Daftar Custom Domain Gratis terbaru 2015

Setelah berbagi tentang bagaimana Cara Membuat Blog Gratis via Blogger / Blogspot, sekarang WebKeren akan membahas daftar domain gratis yang bisa sobat manfaatkan. Domain gratis (free domain) sudah banyak tersedia,baik yang bersifat selamanya maupun hanya beberapa waktu tertentu. Domain gratis juga bisa digunakan sebagai ujicoba cara menerapkan custom domain blogspot, thumblr, ataupun wordpress bagi sobat yang belajar blog secara otodidak.
Daftar Custom Domain Gratis terbaru 2015

Bagi Sobat yang belum tahu, domain adalah alamat dari suatu blog atau website, misalnya nama domain adalah http://namablog.blogspot.com. Kemudian dikarenakan dirasa domain terlalu panjang dan susah diingat, maka digunakanlah custom domain. Custom domain yang paling banyak digunakan adalah .com dan .net,  namun begitu untuk mendapatkan custom domain populer itu dibutuhkan biaya karena harus menyewa dari penyedia domain. Oleh karena itu custom domain gratis bayak dicari.

Manfaat / Kelebihan menggunakan Custom Domain Gratis

  1. Alamat domain mudah diingat. Dengan alamat yang lebih singkat, tentu alamat blog akan lebih mudah diingat oleh returning visitor (pembaca tetap/pembaca yang kembali) ke blog sobat. Selain itu, sobat juga bisa menentukan nama alamat sesuai dengan keinginan, karena terkadang nama alamat yang sudah keduluan diambil orang lain di blogspot / wordpres / tumblr, masih tersedia pada custom domain.
  2. Terlihat lebih professional. Bagian banyak orang, domain yang singkat terlihat lebih meyakinkan pembaca ketimbang bereksistensi blogspot ataupun wordpress.
  3. Tidak perlu bayar sewa domain. Karena gratis, tentu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa domain. Begitupun dengan Hosting, karena tetap menggunakan fasilitas blogger ataupun wordpress.
  4. Pengunjung domain lama tidak hilang karena dialihkan secara otomatis. Pengunjung yang menuju alamat blog lama akan langsung diredirect ke alamat baru, jadi blog tidak akan kehilangan pengunjung.
  5. Backlink menuju blog lama akan terdirect juga ke alamat yang baru, meskipun tidak seara langsung.

Kerugian / Kekurangan menggunakan Custom Domain Gratis

  1. Domain tidak bisa dipastikan sampai kapan tetap tersedia dan gratis. Pada beberapa penyedia domain gratis, alamat diberikan secara cuma-cuma dengan perpanjangan tahunan namun tidak gratis. Selain itu, ada juga pengalaman custom domain gratis yang katanya selamanya namun seiring waktu penyedia berubah pikiran dan menggunakan webnya untuk tujuan lain.
  2. Ketika berganti nama domain, Blog akan kembali seperti yang baru dibuat. Blog kehilangan page ranking google, ranking alexa, page domain authority dan sebagainya.
  3. Jika domain habis dan tidak bisa diperpanjang / penyedia domain gratis tidak lagi menyediakan domain gratis, maka blog akan kehilangan backlink dan harus membangun dari awal.
  4. blog akan 
  5. Harus submit / daftar ulang ke berbagai search engine. Alamat baru tidak akan dikenali secara otomatis oleh  mesin pencari jadi harus didaftarkan ulang.

Daftar Custom Domain Gratis Terbaru 2015

Dengan segala untung ruginya, Custom Domain Gratis tetap menjadi incaran banyak blogger. custom domain ini banyak digunakan sebagai blog dummy sebagai sumber backlink gratis dan permanen, ataupun sebagai blog utama. Berikut ini beberapa daftar penyedia custom domain gratis terbaru 2015, sobat juga bisa mendaftar beberapa custom domain pada satu penyedia.
  1. freedomain.co.nr
  2. codotvu.com
  3. www.cz.cc
  4. www.dot.tk
  5. www.idhostinger.com
  6. www.biz.nf
  7. nl.ai
  8. nl.gl
  9. wi.vc
  10. www.europnic.com
  11. www.dotfree.com
  12. www.azote.org
  13. dnsdot.net
  14. www.smartdots.com
  15. www.domain.me.pn
  16. uni.me
  17. free.domain.name/en.html
  18. www.joynic.com

Terima kasih sudah rela membaca posting artikel WebKeren tentang Daftar Domain Gratis 2015 yang singkat ini. Silakan tulis di kolom komentar kalau ada pendapat, cerita keberhasilan.kegagalan, ataupun ingin berbagi unek-unek dalam mendapatkan domain gratis. Semoga bemanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: