Aplikasi Android Terbaik: Pemantau Kinerja Sistem

Kalau sobat adalah Android lovers yang ingin memantau kinerja perangkat Anda secara real-time, mungkin sobat perlu melihat Aplikasi Terbaik Pemantau Kinerja Sistem Android ini. Sehingga Sobat bisa mengidentifikasi sebab koneksi WiFi bermasalah, aplikasi mana yang boros energi maupun konsumsi data, perilaku CPU yang tidak teratur atau proses latar belakang yang menyedot data dan membuat baterai menjadi boros sehingga smartphone atau tablet android cepat panas.

Aplikasi Android Terbaik: Pemantau Kinerja Sistem
Aplikasi Android Terbaik: Pemantau Kinerja Sistem 

Berikut ini adalah daftar Aplikasi Pemantau Kinerja Sistem Terbaik untuk Android dari Androidpit yang sudah WebKeren.Net susun.

Network Monitor Mini: Widget Mini yang Hebat di Home Screen

Network Monitor Mini adalah monitor jaringan yang kecil yang menampilkan semua informasi aliran data yang sobat butuhkan. Aplikasi ini memungkinkan sobat untuk mengetahui kecepatan upload dan download jaringan secara real time dengan tampilan yang mengambang di atas apa pun yang ada pada layar. Ini memungkinkan sobat mengawasi website yang menyedot data dengan broros, dan bagaimana, secara real time. Informasi yang dapat ditempatkan dimanapun yang sobat suka pada layar dan juga dapat mengatur font, warna, pilihan "tap through" ketimbang membuka aplikasi, transparansi dan banyak lagi.

System Monitor: Informasi sistem real-time

Tua tapi tetap baik, mungkin bukan aplikasi yang terbaik tetapi mencakup semua dasar dengan baik. System Monitor belum diperbarui untuk sementara waktu, yang terihat dari tampilannya yang usang, tetapi masih bekerja dengan baik. Sobat dapat mengatur widget (yang bisa diatur ukurannya) untuk menampilkan bagaimana sumber daya sistem Android sedang digunakan secara real time, termasuk beban CPU saat ini, baterai, dan memory (baik RAM dan SD). Ada fitur pengaturan task manager juga. Jika sobat ingin merasa seperti sedang duduk di panel rekayasa Android HQ, ini adalah salah satu aplikasi terbaik yang Anda butuhkan untuk memantau kinerja sistem Android.

TinyCore: widget minimalis dengan informasi yang diperlukan

Kalau layar penuh dengan widget monitoring sistem, justru tidak sedap dipandang. TinyCore menyediakan widget minimalis dengan estetika yang baik. Jadi minimal yang Anda bahkan tidak akan tahu itu ada kecuali jika Anda sedang mencari untuk itu. TinyCore adalah aplikasi sistem monitor yang menambahkan garis kecil di atas jam di bar sistem Anda untuk menampilkan data visual sekilas RAM Anda saat ini atau penggunaan CPU. Pada versi Pro sobat juga dapat menambahkan frekuensi CPU ke layar.

Disk usage: informasi dibuat sederhana


Jika angka, grafik atau garis sederhana terlalu rumit untuk Anda, lalu bagaimana grafik dengan penampilan besar yang menunjukkan berapa banyak memori file atau direktori tertentu dengan seberapa besar file itu di layar? Kedengarannya sempurna. Nah itulah yang Disk Usage lakukan: memungkinkan sobat memantau apa yang menghabiskan paling banyak space memori lokal atau eksternal dengan menunjukkan Anda secara proporsional dengan ukuran blok di layar. Tidak ada interpretasi data yang dibutuhkan di sini. Ini bagus jika sobat ingin mengidentifikasi file besar dan membesarkan memori baik internal maupun eksternal pada Micro SD Card.

CPU Temperature: seberapa panas smartphone sobat?

CPU Temperature menunjukkan Info suhu, grafik kemajuan dan bahkan sistem bar overlay. Mengingat frekuensi penggunaan baterai, CPU bekerja keras dan overheating pun terjadi. Mengetahui kisaran normal pada perangkat juga memungkinkan sobat mengetahui persis kapan hal-hal yang tidak normal. Bukan berarti telapak tangan bukan termometer yang sangat baik, tapi Suhu CPU akan bisa memonitor suhu CPU dan clock speed, suhu baterai dan tingkat pengisian sekaligus, serta menampilkan grafik keren sehingga sobat dapat melihat perubahannya dari waktu ke waktu. Sobat juga bisa menempatkan overlay di status bar Anda sehingga Anda selalu tahu kapan hape android berkerja keras sehingga menyebabkan panas dan kapan tidak.

Bonus: Pemantau kerja sistem android bawaan

Sistem Android juga dapat memberitahu banyak tentang dirinya sendiri. Sistem Android sebenarnya memiliki beberapa built-in pilihan untuk menjaga tab pada proses yang berjalan juga. Proses Statistik dapat diakses melalui menu Developer Options di Settings. Jika sobat belum mengaktifkan menu ini, masuk ke Settings> About Phone dan tekan Nomor Build berulang kali sampai pemberitahuan muncul. Opsi Developer akan muncul di bagian bawah menu Settings. Proses Statistik akan memberitahu berapa persen aplikasi yang berjalan serta penggunaan RAM rata-rata dan maksimum. Sobat juga akan mendapatkan daftar proses yang berjalan saat ini dan kemampuan untuk menghentikan paksa aplikasi tersebut.

Demikian juga, periksa bagian baterai. Tap pada aplikasi dan layanan yang tercantum akan menunjukkan rincian dari pengisap baterai terbesar, proses apa yang berjalan, berapa banyak baterai digunakan, statistik bangun dari sleep, mobile data dan WiFi yang dikirim dan diterima dan banyak lagi. Juga, periksa bagian aplikasi Anda dan geser ke tab Running, ini adalah di mana Anda dapat mempelajari aplikasi selalu berjalan pada sistem Anda untuk alasan yang baik (seperti WhatsApp atau Google Play) dan yang seharusnya tidak berjalan (game yang tidak dimainkan atau musik yang tidak digunakan).

Bagaimana menurut sobat? Apa yang menjadi aplikasi terbaik untuk kinerja sistem pemantauan di Android? Apakah terdapat pada list ini ataukah ada yang lain? silakan ketik pada kolom komentar untuk berbagi dengan WebKeren.Net dan sobat lainnya.

Demikian Ulasan WebKeren.Net mengenai Aplikasi Android Terbaik: Pemantau Kinerja Sistem. Silakan bagikan artikel ini ke media sosial agar yang lain juga mengetahuinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: