Cara Android Cepat Anti Lemot

Android Cepat / Android tercepat bukan hanya bisa dimiliki perangkat gadget android dengan spesifikasi tinggi. Namun semua pengguna android juga bisa mempercepat kerja Android agar optimal, karena masalah android yang lambat, lemot, cepat panas tentu akan membuat kesal. Karena itulah muncul banyak pertanyaan, seperti bagaimana mengencangkan, meningkatkan performa, atau dengan kata lain membuat loading android menjadi kencang atau cepat.

Cara Android Cepat Anti Lemot
Meningkatkan kecepatan Android bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari yang sederhana sampai dengan tingkat advance/mahir - dengan menggunakan aplikasi, ataupun cara manual. Dengan android yang responsif, sobat akan lebih betah berlama-lama dengan android kesayangan.
Kali ini WebKeren akan membahas semua cara untuk membuat Android Sobat menjadi cepat. Seperti biasa, langsung saja ke pokok pembahasan Cara gampang Meningkatkan Kecepatan Android.

1. Matikan semua koneksi yang tidak diperlukan

Fitur seperti Bluetooth, Wifi, GPS dan lain sebagainya selain menguras baterai juga membuat smartphone bekerja lebih berat. Caranya, masuk setting, lalu geser semua tanda koneksi dari on menjadi off.

2. Hapus File Android Yang Tidak Berguna


File hasil download, foto, lagu, video, dan lainnya juga mempengaruhi kecepatan hape android. Termasuk juga semua media yang dihasilkan aplikasi chat WhatsApp, baik video, musik, maupun gambar. Jadi hapus semua file yang tidak terpakai tersebut.

Begitu pula dengan SMS. Mungkin banyak dari sobat pengguna smartphone android yang menumpuk sms pada inbox ataupun outbox, padahal sms ini tentu menghabiskan memori ponsel sobat. SMS yang tersimpan pada handphone dalam jumlah yang sangat banyak akan membuat hp android menjadi lambat. Untuk itu, biasakan untuk menghapus sms yang tidak diperlukan.

3. Matikan (disable) animasi

Animasi memang mempercantik android, namun juga sedikit membebani kecepatan hp android. Jika merasa tidak perlu matikan saja. Caranya, masuk ke setting -> developer options. Nanti akan ada menu Window Animation Scale, Transition Animation Scale, Animator Duration Scale. Atur semuanya menjadi off.

4. Matikan Live Wallpaper

Untuk mempercepat kinerja android, sobat harus mengurangi atau bahkan tidak menggunakan live wallpaper. Memang live wallpaper yang mempercantik tampilan android tersebut membuat layar seolah-olah hidup, namun live wallpaper juga mengkonsumsi ram yang tidak sedikit, yang pada akhirnya bisa memperlambat android. Dengan mematikan live wallpaper, smartphone android akan sedikit lebih cepat dan ringan.

5. Bersihkan semua cache aplikasi

Memang Cache berguna untuk mempercepat proses, tapi seiring waktu file cache semakin besar dan akan memenuhi memory android. Bagi yang memory-nya terbatas, hapus saja cache aplikasi secara berkala.

Untuk Android Jelly Bean 4.2 keatas bisa dilakukan dengan masuk ke Settings -> Storage > Pilih “Cached data”akan muncul sebuah kotak dialog yang menawarkan pembersihan file cache, pilih “OK”saja. Fitur ini akan menhapus semua file cache yang dihasilkan oleh aplikasi yang terinstal.

Sementara untuk versi Android sebelum Jelly Bean 4.2 (juga Jelly Bean 4.2 kalau tidak puas), bisa dengan menggunakan aplikasi pembersih cache yang banyak tersedia secara gratis maupun berbayar di Google Playstore.

6. Disable / Uninstall Bloatware

Untuk smartphone android yang tidak diroot, disable semua bloatware (aplikasi bawaan merek). Aplikasi bloatware mungkin akan berguna jika tidak memerlukan sumberdaya besar, mulai dari RAM, CPU, space data, dll. Kalau tidak digunakan, sebaiknya disable semua bloatware. Karena bloatware, meski tidak diaktifkan, memakan koneksi data, Ram, maupun CPU smartphone. Caranya mudah, buka Settings -> Apps > pilih tab all aplication, pelajari kegunaan aplikasi kemudian disable yang tidak digunakan.

Sementara untuk hape android yang sudah diroot sebaiknya uninstall saja aplikasi bloatware (lakukan backup terlebih dahulu).

7.Hapus widget yang tidak terpakai

Widget mengambil banyak ruang memori yang dapat menjadi penyebab android lemot. Jadi hapus widget yang tidak terpakai namun prosesnya tetap berjalan di latar belakang untuk menghindari kinerja android yang lambat.

8.Optimalisasi RAM Android

RAM (Random Access Memory) merupakan faktor terpenting dalam kecepatan android setelah CPU (Central Processing Unite/processor). Tidak semua aplikasi Android langsung terhapus dari RAM ketika dimatikan, yang membuat RAM menjadi penuh dan android pun lemot.

Optimalisasi RAM bisa dilakukan tanpa rooting, yaitu dengan menutup semua aplikasi setelah selesai menggunakannya. Yang paling dasar adalah dengan membiasakan menutup aplikasi dengan menggunakan tombol back, bukan home. Lebih lanjut, untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan pada latar belakang (berjalan meski sudah ditutup), buka Settings -> Apps lalu pilih tab Running. Stop/tutup aplikasi yang tidak digunakan.

9. Gunakan Kartu Memori / MicroSD

Kartu memori / MicroSD akan memperbesar ruang penyimpanan handphone android. Dengan begitu, beban memori internal akan semakin lega dan sedikit banyak akan membuat proses loading akan semakin cepat.

10. Nonaktifkan Auto Brightness dan Auto Rotate

Auto (screen) Brightness maupun Auto (screen) rotation sangat membantu untuk mengatur secara otomatis intensitas cahaya ataupun tampilan layar (horizontal atau vertikal). Namun begitu, fitur ini juga menggunakan sumber daya android, baik baterai, ram, maupun processor. Jika sobat tidak terlalu memerlukannya, sebaiknya nonaktifkan/matikan saja fitur ini untuk membantu android agar bisa bekerja lebih cepat.

11.Percepat Kinerja Google Now

Semenjak versi Jelly Bean, Android secara default sudah dilengkapi Google Now, yaitu sistem pencarian google yang langsung hadir di halaman muka smartphone android.

Baik tampilan maupun fungsi google now sangat menarik, namun begitu karena banyaknya aplikasi yang terhubung dengan google now membuatnya semakin lama semakin lambat. Untuk mempercepatnya, lakukan langkah berikut.

Buka Google Now > masuk menu > masuk Settings > Pilih Phone search, pastikan tanda centang hanya ada pada aplikasi penting saja.

12. Restart Smartphone Android Sobat!

Cara mempercepat android yang paling cepat dan sederhana untuk mengatasi android lemot adalah hanya dengan melakukan restart. Restart akan membersihkan cache, menghentikan berjalannya tugas yang tidak diperlukan, dan membuat sesuatu berjalan dengan lancar lagi.

Hanya tahan tombol power, pilih Restart pilihan, dan kemudian tekan OK untuk mengkonfirmasi. Kadang-kadang, sesuatu yang sederhana seperti melakukan restart adalah semua yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecepatan.

Penutup

Kalau semua cara tersebut sudah dilakukan tapi masih lemot, lakukan alternatif terakhir yang dipastikan sangat ampuh. Yaitu dengan factory data reset. Penting untuk diperhatikan adalah backup semua data penting ke pc ataupun laptop. Setelah diback up semua, masuk ke setting > Backup dan reset > pilih Factory data reset. Dengan begitu semua data akan terhapus dan smartphone android kembali seperti ke awal.

Atau kalau tidak mau melakukan factory reset, sobat bisa membaca lagi tips Webkeren lainnya.

Demikian Artikel WebKeren mengenai Cara Android Cepat Anti LemotBagaimana? sobat punya pendapat, mau berbagi cerita langkah-langkah meningkatkan kecepatan Android, menanyakan sesuatu, ataupun sekedar berbagi unek-unek? Silakan tulis di kolom komentar di bawah. Semoga bemanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: