Review Kelebihan dan Kekurangan Android One | Evercross One X, Mito Impact A10, dan Nexian Journey 1

WebKeren, blog Android Cepat Responsive Keren Anti Lemot Terbaik |

Review Lengkap Android One | Evercross One X, Mito Impact A10, dan Nexian Journey 1 | Menurut data yang dimiliki Google, masih ada 5 miliar orang yang tidak memiliki smartphone, terutama orang-orang yang tinggal di negara berkembang seperti India, Indonesia, dan Filipina. Untuk itu Google menghadirkan Android One, smartphone android murah dengan spek bagus kinerja tinggi cepat berkualitas yang didukung langsung oleh Google untuk membuat seluruh orang dimana pun bisa mengakses informasi terbaru melalui internet via ponsel pintar android.

Kenapa ponsel canggih android murah? Karena menurut google pendapatan masyarakat di negara berkembang tidak cukup besar untuk bisa membeli handphone dan juga layanan data untuk bisa terhubung ke internet.Selain itu Google juga menggandeng sejumlah vendor lokal, yang tentunya dengan menentukan spesifikasi dan konsep hp Android One dengan standar yang baik.

Android One diluncurkan pertama kali di India pada September 2014. Google menggandeng vendor lokal India, yaitu Micromax, Spice, dan Karbonn sebagai pembuat hape Android One tersebut. Harga Android One di India adalah 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 juta. Sementara di Indonesia Android One baru tersedia pada bulan Februari dengan vendor Nexian (Nexian Journey 1), Mito (Mito Impact), dan Evercross (Evercoss One X) yang menjual seharga satu juta-an dengan banyak bonus didalamnya.

Selain harga murah, Google juga menjamin Android One mendapatkan update selama 2 tahun bahkan gratis jika menggunakan kartu SIM milik operator bawaannya (di Indonesia adalah Simpati Telkomsel).

Spesifikasi Android One Evercross One X, Mito Impact A10, & Nexian Journey 1

Spesifikasi Android One Evercross One X
Evercross One X
Spesifikasi Android One Mito Impact A10
Mito Impact
Spesifikasi Android One Nexian Journey 1
Nexian Journey 1

Persamaan Spesifikasi Evercross One X, Mito Impact A10, dan Nexian Journey 1

  • Layar 4.5" FWVGA
  • Cortex A7 1.3 GHz Quad-Core processor
  • 1GB RAM
  • Penyimpanan 8 GB (dapat ditingkatkan sampai 32 GB)
  • Dual micro SIM
  • Kamera depan dan belakang (2MP dan 5 MP)
  • Lithium-ion dapat diisi ulang, 1700mAh
  • Android™ Lollipop (dan mendapatkan versi baru segera setelah dirilis)
  • G-sensor, Proximity Sensor, Light Sensor, Compass, Gyroscope, IPS Display 218 ppi, LED Notification

Perbedaan Spesifikasi Evercross One X, Mito Impact A10, dan Nexian Journey 1

Dimensi Evercross One X:
132 x 67 x 9.2 mm
Dimensi Mito Impact A10: 132 x 67 x 8.9 mm
Dimensi Nexian Journey 1: 132 x 67 x 9.2 mm

Video Review Lengkap Android One Evercross One X, Mito Impact A10, dan Nexian Journey 1


Kelebihan Android One Evercross One X, Mito Impact A10, dan Nexian Journey 1

  1. Harga Murah, cuma 1 juta-an dengan spesifikasi yang cukup baik.
  2. Cepat dan responsif karena menggunakan Android versi terbaru, tercepat dan paling responsif dari Android, yaitu Android Lollipop 5.1 yang otomatis ter-update saat ada sistem baru yang hadir (sampai 2 tahun).
  3. Performa 2x lebih baik dengan Android Lollipop 5.1.
  4. Baterai lebih awet dengan fitur menghemat baterai Android Lollipop 5.1 yang bisa memperpanjang penggunaan sampai 90 menit. Fitur hemat daya ini juga bisa disetting otomatis aktif saat baterai hampir habis.
  5. Penggunaan data internet mudah diatur agar lebih hemat kuota (sebenarnya sudah ada sejak Android Jelly Bean), yaitu dengan memantau penggunaan data, menyalakan batasan dan alarm untuk pemakaian data internet.
  6. Dilengkapi semua aplikasi buatan google
  7. Gratis update Android dan download aplikasi jika menggunakan SIM Card Telkomsel, bisa mendapatkan upgrade gratis versi terbaru Android ataupun download gratis semua aplikasi dari Google Play Store (tanpa menggunakan data internet), sampai sebesar 200MB per bulan. (Beberapa fitur membutuhkan data dan koneksi internet. Mungkin akan dikenakan biaya yang tidak disertakan)
  8. Kualitas dijamin Google - Google telah menguji Android One untuk memastikan tetap memiliki performa cepat dan responsif.
  9. Memiliki led notification. Fitur ini membantu ketika android pada mode silent.
  10. Support microSD card hingga 64 GB! . Caranya, format dengan card reader via pc komputer/laptop dengan format fat32. Jika terbaca error di android one, format langsung aja di hp.

Kekurangan Android One Evercross One X, Mito Impact A10, dan Nexian Journey 1

  1. Resolusi layar minim (hanya 480 x 854 pixels dengan kerapatan piksel 218 ppi)
  2. Baterai hanya berdaya 1700 mAh
  3. Layar bukan Gorilla Glass sehingga harus memakai pelindung layar khusus.
  4. Kamera dengan kemampuan standar (2MP dan 5 MP)
  5. Belum mendukung penginstalan aplikasi pada memori eksternal (SDCard)
  6. Belum didukung jaringan 4G LTE
  7. Terdapat kasus layar kekuningan ataupun flash kamera tidak berjalan baik (bisa diatasi)

Harga dan Bonus yang didapat Android One Evercross One X, Mito Impact A10, dan Nexian Journey 1

Ketiga smartphone android one ini mendapatkan bonus Paket Telkomsel TAU, sementara perbedaannya sebagai berikut. Harga Mito Impact A10 dan Nexian Journey 1 sama, yaitu satu juta rupiah. Bonus yang didapat pada Mito Impact adalah pelindung layar dan voucher belanja, sementara bonus yang didapat pada Nexian Journey 1 adalah SD Card eksternal sebesar 8Gb plus pelindung layar dan voucher belanja. Harga Evercross One X lebih tinggi dari 2 pesaingnya, yaitu Rp. 1.389.000 (1,4 juta rupiah), sementara bonus yang didapat pada Evercross One X adalah Smart Leather Case.

Kesimpulan Review Lengkap Android One Evercross One X, Mito Impact A10, dan Nexian Journey 1

Android one adalah versi murah nexus besutan google. Dengan harga mid end, smartphone android one, baik Evercross One X, Mito Impact A10, maupun Nexian Journey 1 layak untuk dimiliki. Jaminan mendapatkan update sampai dengan 2 tahun adalah faktor penting yang menjadi kelebihan utama Android One ini.

baca juga : Pembahasan Lengkap Android Lollipop 5.1

Demikianlah tulisan WebKeren mengenai Review Kelebihan dan Kekurangan Android One | Evercross One X, Mito Impact A10, dan Nexian Journey 1. Silakan ketik di kolom komentar kalau sobat punya pertanyaan atau pendapat. Jangan ragu juga untuk membagikan artikel ini ke media sosial melalui tombol share dibawah. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Referensi:
http://www.android.com/one

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: