulai semakin banyak di Indonesia dan operatornya pun telah bervariasi. Namun begitu, koneksi internet menggunakan 4G sangatlah boros kuota sejalan dengan speednya yang juga cepat. Untuk itu, aktifkan koneksi 4G hanya ketika sobat menggunakan telepon untuk berselancar, download dan aktivitas lainnya. sementara ketika hp sedang tidak digunakan, sebaiknya alihkan ke jaringan 3G ataupun GPRS.

Demikianlah tulisan WebKeren mengenai Tips Lengkap Hemat Kuota Internet Paket Data Android (Bagian I). Semoga sobat bisa menghemat kuota data internet android sobat. Bagaimana pendapat sobat? Silakan ketik di kolom komentar untuk berbagi, jangan sungkan pula untuk berbagi dengan klik tombol share. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

-----x------x-----x-------x-------

Baca Juga :
Tips Lengkap Hemat Kuota Internet Paket Data Android Bagian 3
Tips Lengkap Hemat Kuota Internet Paket Data Android Bagian 2

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: