Cara Claim / Verifikasi Alexa di Blog

Sobat pasti punya impian memiliki blog dengan Ranking yang tinggi. Alexa Rank merupakan salah satu indikator ranking blog, yang membuat banyak blogger mencari cara termudah dan tercepat menurunkan / merampingkan / nurunin / ngecilin Alexa Rank Indonesia, memasang widget / gadget alexa, mengklaim / claim blog, bahkan cara mendapatkan sertifikat agar blog memiliki status certified. Kali ini WebKeren akan membahas mengenai cara claim / verifikasi alexa di blog.
Cara Claim / Verifikasi Alexa di Blog

Bagi sobat yang belum tahu alexa rank, alexa rank adalah sistem peringkat website yang berdasar pada skema kerja peringkat yang disusun alexa.com. Informasinya berupa site info, traffic, site linking, link in, dan sebagainya. Informasi alexa rank sering menjadi pertimbangan pihak yang mau memasang iklan. Alexa rank dengan status no data setidaknya membuat mereka berfikir ulang untuk memasang iklan.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, berikut ini adalah keuntungan megklaim blog di alexa.

Keuntungan mengklaim blog di Alexa

  1. Bisa menambahkan Identitas Blog (judul, deskripsi, logo, identitas dan alamat pemilik) pada situs alexa. Selain itu juga bisa menambahkan ranking alexa pada negara tertentu (misalnya Indonesia). Untuk melakukannya, silakan kesini http://www.alexa.com/pro/listing/edit?site=Alamat Blog (ganti Alamat blog dengan url blog sobat)
  2. Bisa meningkatkan rank alexa. Penjelasannya Baca di Cara Turunkan Alexa Rank.
Bagi sobat yang ingin mendapatkan keuntungan tersebut, berikut ini cara mengklaim blog pada alexa.com


Cara Claim / Verifikasi Alexa di Blog

  1. Masuk / daftar / login / sign up di Alexa.com
  2. Ketik alamat blog dan tekan enter, lalu cari "claim site". Atau mudahnya, pergi ke http://www.alexa.com/siteowners/claim > masukkan url blog lalu klik "Continue" > Pada halaman verifikasi dan diberikan 3 metode. Pilih metode 2, lalu Copy kode / script yang diperintahkan untuk ditaruh di blog.
  3. Buka dashboard blogger di Tab Baru untuk memasang kode di blog.
  4. Masuk Menu "Template" > Klik "Edit HTML" > Cari kode <head> , dan paste kode dibawah kode <head>. Lalu Klik "Simpan Template". Jika tidak bisa di-save, modifikasi kode tersebut menjadi seperti ini <meta content='kode alexa' name='alexaVerifyID'/> (ganti kode alexa dengan kode sobat).
  5. Kembali ke tab verifikasi alexa, kemudian klik tombol "Verify my ID".
  6. Jika dilakukan dengan benar akan muncul "Your site is successfully claimed".
Demikian artikel WebKeren tentang Cara Claim / Verifikasi Alexa di Blog. Sobat juga bisa membaca Cara Memasang Widget Alexa di Blog yang telah WebKeren tulis sebagai langkah lanjutan. Silakan tulis di kolom komentar kalau Sobat sudah berhasil menerapkannya, ataupun menemui kesulitan. Semoga bemanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: