Tips Irit Hemat Kuota Internet dengan Manajer Data Android

Tips Irit / Hemat Kuota Internet dengan Manajer Data Android | Keterbatasan Kuota internet sering menjadi kendala pengguna android untuk berselancar di dunia maya. Ini dikarenakan hampir semua fitur android hanya bisa kita jalankan dengan koneksi internet, seperti Facebook, BBM Android, Whatsapp, YM, Line, Path, Twitter, Instagram, Youtube, Browsing, dan aplikasi lain.
Bagi sobat yang belum tahu atau mungkin kurang memperhatikan, kuota data internet adalah batasan jumlah lalu lintas data internet yang didasarkan pada paket data yang disediakan penyedia layanan internet seperti Telkomsel, Three, XL, Smartfren, Indosat, dan lainnya. Terdapat banyak cara mendapatkan internet murah misalnya dengan menghemat pemakaian internet atau dengan membeli paket hemat irit internet indosat, telkomsel, 3, simpati loop, bronet / gaul / karet axis, smartfren, dan xl untuk android, atau juga dengan membeli kartu perdana paket internet termurah gsm yang dilengkapi internet murah dan cepat dengan paket internet hemat unlimited tanpa kuota bebas pemakaian di android dan modem.

Setelah membeberkan Tips Lengkap Hemat Kuota Internet Paket Data Android (Bagian 1), sekarang WebKeren.Net akan membahas bagian 2-nya. Yaitu dengan mengontrol atau membatasi data internet dengan manager data bawaan android agar penggunaan kuota data lebih hemat. Cara ini mudah dilakukan dan direkomendasikan karena tidak perlu menginstal aplikasi tertentu, hanya perlu beberapa langkah pengaturan untuk menerapkannya.

Pelajari Sejarah Penggunaan Data Internet

Untuk menghemat kuota internet, pertama-tama harus mempelajari terlebih dahulu aplikasi apa dan seberapa banyak aplikasi di android yang menggunakan koneksi internet. Bisa dicek dengan masuk ke menu pengaturan (setting), lalu tekan penggunaan data (mobile data/data usage), sehingga akan nampak seperti gambar berikut.
Hemat Kuota Internet Paket Data Android

Selain itu, kalau sering menggunakan Wi-fi Sobat juga bisa melihat penggunaan data melalui jaringan wi-fi. Caranya, tekan tombol menu dan pilih Tampilkan Wi-fi. Ini berguna untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan banyak data di latar belakang juga.
Irit Kuota Internet Paket Data Android
Setelah mempelajari penggunaan data internet bisa dilakukan pembatasan data dan pembatasan aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan cara yang sebagai berikut.

Mengatur Batas Data Internet Android

Untuk melakukannya, sobat harus memilih “set mobile data limit” dan menentukan batas data internet sesuai dengan paket yang dimiliki. Setelah itu akan terlihat dua garis pada grafik. Garis teratas adalah batas data yang telah diatur, dan garis dibawahnya adalah batas peringatan bahwa penggunaan data sudah hampir mencapai batas.

Untuk melakukan pengaturan, cukup menggeser garis tersebut sesuai dengan paket yang dimiliki. Untuk garis peringatan, atur kira-kita 10-15% dari batas data.

Setelah dilakukan pengaturan, maka akan muncul peringatan pada batas yang ditentukan dan setelah mencapai batas otomatis tidak bisa terkoneksi lagi dengan internet.

Dengan begitu pulsa tidak akan tersedot habis jika paket habis. Karena menurut pengalaman pribadi, tarif internet tanpa paket sangatlah mahal. Pernah satu ketika paket internet habis dimalam hari waktu tidur, dan pagi harinya pulsa 50 ribupun habis :(.

Membatasi Aplikasi yang Berjalan Meski Tidak Digunakan

Penggunaan data internet android terbagi menjadi 2, yaitu latar depan (foreground) dan latar belakang (background). Aplikasi yang tetap menggunakan internet meski tidak sedang digunakan disebut dengan aplikasi latar belakang (background).

Untuk mengetahuinya, sentuh salah satu aplikasi di bawah grafik untuk mendapatkan info lebih mengenai penggunaan data yang digunakan, termasuk apakah itu menggunakan data foreground atau background.
Hemat Kuota Internet Android Ngebut

Kalau ternyata banyak aplikasi background dan menggunakan banyak data internet juga, ini sangat berbahaya buat keberlangsungan kuota internet sobat (lebay ga sih :D). Sobat bisa menonaktifkannya dengan menekan “restrict app background data”. Ini akan menghentikan aplikasi menggunakan data mobile, tetapi tetap bisa terhubung dengan internet melalui wi-fi.

Ada baiknya melakukan hal ini untuk aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang.Tetapi hal ini akan mengganggu tingkat ke-update-an (baca: Gaul) kalau dilakukan secara ekstrim dengan membtasi semua background aplikasi. Karena misalnya untuk mengetahui ada BBM / WA / Twitter / FB yang masuk, harus dicek secara manual dengan membuka aplikasinya.

Pastikan Pengaturan Penggunaan data sesuai dengan Alur Berlangganan Paket Data Internet
Pengaturan pembatasan penggunaan data internet dan restriksi koneksi aplikasi melalui mobile data tidak akan berfungsi dengan baik kalau tidak disesuaikan dengan periode berlangganan internet. Jadi, untuk membuatnya berjalan dengan baik, sobat harus melakukan penyesuaian periodenya.
Jika tidak puas dengan "pemantau penggunaan data" bawaan, sobat juga bisa menginstall aplikasi bernama Onavo Count untuk melacak penggunaan data.
Demikianlah tulisan WebKeren.Net mengenai Tips Irit Hemat Kuota Internet dengan Manajer Data Android sebagai alternatif cara mendapatkan internet murah dengan menghemat pemakaian internet bagi sobat yang tidak dapat membeli paket hemat irit internet indosat, telkomsel, 3, simpati loop, bronet / gaul / karet axis, smartfren, dan xl untuk android, atau juga dengan membeli kartu perdana paket internet termurah gsm yang dilengkapi internet murah dan cepat dengan paket internet hemat unlimited tanpa kuota bebas pemakaian di android dan modem. Semoga bisa menghemat kuota data internet android sobat secara signifikan.

Mohon maaf kalau pada postingan kali ini tidak dilengkapi gambar dengan komplit, karena memang saat ini WebKeren.net menggunakan koneksi Wifi di pc windows 10, bukan melalui smartphone android secara langsung. Bagaimana pendapat sobat? Silakan ketik di kolom komentar untuk berbagi dengan WebKeren.Net dan sobat lainnya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
-----x------x-----x-------x-------
Baca Juga
Hemat Kuota Internet Paket Data Android - 1
Hemat Kuota Internet Paket Data Android dengan Aplikasi

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: