8 Alasan Android Lebih Baik dari IOS

Android dan iOS adalah dua sistem operasi mobile paling populer, tapi dalam dunia teknologi yang hiper kompetitif hanya ada satu pemenang, dan tak diragukan lagi, itu adalah Android. Berikut adalah delapan alasan utama mengapa Sobat lebih baik memiliki ponsel Android daripada iPhone.
Image Credit: © AndroidPit

1. Play Store lebih besar dari Apple App Store

Pada tahun 2014, jumlah aplikasi yang tersedia untuk di download pada Apple App Store telah dikalahkan Google Play Store. Sekarang Sobat dapat men-download 1,4 juta aplikasi di Play Store, dibandingkan App Store yang hanya 1,2 juta aplikasi. Tak terbayangkan bahwa hanya dalam beberapa tahun, Android Market - yang berisi aplikasi buruk dan banyak malware- bisa dioptimalkan dan menjelma menjadi Play Store yang sangat baik hari ini.
Selisih jumlah aplikasi Google Play Store dengan Apple App Store adalah 200 ribu aplikasi!

2. Kustomisasi yang Bebas pada Android

Sementara beberapa orang cukup puas dengan homogenitas yang ditawarkan oleh iOS, mereka yang melihat ponsel sebagai cerminan diri ingin melakukan tweak besar-besaran. Perangkat Android membiarkan Sobat mengubah hampir setiap aspek dari tampilan layar, keyboard, ke launchers homescreen, bahkan untuk aplikasi email. Jika Sobat menggunakan ROM kustom CyanogenMod, Sobat dapat menanggalkan semua fitur yang tidak diperlukan yang secara pre-loaded sudah ada pada ponsel Sobat.
Android memungkinkan tweak dan kustomisasi bebas, sehingga Android adalah apa yang diinginkan pengguna, bukan bagaimana produsen menginginkannya.

3. Micro-USB Ada Dimana-mana

Kalau charger Sobat ketinggalan ataupun hilang kehabisan baterai, sobat lebih mudah meminjamnya. Karena charger dengan konektor micro usb bisa dikatakan sesuatu yang generik (digunakan oleh banyak perangkat), beda halnya dengan charger iPhone yang dirancang khusus untuk iPhone dan iPads, sehingga kemungkinan mendapatkan pinjaman charger lebih kecil.
Lebih mudah mencari pinjaman charger android ketimbang iphone

4. Android tersedia untuk semua orang

Butuh hp handal berkualitas untuk bersepeda gunung, mendaki, rafting, scuba diving atau kegiatan alam bebas lain? Ada Sony Xperia series. Butuh ponsel dengan spesifikasi high-end yang tidak penuh dengan aplikasi dan layanan Google dengan harga relatif terjangkau? ada OnePlus One. Butuh hape untuk seni fotografi ataupun cadangan kamera DSLR? ada Samsung Galaxy series. Tidak memiliki cukup banyak uang namun butuh smartphone berkualitas? ada Android One!
Android menawarkan banyak pilihan yang terbaik untuk penggunanya - sobat pasti menyukainya.

5. Tidak harus menggunakan iTunes

Meskipun Apple adalah pelopor perangkat keras dan perancangan perangkat lunak, namun iTunes - yang diperlukan untuk mentransfer musik antara iPhone dan komputer - mengerikan, sulit digunakan, tidak berorientasi pada pengguna, yang pada intinya menyulitkan pengguna. Menguninstallnya adalah mimpi buruk juga, karena Apple tidak memberikan kesempatan lain bagi pengguna untuk melakukan apapun pada iphone selain melalui iTunes.
Pengguna Android tidak perlu iTunes, dan dapat drag-and-drop lagu antara perangkat dan komputer mereka. Jika lebih menyukai sinkronisasi otomatis, banyak aplikasi tersedia yang bisa dipilih, salah satu yang terbaik adalah iSyncr.

6. Ruang Penyimpanan Besar dengan microSD

microSD Card bisa melipatgandakan kapasitas penyimpanan ponsel dengan biaya minimal, sehingga sangat heran mengapa ada perangkat android yang tidak mendukung slot microSD. Meskipun beberapa ponsel Android buruk dalam hal ini, tidak ada perangkat Apple telah pernah mendukung slot microSD.

Ini berarti bahwa satu-satunya cara untuk meng-upgrade kapasitas penyimpanan untuk iPhone adalah membeli yang baru. Untuk ponsel Android sementara itu, Sobat dapat membeli microSD berkualitas tinggi dengan harga yang murah.
MicroSD memudahkan untuk memperluas kapasitas penyimpanan telepon... kecuali pada pengguna iPhone

7. Android Menggantikan Flash Drive (USB)

Kita semakin bergantung pada cloud storage (penyimpanan awan), 'flash drive (lebih populer dengan sebutan "USB") pada gantungan kunci' sebagai aksesori penting secara perlahan juga menghilang.

Tapi saat tidak memiliki akses internet, maka flash drive adalah pilihan terbaik untuk memindahkan file dari perangkat lain. Ponsel android bisa berfungsi ganda sebagai flash drive juga, sehingga Sobat dapat selalu menemukan dokumen, musik, foto, atau data lain yang Sobat inginkan.
Ponsel Android dapat mengganti salah satu hal penting dalam hidup Sobat: (USB) flash drive!

8. Baterai Ponsel Bisa Diganti

Meskipun tidak semua baterai ponsel Android bisa dilepas, mayoritas adalah demikian. Salah satu kekurangan dari semua baterai smartphone adalah semakin menurunnya kualitas dari waktu ke waktu, sehingga mengganti baterai merupakan solusi tepat saat ia sudah semakin memburuk.
Secara teknis baterai iPhone memang bisa diganti, tetapi itu adalah operasi yang sensitif yang membuat kebanyakan orang tidak akan merasa nyaman.

Adakah kelebihan lainnya pada Android dibandingkan IOS ? Beritahu WebKeren.Net dan sobat yang lain dengan menuliskannya pada kolom komentar di bawah.

Demikian ulasan WebKeren.Net mengenai 8 Alasan Android Lebih Baik dari IOS. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Sumber: AndroidPit | WebKeren.Net

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: