Biografi Bapak Internet Dunia dan Pandangannya soal Internet Indonesia

Sobat mungkin bertanya-tanya siapakah bapak internet dunia? Tulisan bebas WebKeren kali ini akan mengulas jawaban pertanyaan tersebut. Mulai dari Biography ( biografi / biodata ) Bapak Internet Dunia, latar pendidikan, pengalaman organisasi, sampai dengan pandanganya mengenai internet indonesia.

Biografi Bapak Internet Dunia; Vinton Gray Cerf

Vinton Gray Cerf yang lebih akrab dengan panggilan Vint Cerf lahir pada 23 Juni 1943 di New Haven, Connecticut - Amerika Serikat. Ia adalah seorang ilmuwan komputer yang sangat berperan (bisa dikatakan penemu) dalam pembuatan protokol TCP/IP yang menjadi basis dari jaringan Internet. Karena itulah ia disebut dengan julukan bapak internet dunia.

Bapak Internet Dunia
Bapak Internet Dunia
Vinton Gray Cerf
Image Credit: UsEmbassy.org
Cerf menyelesaikan pendidikan sarjana matematika di Stanford University pada tahun 1965. Seusai lulus, Ia sempat bekerja di IBM sebelum mengambil studi ilmu komputer di University of California, Los Angeles (UCLA). Jenjang Masternya diselesaikan pada tahun 1970 dan PhD pada 1972. Dengan kecerdasan yang dimiliki dan banyaknya karya yang dihasilkan, pada tahun yang sama Cerf menjadi profesor di Stanford University.

Sewaktu di UCLA Cerf menggeluti dunia internetworking dengan membangun ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) dan menulis beberapa RFC (Request for Comments). Cerf juga pendiri Internet Society pada 1992, dan ketua organisasi ini sampai dengan tahun 1999. Internet Society adalah nama organisasi yang berperan sebagai organisasi payung berbagai kelompok teknis yang bertugas mengembangkan internet (salah satunya adalah Internet Engineering Task Force). Sehingga wajar jika ia menjadi tokoh terkenal karena mempengaruhi perkembangan internet sedunia, termasuk Indonesia.

Pandangan Vint Cerf terhadap internet Indonesia

Meski banyak dikritik, tetapi kondisi internet Indonesia saat ini dipuji Bapak Internet Dunia. Vint Cerf yang sekarang ini  menjabat sebagai Chief Internet Evangelist Google menyampaikannya dalam pertemuan bilateral antara delegasi Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF) dan sejumlah tokoh internet dunia di Istanbul, Turki pada 2 september 2014.

Menurutnya, Indonesia dapat menjadi model bagi kawasan tentang bagaimana mendorong pelibatan multi-stakeholder untuk tata kelola Internet. Selain itu, inisiasi dan proses Indonesia dalam dialog tata kelola Internet patut ditularkan ke sejumlah negara tetangga, karena menurutnya formulasi ID-IGF secara umum telah melampaui apa yang telah dilakukan oleh negara lain. Vint Cerf pun mendorong ID-IGF berani mengambil inisiatif dialog lebih luas sampai kawasan regional.


Penjelasan Istilah

Sobat yang mungkin tidak mengerti istilah baru pada artikel ini, berikut WebKeren jabarkan.

ARPANET adalah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. ARPANET difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya, seperti teknologi packet switching dan menjadi permulaan berdirinya Internet yang ada sekarang.

Sementara dokumen Request for Comments (RFC) adalah salah satu dari seri dokumen infomasi dan standar Internet bernomor yang diikuti secara luas oleh perangkat lunak untuk digunakan dalam jaringan, Internet dan beberapa sistem operasi jaringan, mulai dari Unix, Windows, dan Novell NetWare. RFC kini diterbitkan di bawah arahan Internet Society (ISOC) dan badan-badan penyusun-standar teknisnya, seperti Internet Engineering Task Force (IETF) atau Internet Research Task Force (IRTF). Semua standar Internet dan juga TCP/IP selalu dipublikasikan dalam RFC, meskipun tidak semua RFC mendefinisikan standar Internet. Beberapa RFC bahkan hanya menawarkan informasi, percobaan/eksperimen, atau hanya informasi sejarah saja.

Demikian ulasan singkat Webkeren tentang Bapak Internet Dunia. Bagaimana Pendapat Sobat? silakan tulis di kolom komentar. Semoga bemanfaat untuk kita semua.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Vinton_G._Cerf
http://id.wikipedia.org/wiki/Request_for_Comments
http://id.wikipedia.org/wiki/ARPANET
http://tekno.kompas.com/read/2014/09/08/14150017/Internet.Indonesia.Dipuji.Bapak.Internet.Dunia.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: