Cara Melihat Google Street View Indonesia via Android

Google melaunching layanan Google Street View sejak Agustus 2014 di Indonesia. Layanan pemetaan jalanan dengan rangkaian foto panoramik 3D mencakup Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Surabaya, dan Denpasar. Plus obyek-obyek wisata eksotis, seperti persawahan di Ubud, Bali atau terumbu karang di Pulau Komodo.

Namun begitu kota menarik lainnya seperti Bandung, Malang, Palembang, Magelang, Purwokerto, Semarang, Jogjakarta, Cilegon, Makasar, Bali (selain Denpasar) dan kota-kota lain belum terekam oleh google streetview, hanya empat kota besar seperti yang telah disebutkan. Namun dengan fitur ini, mungkin kedepannya wikimapia akan tertinggal karena fiturnya tidak selengkap google maps.

Update 2016 :
  1. Google Streetview melalui Google Cultural Institute telah merambah 11 candi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Termasuk didalamnya adalah Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Sari, Candi Sewu, Candi Barong, Candi Ijo, Candi Kalasan, Candi Mendut, Candi Pawon, dan Candi Sambisari. Selain itu juga proyek Museum Nasional yang sudah selesai dan juga situs Manusia Purba Sangiran, serta beberapa tempat wisata (termasuk pantai) terpopuler di Indonesia.
  2. Kota besar lainnya juga telah terekam, seperti misalnya Kota Serang. Dengan begitu sobat lebih mudah dalam mencari peta jalan serang banten terbaru termasuk serang timur, serang barat, dan daerah lainnya di Kota Serang.

Cara Melihat Google Street View Indonesia via Android
Hasil Capture Bundaran HI Dengan Streetview Google Maps
Buat sobat yang mungkin belum tahu, Google Street View adalah bagian dari google maps, yang membuat kita bisa "berjalan-jalan" secara virtual di jalan yang telah direkam kamera mobil google street view (google street view car). Yang tadinya kita hanya bisa melihat foto photo sphere ataupun melihat melalui satelit dengan google earth, kini bisa melihat foto 360 derajat secara utuh.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, smartphone android Sobat harus memiliki koneksi internet baik melalui WiFi maupun paket data internet. Untuk aplikasinya, sobat tidak perlu repot menginstal karena baik google maps maupun Street View adalah termasuk aplikasi bawaan smartphone android. Namun agar lebih baik, sobat sebaiknya mengupdate dua aplikasi tersebut.
Sementara jika sobat sudah menghapusnya karena dianggap membebani kerja hp android sobat, sobat bisa menginstalnya melalui playstore. Selain itu sobat juga dapat mengaksesnya melalui laptop / pc ataupun dengan download apk google street view. Agar mudah berikut link download di google playstore (klik link berikut).
Download Google Maps Terbaru di Store Play Store
Download Street View Terbaru di Google Play Store

Cara Mengakses Google Streetview Indonesia

Setelah dua aplikasi tersebut terinstal pada hp android sobat, buka aplikasi Google Maps, lalu pilih jalan yang ingin dilihat di peta, bisa secara manual dengan menggeser-geser peta ataupun dengan menulis jalan yang sobat tuju di kotak pencarian.
Cara Melihat Google Street View Jakarta via Android
 Capture Google Maps

Kalau sudah ketemu, tekan agak lama pada jalan yang mau sobat lihat sampai pin merah ikon Dropped Pin Google Maps muncul. Setelah itu nama jalan akan muncul di layar. Kemudian geser ke bawah pada jalan yang muncul tersebut, sobat akan menemukan foto dengan tulisan "Street View" dibagian bawah. Klik foto tersebut dan Sobat sudah bisa melihat secara tidak langsung area di sekitar jalan tersebut.

Cara Melihat Google Street View Bandung via Android
 Capture Google Maps

Dengan adanya Google Streetview ini, sobat tidak akan khawatir lagi kalau mau berpergian ke suatu tempat yang belum pernah sobat kunjungi. Karena selain sobat mendapatkan petunjuk arah melalui google maps, sobat juga bisa mengetahui “ancer-ancer” atau penanda dimana sobat mesti berbelok, seperti apa tempat yang sobat tuju dan sebagainya. Bahkan kalau sobat sedang malas keluar rumah, fitur ini bisa menjadi hiburan menarik untuk browsing pemandangan wilayah-wilayah yang direkam google street view.

(Tambahan) Tur Gratis ke Museum Secara Virtual

Selain Google Street View, untuk bisa menikmati wisata virtual yang lebih menyenangkan lagi, sobat juga bisa membuka Google Cultural Institute (tadinya bernama Google Art Project) melalui browser (buka www.google.com/culturalinstitute).

Melalui Google Cultural Institute, sobat bisa melihat ruang-ruang koleksi museum secara panoramik (360 derajat). Untuk musem Indonesia, baru Museum Nasional Indonesia atau yang biasa disebut dengan Museum Gajah saja yang tergabung. Namun sayangnya meski sudah berjalan sejak 2011 silam, kerjasama tersebut belum selesai hingga saat ini (masih berjalan, pengumpulan gambar untuk layanan Street View baru dikerjakan tahun ini).

Demikianlah tulisan WebKeren mengenai Cara Mengakses Google Streetview Indonesia. Bagaimana pendapat sobat? Silakan ketik di kolom komentar untuk berbagi dengan sobat lainnya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: