Mempercepat Browser Chrome Android

Internet Android Cepat | Chrome sekarang ini merupakan browser terfavorit pilihan WebKeren dan 2,7 juta-an orang lain yang telah menginstalnya. Memang chrome bukan yang tercepat, namun WebKeren merasakan kestabilan browser yang baik setiap kali menggunakannya. Selain itu, banyak juga fungsi yang tidak dimiliki browser lain.

Chrome juga merupakan browser bawaan bagi banyak smartphone android, yang notabene sama-sama diproduksi google. Sehingga agar tidak mubazir keberadaannya didalam smartphone sobat, sebaiknya digunakan saja :D.

Untuk itu, kali ini WebKeren akan berbagi mengenai cara mempercepat browser chrome yang didapat dari Redditor erythrocytes64.

Langkah pertama adalah memberikan chrome lebih banyak akses memori RAM dan menghilangkan penurunan frame rate, yang berfungsi untuk menghilangkan lag saat sobat menggeser layar ke atas dan kebawah halaman.

Tweak Browser Chrome Android
Caranya, buka new tab, dan ketik "chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area" (tanpa tanda kutip).

Kemudian pilih (sentuh) kotak pilihan di bawah tulisan “Maximum tiles for interest area”.

Pilih antara 256 MB (untuk smartphone lama yang memiliki Ram 512 MB), atau 512 MB (untuk smartphone yang memiliki Ram lebih dari sama dengan 1GB). Ini bisa sobat coba-soba sendiri, bagi WebKeren 512 MB lebih baik (default-nya adalah 128 MB). Kemudian untuk menyimpan perubahan, pilih (tekan) “Relaunch Now”. (klik gambar untuk memperbesar)

Internet Android Super Cepat-Tweak Browser Chrome      Internet Android Ngebut-Tweak Browser Chrome

Penjelasan
Ini adalah pengaturan yang tersembunyi di Browser Chrome (tidak perlu untuk Beta). Dengan set ini ke default, Chrome menggunakan sekitar 130 MB RAM, dan sering lag ketika digunakan, dengan frame rate turun dari 60 ke 20. Dengan tweak ini fps berada antara 50-60.
Berikut ini Flag tambahan yang (relatif) berguna untuk dilakukan perubahan (WebKeren nggak merasakan pengaruhnya), yang sebaiknya sobat coba sendiri.
enable-offline-mode = untuk bisa mengakses halaman yang disimpan dalam cache pada perangkat tanpa koneksi internet.
enable-spdy4a2 = Dapat membantu menunjukkan hasil yang lebih baik pada beberapa halaman, terutama Facebook, tapi pada sebagian smartphone mengalami gangguan saat menggunakannya.
enable-cast (hanya pada versi beta) = bisa mengaktifkan dukungan Chromecast eksperimental yang memungkinkan untuk bermain dan video kontrol dari Web pada perangkat Chromecast."
chrome://flags/#enable-new-ntp = untuk layar yang lebih responsif saat beralih ke halaman tab baru (WebKeren coba tapi ga ada, mungkin sudah diupdate).
Demikianlah tulisan mengenai Internet Android Super Cepat dengan Tweak Browser Chrome. Bagaimana pendapat sobat? Silakan ketik di kolom komentar untuk berbagi dengan sobat lainnya. Sobat juga bisa membagikan artikel ni secara gratis ke media sosial. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga: 
Tips Lengkap Hemat Kuota Internet
Browser Android Tercepat 2015

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: