12 Aplikasi Chatting (Instant Messenger) Android Terbaik

Artikel ini bukan hanya tentang WhatsApp (WA) dan Blackberry Messenger (BBM)! Sobat pasti juga tahu, meskipun whatsapp merupakan aplikasi lintas platform yang mendominasi sekarang ini, masih banyak aplikasi chat (instant messenger) android !
Aplikasi Chatting (Instant Messenger) Android Terbaik 2016
Aplikasi Chatting Android Terbaik 2016
WebKeren.Net akan mengulas dua belas aplikasi chatting terbaik untuk Android yang telah dikompilasi dari Androidpit dan sumber lainnya sebagai pertimbangan sobat dalam memilih mana yang sesuai dengan selera pribadi dan kebutuhan. Berikut adalah aplikasi chat Android terbaik 2016.

1. WhatsApp: karena setiap orang memilikinya

Ini bukan semua tentang WhatsApp (WA)., tapi WhatsApp memang bagian besar dari itu. Meskipun tidak memiliki konten yang kaya fitur jika dibandingkan dengan banyak aplikasi lain dalam daftar ini, WhatsApp tidak terkalahkan untuk kesederhanaan, kehandalan, dan banyaknya kontak menggunakannya. Kemungkinannya adalah, jika sobat tahu seseorang memiliki smartphone, yakinlah mereka punya WhatsApp.

Data kontak WhatsApp menggunakan data nomor telepon kontak yang ada pada hape, sehingga sobat tidak perlu menambah kontak secara manual. Sobat dapat mengirim pesan tertulis, stiker, emojis dan media, serta pesan broadcast dan kelompok.

Pada update terbaru, WhatsApp juga menambahkan fitur panggilan gratis (WhatsApp Call) ke kontak. Ini adalah tambahan yang sangat baik dan berarti sobat tidak perlu menukar aplikasi ketika pesan instan tidak lagi cukup.

2. Messenger: karena setiap orang memiliki Facebook

Aplikasi pesan instan resmi Facebook sekarang ini dikembangkan untuk menyediakan aplikasi yang lebih cepat, lebih jelas dan tampilan yang sederhana. Ini jauh seperti WhatsApp (seperti sebagian besar aplikasi pada daftar ini), tapi Messenger  langsung menghubungkan ke semua kontak Facebook, sehingga salah satu aplikasi messaging yang paling nyaman jika tidak ada yang lain.

Selain itu sobat juga dapat mengirim pesan ke teman non-Facebook dengan menggunakan nomor telepon mereka. Messenger memungkinkan untuk mengakses semua pesan Facebook tanpa menggunakan aplikasi utama atau situs. Aplikasi ini juga punya stiker dan emojis, kelompok, rekaman suara, data lokasi, panggilan gratis, berbagi foto dan banyak lagi.

3. BBM: untuk yang penting

Setelah menunggu cukup lama, layanan BlackBerry Mesenger (BBM) akhirnya berhasil sampai ke platform Android tahun lalu. BBM tidak seperti aplikasi Andoid yang lain dalam daftar ini, karena ia memang sudah menonjol sebelum masuk ke Playstore.

Meski begitu, BBM juga menawarkan fitur yang sangat keren: selalu online (tidak perlu membuka aplikasi untuk menggunakannya), timed message (pesan yang bisa diatur waktu untuk membukanya), 2-way opt-in (Orang bisa mengirim pesan ke sobat hanya jika sobat menerima undangan untuk menjadi kontak) pelaporan pengiriman, grup BBM, emoticon, pesan dan banyak lagi. Salah satu fitur menonjol BBM adalah kemampuannya untuk menjadwalkan pesan.. Fitur add kontak yang dulunya hanya melalui pin, sekarang ini diperluas untuk siapa saja yang memiliki nomor telepon sobat, membuat aplikasi ini semakin menarik.

4. Hangouts: karena itu Google 

Google saat ini telah mengatur Hangouts sebagai aplikasi pesan standar di Android 4.4 KitKat, yang membuatnya memiliki lebih banyak pengguna. Hangouts adalah aplikasi gabungan antara SMS dan IM, yang memisahkan dua jenis pesan, tetapi juga dapat digunakan untuk secara otomatis menempatkan panggilan suara dan video dari telepon melalui Hangouts.

Karena menangani baik SMS dan IM, Hangouts telah memperkecil jumlah aplikasi yang sobat butuhkan, dan video panggilan kualitas ini bisa dibilang lebih baik dari Skype. Selain itu, Hangouts terintegrasi dengan Google+ dalam banyak cara yang sama bahwa Facebook Messenger berinteraksi dengan Facebook, yang berarti kontak ditambahkan melalui jaringan sosial dan dapat mengirim pesan dalam aplikasi terpisah. Kalau sobat adalah tipe orang yang menjaga privasi pribadi, hati-hati untuk menambahkan seseorang pada Google+.

5. Skype: untuk panggilan video 

Sebagai pionir panggilan video, Skype masih handal sampai sekarang, dan mungkin untuk selamanya. Aplikasi besutan microsoft ini terutama digunakan untuk panggilan baik video maupun suara, tetapi komponen IM juga berguna.

Skype memerlukan Skype ID, jadi Sobat hanya akan dapat menambah teman jika mengetahui nama kontak Skype mereka. Tetapi sekali melakukannya, dan pada dasarnya semua orang di Skype juga, sobat dapat melakukan chatting video kapan saja secara gratis. Sobat juga dapat menambahkan kredit Skype dan membuat panggilan internasional murah untuk melakukan panggilan ke telepon rumah dan ponsel.

Bagian obrolan menawarkan grup chat, berbagi media, emojis dan banyak lagi. Plus dapat memiliki satu akun pada beberapa perangkat (sesuatu yang tidak ditawarkan WhatsApp).

6. Line: Skype versi anak muda 

Popularitas Line semakin meningkat dari waktu ke waktu. Fitur video calling sekarang sepenuhnya mirip dengan Skype, namun versi anak muda. Aplikasi ini dikemas penuh dengan stiker dan hal-hal lain yang menyenangkan, dan sangat populer di sebagian besar Asia. Line juga dilengkapi fitur chatting kelompok, kemampuan multi-platform (telepon, tablet, PC), waktu, pesan suara yang direkam, berbagi media dan masih banyak lagi, termasuk pesan dari akun resmi selebriti yang sobat suka. Ini membuat Line menjadi semacam penggabungan antara Twitter, Facebook dan Skype.

7. Wechat: untuk menambah jaringan disekitar

Sejak diluncurkan tahun 2012, aplikasi dari China ini mengklaim memiliki lebih dari 468 juta pengguna. WeChat memang pioner fitur pencarian teman disekitar lokasi pengguna, yang kemudian dikembangkan dengan Friend Radar, dan pada perkembangannya banyak ditiru oleh aplikasi lainnya. Karena fitur tersebut WeChat banyak disebut-sebut sebagai aplikasi android terbaik untuk mencari jodoh.

Kelebihan lain wechat adalah kemampuannya untuk membuat grup chat dengan anggota terbanyak, yaitu 500 anggota. Meskipun begitu, terkadang ketika anggota terlalu banyak pesan akan lambat.

8. Razer Comms: untuk gamer

Meskipun Razer Comms adalah aplikasi chat yang fantastis dalam dirinya sendiri, itu pertama dan terutama dikenal karena popularitasnya di komunitas game. Dengan versi PC yang menyertainya juga, Razer Comms memungkinkan percakapan grup, VoIP chatting gratis, dan itu membuatnya cepat dan mudah untuk terhubung dengan gamer lain di seluruh dunia. Selayaknya Xfire pada era smartphone.

9. Kik - untuk bersenang-senang

"185 juta orang menyukai Kik!" Ungkapnya pada deskripsi Play Store, membuktikan ada lebih dari sekedar pesan WhatsApp. Kik sedikit lebih menyenangkan daripada orang-orang seperti WhatsApp, dengan warna yang lebih dan stiker pilihan. Kik juga dilengkapi browser built-in, untuk membuat berbagi video dan gambar antara teman-teman lebih sederhana. Pertumbuhannya juga cepat dan ramah dengan pengguna.

10.Tango: untuk jaringan 

Tango tidak sama seperti yang lain: instant messaging, berbagi media, stiker, grup chat, video calling, group chat dll, tetapi juga memiliki banyak fitur tambahan. Tango baru-baru ini mengalami perombakan total dan sekarang dilengkapi feed berita dan bahkan saluran berita khusus untuk sobat ikuti.

Tango akan secara otomatis mencari teman berdasarkan daftar kontak, tetapi mereka harus menggunakan layanan ini (atau sobat dapat mengundang mereka). Selain itu, Tango dapat digunakan untuk melakukan panggilan, menemukan teman baru di sekitar yang menggunakan Tango, yang menambahkan jaringan sedikit lebih sosial untuk campuran dari beberapa penyedia lain. Games mini juga membuat Tango menonjol dari yang lain.

11. Viber: untuk penggemar stiker

Viber benar-benar mendorong pasar stiker, dimana sobat bisa mendapatkan banyak stiker gratis dan berbayar, tetapi bisnis inti Viber adalah pesan instan. Sobat dapat juga mengirim pesan suara yang direkam seperti WhatsApp (tetapi tidak panggilan video seperti Skype) dan sobat sekarang memiliki pilihan untuk memanggil nomor telepon di mana saja dengan Viber Out - seperti menambahkan kredit Skype untuk melakukan panggilan terhadap orang-orang tidak menggunakan aplikasi ini.

12. KakaoTalk

Aplikasi asal Korea Selatan ini meskipun sepengalaman WebKeren.Net tidak pernah menonjol dan juga masih sedikit orang yang menginstalnya (dan juga aktif), tetap perlu diperhitungkan. Dengan banyak memasang iklan diberagam iklan di saluran TV Indonesia, mungkin saja ada teman sobat yang menggunakannya, atau mungkin juga bisa menambah jaringan pertemanan. Fitur Kakao Talk antara ain adalah panggilan suara gratis, sms gratis, video call gratis, chating, berbagi file, dan lainnya.

Namun seperti telah diungkap, meski sudah mencapai lebih dari 80 juta pengguna, namun di Indonesia sendiri penggunanya masih sangat rendah!

Apa yang sobat pilih sebagai aplikasi chatting android yang terbaik? Atau mungkin sobat memiliki aplikasi lain diluar daftar ini? silakan ketik pada kolom komentar!

Jangan malu-malu membagikan artikel ini ke media sosial sobat. Demikian artikel WebKeren.Net mengenai Aplikasi Chatting (Instant Messenger) Android Terbaik 2016, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: