Aplikasi Android Terbaik untuk Pelajar, Mahasiswa, Guru, Dosen, dan Peneliti

Aplikasi Android Terbaik untuk Pelajar dan Mahasiswa | Tablet atau smartphone android yang sobat bawa ke sekolah atau kampus bukan hanya untuk berbagi foto di Instagram, update status di Facebook atau juga update perkembangan terkini melalui Twitter. Perangkat ini juga dapat menjadi mitra belajar yang besar.

Apakah sobat sedang mencari untuk membuat catatan yang lebih baik dan melakukan sinkronisasi secara online (cloud storage) atau sedang mencoba untuk memecahkan masalah matematika? Aplikasi yang tepat tentunya dapat membantu sobat mengerjakan semuanya dan lebih baik kedepannya. Aplikasi lain membuatnya lebih mudah untuk menjejalkan untuk tes dengan kartu flash digital atau panduan belajar bersama.

WebKeren.Net telah menyusun daftar aplikasi smartphone android yang sangat berguna untuk membantu kegiatan belajar-mengajar di kelas ataupun belajar mandiri di rumah untuk siswa dan mahasiswa. Kalau sobat adalah pelajar / mahasiswa yang keren, pasti sudah mengenal aplikasi-aplikasi tersebut. Berikut adalah Aplikasi Android Terbaik untuk Pelajar, Mahasiswa, Guru, Dosen, dan Peneliti yang sangat membantu baik di dalam ataupun di luar kelas.

1. Evernote

Aplikasi Android Terbaik untuk Pelajar dan Mahasiswa
Image credit © Evernote Google Play Store
Evernote membantu sobat mempersiapkan diri untuk kuis yang akan datang dengan bakat. Aplikasi ini dirancang dengan baik untuk dapat membuat catatan - apakah menulis, berbicara, mengambil foto, kliping halaman web, atau mengetik- dan dengan cepat mengubahnya menjadi catatan penelitian. Sobat juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat to do list (hal yang akan dilakukan).

Evernote, tersedia untuk iOS , Android , Windows Phone dan Blackberry . Sobat tidak hanya dapat klip halaman web, berbagi, dan sinkronkan semua catatan Anda, Anda juga dapat menyimpan catatan penelitian tentang topik di berbagai sumber di satu lokasi.

2. Pocket (Gratis)

Aplikasi ini bisa disebut sebagai sahabat seorang peneliti, dan itu tidak sederhana. Pocket memungkinkan sobat menyimpan artikel untuk dibaca kemudian waktu.

Dengan cara itu sobat tidak perlu berhenti mengumpulkan bahan ketika sedang mencari sesuatu yang lain. Setiap kali ingin menyimpan sebuah artikel, tinggal klik "Pocket", yang akan menyimpan artikel di awan. Sobat kemudian dapat mengaksesnya secara online melalui smartphone, tablet atau laptop.


3. Google Drive

WebKeren mungkin tidak perlu memberitahu sobat untuk menggunakan Google Docs dan Drive, tapi akan tetap melakukannya. Aplikasi ini adalah yang terbaik dan termudah untuk menyimpan surat-surat, catatan, dan hal lain yang aman di awan / Cloud.

Sobat dapat mengakses file di mana saja, dengan mudah berbagi dengan mitra kelompok atau profesor, dan berkolaborasi pada proyek-proyek. Banyak orang berpikir Microsoft Office merupakan suatu keharusan bagi seorang mahasiswa dan dosen, tapi Google Docs lebih dari itu.

4. Dropbox

Tak bisa dielakkan dropbox adalah aplikasi terbaik yang menjaga sobat dari kerumitan transfer file yang melelahkan dari perangkat ke perangkat dan jug merupakan aplikasi cloud storage (penyimpanan awan) terbaik ddalam sinkronisasi data.

Dropbox pada smartphone android sangat membantu untuk menjaga dokumen, foto dan video dalam satu tempat yang mudah diakses. Sobat juga dapat menggunakan foto yang diambil pada ponsel dalam laporan atau slideshow tanpa harus mengirim email kepada diri sendiri terlebih dahulu. Pertama kali pengguna Dropbox mendapatkan 2GB penyimpanan gratis, tapi sobat dapat menambahkan 500MB lebih untuk setiap teman yang direkomendasikan. Aplikasi ini sekarang tersedia untuk pengguna Windows Phone, Android , iOS dan BlackBerry.

5. Studious (Gratis)

Sobat yang mempunyai banyak mata kuliah pasti akan menyukai Studious. Aplikasi ini akan mengingatkan ketika pekerjaan rumah dan tes jatuh tempo. Bahkan membungkam (silent) ponsel sobat selama kuliah dan kelas.

Cukup masukkan informasi kelas seperti tanggal, waktu, lokasi dan nama profesor dan rajin mengupdatenya. Sobat juga dapat menyimpan catatan dan foto dan berwarna-warni. Aplikasi ini juga menggunakan antarmuka yang menarik dan mudah digunakan.

6. Math Alarm Clock ($1.99)

Setelah malam yang panjang sehabis mengerjakan tugas, godaan untuk menekan tombol snooze pada alarm di pagi hari terlalu memikat. Tetapi bagaimana jika Alarmnya tidak memiliki tombol tunda? Bagaimana jika sobat diminta untuk menggunakan otak untuk menghentikan alarm? Math Alarm Clock akan meminta Anda untuk melakukan hal itu.

Ketika alarm Anda berbunyi, ia akan terus berbunyi sampai sobat menyelesaikan sejumlah masalah matematika yang sobat tetapkan. Jika salah satu, itu menambah jumlah soal yang harus diselesaikan. Tak tahu apakah ini lebih baik daripada kopi, tapi itu akan membuat sobat bergerak dari posisi tidur.

7. Wolfram Alpha ($ 2,99)

Matematika bisa luar biasa, dan Wolfram Alpha di sini untuk membantu. Alih-alih membawa rumus lembar dan catatan, aplikasi ini menawarkan solusi untuk matematika atau semua masalah yang berhubungan dengan nomor dalam saku.

Wolfram Alpha adalah alat belajar yang besar karena sobat mendapatkan rincian rumus, representasi grafis dan langkah-demi-langkah penjelasan metode untuk memecahkan. Sobat mungkin tergoda untuk menggantikan Wolfram Alpha untuk guru, namun sebaiknya memperhatikan pelajaran di kelas dan kemudian mengacu pada aplikasi sebagai cadangan. Aplikasi ini tersedia untuk iOS , Android , Nook dan Kindle Fire.

8. Mathway (Gratis)

Mathway mungkin bisa menyelesaikan PR Matematika sobat.

Jika sobat terjebak pada masalah dan ingin melihat apakah solusi setengah matang yang sobat pikirkan mengarah ke jawaban yang benar, cukup masukkan masalah Anda dalam aplikasi dan memeriksa apakah solusi sobat cocok.

Jika sobat benar-benar malas, Anda dapat membayar untuk langkah-demi-langkah solusi dan membiarkan aplikasi membimbing sobat. Ini jauh lebih murah daripada menyewa seorang tutor, dan lebih nyaman.

9. RealCalc Scientific Calculator

Sobat mungkin sudah memiliki kalkulator ilmiah, dan itu bagus. Namun karena ukurannya dan juga mungkin karena lupa, seringkali kalkulator tersebut tertinggal di rumah, ataupun lupa dimana menaruhnya dan akhirnya tidak dapat diketemukan.

Aplikasi RealCalc dapat meggantikan, atau bahkan menyingkirkan kalkulator "antik". Aplikasi ini bisa mengerjakan soal matematika dasar (perkalian, pembagian, tam, kurang, dan sebagainya), juga soal matematika tingkat lanjut (persamaan ilmiah) secara tepat melalui perangkat android.

10. StudyBlue Flashcards & Quizzes (Gratis)

Ketika sobat ingin mempersiapkan ujian, cara yang paling efektif adalah sering menggunakan flashcards untuk menguji diri sendiri. Tapi dengan cara konvensional akan menghabiskan banyak waktu untuk membuatnya, dan menyisakan limbah setelah selesai. Sobat bisa install aplikasi ini pada smartphone android.

Aplikasi ini memungkinkan penggunaan teks, gambar dan audio untuk membuat flashcards dan menguji diri sendiri. Aplikasi ini akan melacak kemajuan sobat dan membantu fokus pada soal yang lebih rumit.

Tidak punya waktu atau keinginan untuk membuat flashcards sendiri? Aplikasi ini membantu Anda menemukan flashcards secara online dan catatan yang dibuat oleh pengguna lainnya. Sobat juga dapat mengatur peringatan untuk mengingatkan ketika saatnya untuk belajar.

11. EasyBib (Gratis)

Aplikasi ini lebih tepat untuk mahasiswa, meski juga cocok bagi siswa pintar yang rajin menulis essay ataupun karya ilmiah.

Ketika sobat telah menyelesaikan esai, sobat akan sampai pada bagian yang terkadang membuat frustasi - membuat daftar kutipan yang sesuai dengan format APA ataupun MLA.

Dengan EasyBib, sobat tinggal mengambil gambar (foto) barcode buku atau dengan cara mencari judul atau penulis. Hasilnya berupa kutipan akurat dengan format MLA, APA ataupun Chicago yang dapat di-copy dan paste ke sumber rujukan atau daftar pustaka.

12. Dictionary.com (Gratis)

Ketika sobat akan membaca banyak buku baru di sekolah / kampus, banyak dari mereka menantang, dan kadang-kadang Anda akan memerlukan bantuan untuk memahami beberapa kata-kata besar yang susah dimengerti.

Aplikasi Dictionary.com yang tersedia untuk iOS , Android , Windows Phone , Blackberry , Kindle Fire dan Nook membuat tugas yang lebih mudah dengan fitur pencarian suara.Namun sayangnya aplikasi ini hanya menyediakan penjelasan kata dalam bahasa inggris saja.

13. Language Apps

Language Apps akan membantu kamu dalam mempelajari bahasa asing yang sulit. Belajar bahasa baru memang sangat sulit, karena bahasa terdiri dari makna kata, tensis, pelafalan, struktur kalimat, dan sebagainya. Aplikasi ini akan sangat membantu sobat untuk dapat belajar bahasa asing dengan mudah.

14. Digg (Gratis)

Menjaga agar selalu update dengan berita cukup sulit. Selalu ada cerita lain untuk membaca atau sesuatu untuk dilewatkan. Digg adalah cara yang bagus untuk tetap update berita.

Digg memiliki awak redaksi yang menyediakan banyak cerita terbaik dan video di internet. Pada hari-hari biasa, Anda mungkin menemukan paparan politik, cerita ilmiah, parodi populer dan banyak lagi. Staf selalu membuat hal-hal yang menarik dengan gurauan mereka sendiri, tendangan, dan berpaling dari frase. Tidak peduli di mana Anda berada, Anda dapat mengharapkan untuk menemukan sesuatu yang menarik untuk dibaca.

15. Chegg Homework Help|Rent Books

Buku teks merupakan biaya sekolah / kuliah yang mahal dan menjengkelkan. Bahkan terkadang mata kuliah tertentu membutuhkan buku-buku yang tidak pernah digunakan kembali.

Jika sobat menempuh pendidikan pada sekolah / kampus internasional, situs web Chegg yang notabene cukup besar bisa menjadi salah satu pertimbangan ketika akan menyewa dan membeli buku-buku yang murah. Selain itu, sobat juga bisa melihat preview lebih dari 2,5 juta buku. Hebatnya, sobat juga mendapatkan akses gratis eTextbooks selama 7 hari jika menyewa ataupun membelu buku.

Demikian artikel singkat WebKeren.Net. Sekolah, kuliah, mengajar, ataupun meneliti adalah waktu yang tepat untuk memperbannyak teman baru, banyak bersenang-senang, dan tentu saja belajar. Bagaimana pendapat sobat? silakan tulis pada kolom komentar. Semoga artikel WebKeren.Net bisa menjadi referensi dalam memilih Aplikasi Android Terbaik untuk Pelajar, Mahasiswa, Guru, Dosen, dan Peneliti

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: