Alternatif Aplikasi Android Facebook Terbaik

Alternatif Aplikasi Facebook untuk Android Gratis Terbaik | Mungkin diantara sobat ada yang sedang mencari aplikasi alternatif untuk Facebook meskipun sudah ada aplikasi Facebook resminya. Karena memang aplikasi facebook resmi cukup buruk (lamban / lemot, membutuhkan space besar, dan lainnya), meskipun sudah banyak perbaikan. Atau mungkin sobat bosan dengan tampilan ataupun fitur aplikasi facebook resmi yang itu-itu saja.

Untuk itu WebKeren.Net membuat daftar aplikasi gratis facebook untuk hp android sebagai rujukan dan perbandingan terbaru dalam memillih alternatif aplikasi facebook android yang terbaik.

Fast (client for Facebook ©)

Alternatif Aplikasi Android Facebook Terbaik
Image © Fast (client for Facebook ©) on Play Store
Fast (client for Facebook ©), yang tadinya bernama Fast for Facebook menyediakan pilihan desain tata letak, bahkan sedari awal, yaitu pada waktu sobat menyelesaikan proses instal aplikasi. Sobat juga bebas memilih ukuran tampilan antarmuka (pada dasarnya adalah jumlah status yang terlihat dalam satu ukuran layar) dan skema warna. Pengaturan yang cukup banyak ini sekilas mungkin membingungkan bagi pengguna baru, namun kelamaan setelah mencoba menggunakannya justru tampak sebagai kelebihan.

Sesuai namanya, Fast for Facebook merupakan aplikasi facebook android tercepat paling ringan dengan ukuran kecil. Aplikasi facebook seluler untuk android ini cocok bagi sobat yang masih menggunakan smartphone android dengan kapasitas terbatas, karena ukuran aplikasi ini cukup kecil (sekitar 3Mb untuk aplikasinya saja, juga bisa dipindahkan ke SD card / memori eksternal).

Aplikasi canggih ini juga menyediakan pilihan kontrol gerakan (gesture) yang baik (biasanya fitur gesture pada banyak aplikasi menyebabkan lag). Sobat bisa melihat koleksi album foto dengan mengusap layar ke kanan dengan lancar dan nyaman. Juga, mengusap ke kiri untuk melihat semua rincian biografi seseorang / halaman yang sangat berguna.

Dengan Aplikasi ini sobat juga bisa melakukan chat dengan teman facebook tanpa harus menginstall aplikasi / plug in lagi, karena sudah termasuk didalam aplikasi facebook ringan dan cepat ini. Tidak seperti aplikasi facebook resmi yang harus menginstal aplikasi facebook messenger untuk melakukan chatting.

Selain itu aplikasi ini juga hemat kuota data internet android, karena hanya akan melakukan update data ketika sobat membuka aplikasi atau dengan kata lain tidak online terus. Kabar baiknya, jika sobat ingin mendapatkan notifikasi, sobat bisa menginstall add on tambahan yang juga tersedia pada google playstore. Satu kelemahan dari aplikasi ini adalah foto sering terlihat kabur ketika melihat foto dengan resolusi tinggi.

Fast for Facebook bisa diunduh secara gratis pada playstore, namun dalam versi gratis terdapat iklan. Jika sobat ingin bebas dari iklan, bisa membeli / googling aplikasi Fast Pro for Facebook yang bebas iklan.

Seesmic (Facebook, Twitter)


Meskipun logo Seesmic berupa maskot kartun, penampilan aplikasi ini terlihat solid dan resmi. Tampilannya sederhana dan menampilkan beragam informasi yang sobat butuhkan. Aplikasi ini adalah pilihan yang baik jika sobat sedang mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk facebook dan twitter sekaligus. Ukuran aplikasi ini juga kecil, hanya butuh beberapa detik untuk menginstal dan memulai aplikasi pada perangkat hape android. Begitupun halnya dengan kecepatan dan fitur yang tersedia bisa berjalan dengan lancar pada Seesmic.

Namun begitu, tampilan yang sederhana pada seesmic menampilkan Gambar pada  posting feed berita atau dinding yang sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan jelas ketika meng-kliknya. WebKeren tidak merekomendasikan aplikasi ini untuk sobat yang memperhatikan gambar dan video baik pada profil, banner, maupun posting.

Aplikasi ini direkomendasikan untuk sobat yang tidak menyukai foto / gambar dan video berlebihan yang muncul pada dinding facebook( dan ini bertentangan dengan kebanyakan .pengguna facebook yang suka melihat gambar dan video).

Flipster for Facebook


Flipster for Facebook ini tidak jauh beda dengan aplikasi resmi Facebook untuk Android, namun beberapa fitur Facebook for Android dihilangkan untuk membuatnya menjadi jauh lebih cepat dan ringan dan memakan sedikit ram. Beberapa pengguna juga merasa kecewa karena adanya fitur yang hilang.

Ketika sobat meluncurkan aplikasi, akan masuk ke halaman news feed, yang terlihat sebagaimana mestinya (kecuali untuk gambar resolusi rendah yang biasa ditemukan aplikasi pihak ketiga, tujuan pokoknya adalah kecepatan loading yang memukau) dan halaman profil juga terlihat rapi. Namun begitu, layar dipenuhi oleh menu yang seharusnya (sebagaimana aplikasi lain) disembunyikan baru kemudian tampil ketika layar diswipe. Mungkin aplikasi ini memang didesain untuk tablet ataupun smartphone android dengan ukuran layar besar. Kelebihan aplikasi ini adalah bertema; warna bisa dipilih,dan  kecepatan loading yang baik.

Klyph for Facebook


Klyph mungkin bukan aplikasi alternatif Facebook yang paling populer, tetapi aplikasi ini memberikan antarmuka yang cukup menawan. Perbedaan utamanya dengan yang lain adalah sifat aplikasi yang open source! siapapun yang ingin melakukan pengembangan aplikasi tersebut diperbolehkan.

Pada tampilan, aplikasi ini lebih mirip dengan G+ (Google Plus) ketimbang facebook. Layar utama adalah feed berita, dengan menu di sisi kiri dan pemberitahuan diseret dari kanan. Semuanya bekerja sangat lancar, dan tulisan berjalan yang "bouncing" dari newsfeed ke layar cukup menarik, meskipun tidak benar-benar penting, sentuhan estetika. Scanning halaman Facebook dan teman-teman profil Anda juga cerdas dengan meminimalkan gambar profil "animasi," yang, sementara sulit untuk menggambarkan, adalah tambahan sederhana yang terlihat sangat keren. Itu membuat newsfeed cukup besar, dan gambar-gambar yang memakan waktu loading cukup lama akan menyusul kemudian.

Friendcaster

Friendcaster adalah alternatif aplikasi Facebook yang sangat populer. Aplikasi ini terlihat stylish, dengan tombol dan desain modern dan semua fungsi standar facebook bisa ditemukan pada aplikasi ini. Sobat bisa dengan mudah dan lancar mengusap layar untuk berpindah antara info, dinding dan foto.

Meskipun dari segi tampilan sangat mirip dengan aplikasi Facebook resmi, aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang lebih baik. Seperti misalnya filter feed berita, yang dapat digunakan untuk hanya melihat posting yang berisi link atau gambar. Namun begitu, entah kenapa saat ini aplikasi Friendcaster sudah tidak ditemukan lagi pada Google Playstore. Pada halaman resminya pun tidak ada keterangan sama sekali, dan masih terdapat link download ke google playstore yang pada kenyataannya sudah tidak ada.


Demikian artikel singkat www.WebKeren.Net. Bagaimana pendapat sobat? aplikasi pihak ketiga apa yang sobat gunakan untuk menggantikan aplikasi facebook for android? silakan tulis pada kolom komentar. Semoga artikel WebKeren.Net bisa menjadi referensi dalam memilih Aplikasi Android Alternatif Facebook Terbaik.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: