Aplikasi Office Terbaik untuk Android

Aplikasi Office Terbaik untuk Android – Pada era digital ini semua tulisan dibuat melalui aplikasi office, ya semuanya! bukan hanya untuk pekerjaan di kantor, tapi juga menulis surat, tugas sekolah, kampus, laporan RT, susunan kegiatan organisasi pemuda, dan bahkan catatan belanja!

Ini dimulai sejak maraknya smartphone (terutama android) di masyarakat, yang membuat urusan ketik-mengetik berubah drastis ke teknologi digital. Dengan ponsel android, membaca dan mengedit dokumen tidak lagi harus terikat pada kotak PC tua yang boros energi. Dimanapun, kapanpun, dan pada situasi apapun manusia modern bisa membuat dokumen dalam bentuk digital.

Aplikasi Office Terbaik Android: Membuat dan Mengedit Dokumen

Aplikasi Office Terbaik untuk Android
Aplikasi Office Terbaik untuk Android © WebKeren.Net
Salah satu hal yang kita miliki begitu banyak dalam hidup kita adalah dokumen! Cara yang baik untuk mengurangi gundukan kertas adalah dengan melakukannya secara online! Berkat aplikasi mobile, kini sobat dapat melakukan ini dengan smartphone: membuat, mengedit, komentar dan membuka semua jenis dokumen belum pernah lebih mudah. Meskipun fitur editing sangat minim, fungsi dasar edit dan membuat dokumen tersedia.

Ada begitu banyak aplikasi office di Play Store (baik berbayar maupun gratis), berikut ini aplikasi office android yang menurut WebKeren.Net adalah yang terbaik dari segi fungsi, produktivitas dan pengalaman pengguna.

1. Polaris Office + PDF

Tak bisa disangkal, sebagai aplikasi office bawaan di banyak vendor hp android (seperti misalnya Samsung dan LG), Polaris bisa dikatakan adalah aplikasi office android terbaik dengan fitur yang sangat lengkap. Tidak hanya mendukung dokumen Microsoft office, aplikasi office ini juga mendukung Apple pages, Numbers dan Keynote.

Pada masa lalu, polaris office yang beredar di Play Store hanya bisa mengedit dokumen dan menyimpannya pada coud storage, namun tidak sekarang ini. Sobat bisa menyimpan dokumen yang dibuat atau diedit melalui Polaris office pada memori smartphone untuk akses offline maupun pada cloud storage untuk akses online. Sehingga Sobat bisa membuka dan mengedit dokumen pada situasi apapun. Polaris Office mendukung layanan cloud seperti One Drive, Google Drive, Box, uCloud, Dropbox, dan WebDav Cloud.

Kelebihannya adalah penggunaannya yang sangat mudah, dan terdapat fasilitas reflow text yang memudahkan kita membaca dokumen dengan membesarkan huruf pada layar smartphone yang kecil. Terutama dengan aplikasi ini sobat bisa mengedit header, footer,endnote, dan footnote (yang jarang dijumpai pada aplikasi lain). Selain itu, aplikasi ini juga mendukung / kompatible dengan chromecast.

Sementara jika sobat memutuskan untuk membeli lisensi premium, sobat akan mendapatkan beberapa fitur tambahan. Seperti mengekspor dokumen, spreadsheet, presentasi powerpoint dan lainnya sebagai PDF; Fitur pencarian yang lebih menyeluruh!, melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu didalam dokumen yang tersimpan, hasil pencarian kata kunci juga akan menampilkan kecocokan kata kunci dalam dokumen, spreadsheet, presentasi, PDF, dan banyak lagi!; Peningkatan opsi keamanan, melindungi aplikasi dengan password ; dan peningkatan penyimpanan hingga 100GB. Jika sobat tertarik untuk mencoba, bisa download Gratis Polaris Office + PDF di Google Play Store

2. OfficeSuite 8 + PDF Converter

Seperti halnya Polaris Office, aplikasi ini juga banyak menjadi aplikasi preloaded oleh produsen seperti Sony, Amazon, Acer, Alcatel, Toshiba, Sharp, YotaPhone, Archos, Polaroid, Kyocera dan Kobo Selain itu, Aplikasi ini juga mendapatkan perhargaan oleh editor Google Play, PCMag, dan InfoWorlds sebagai pilihan terbaik aplikasi office android.

Terdapat versi gratis dan berbayar ($14.99 atau sekitar Rp 145 ribu) pada aplikasi ini. Fitur yang ditawarkan adalah membuka dokumen, mengedit, membuat dokumen baru, mencetak dokumen, dan sharing dokumen Microsoft Office (Word, Excel, dan PowerPoint). Selain itu aplikasi ini dapat juga mendukung pemberian pasword (security) dan editing (termasuk digital signatures), permissions management, pada PDF, dan text to PDF, serta anotasi.

Versi berbayar juga mendukung PDF camera scanning dan Export ke PDF. Serta fitur file browser yang terintegrasi untuk memudahkan akses terhadap file lokal (Recent files, My Documents folders and document templates) maupun share via layanan cloud seperti Box, DropBox, Google Drive, OneDrive, Amazon Cloud Drive and SugarSync, as well as over email, Bluetooth, and Wi-Fi Direct.

Aplikasi ini mendapatkan fungsi tambahan pada aplikasi berbayar, untuk mendukung formats file RTF, TXT, LOG, CSV, EML, ZIP; Open Office - ODT, ODS and ODP. Selain itu juga fitur seperti membuka file yang dipassword, Convert PDF ke Word, Excel, atau ePub - Kolaborasi file, QuickPDF Scanner - (memindai dokumen dan gambar dengan mudah menggunakan kamera - MobiSystems Profesional - prediksi cepat keyboard, Microsoft Compatibility Pack Font, dan cek ejaan.

Download OfficeSuite 8 + PDF Converter atau OfficeSuite 8 (Gratis) atau versi Pro di Google Play Store seharga Rp. 129.700.

3. WPS Office + PDF (Kingsoft Office)

Mungkin sobat sudah familiar dengan aplikasi office android teringan ini. Aplikasi ini memang populer dengan jumlah pengguna yang cukup banyak dan rating yang tinggi. Fturnya cukup lengkap, bisa untuk membuka dan mengedit berbagai jenis dokumen (dengan ekstensi DOC, DOCX, TXT, XLS, XLSX, PPT, PPTX) serta membaca file PDF. Sehingga wajar jika disebut-sebut sebagai aplikasi office terbaik oleh CNET, USA Today , PC World, Gizmodo, dan Economic Times.

Kelebihannya adalah, WPS Office mendukung layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, One Drive dan Box. Fungsi biasa seperti pilih, copy, cut and paste yang cepat diakses dengan tap ganda pada teks dan mudah digunakan dan cepat. Kingsoft Office dapat digunakan cukup nyaman dan, setidaknya, akan menghemat berat laptop. Sobat dapat mencari dokumen untuk konten, membuat spell check atau mengubah font. Selain itu, meskipun gratis, tidak ada iklan dalam aplikasi ini.

Namun, kekurangannya adalah, pada aplikasi ini sobat tidak dapat memilih ukuran font yang berbeda, hanya dapat memperbesar atau memperkecil ukuran teks. Selain itu fungsi Formula dalam tabel juga terbatas dan tidak ada dukungan untuk OpenOffice dan LibreOffice.

Sobat bisa downoad gratis Aplikasi Office Terbaik untuk Android - WPS Office + PDF di Google Play Store.

4. Docs To Go™ Free Office Suite

Sobat bisa di download versi gratis Docs to Go di Play Store, yang menyediakan dasar-dasar untuk seluruh fungsi aplikasi office. Aplikasi ini cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan office di android, karena sejak versi v4.0, fitur editing sudah tersedia secara gratis! yang membuat sobat leluasa untuk membaca, mengedit dan membuat dokumen. Desain tampilan pun sudah modern, termasuk file explorer yang smooth dan akses mudah ke editing.

Namun begitu, untuk mendapatkan fungsionalitas penuh, sobat harus terlebih dahulu membeli dan men-download "Full Version Key". Pada versi berbayar, aplikasi terbebas dari iklan dan bisa mendapatkan beberapa fitur diantaranya, pilihan yang lebih banyak pada halaman utama (file baru-baru ini, file lokal, berkas desktop, file favorit dan lainnya), membuka file dengan format open office dan dukungan layanan Cloud (Melihat, mengedit, menyimpan, dan sinkronisasi) dengan Dropbox, Box, SkyDrive / OneDrive, dan Google Drive (Google Docs).

Docs to Go membuat semuanya bekerja secara efektif dan mudah, tetapi tidak sempurna jika digunakan untuk sebuah dokumen yang kompleks dan ada beberapa masalah ketika menggunakannya untuk presentasi dengan proyektor, pada versi berbayar sekalipun. Selain itu juga, pendaftaran untuk Google Docs dengan verifikasi dua langkah tidak tersedia. Sobat bisa download aplikasi ini di Google Play Store; versi Gratis dan berbayar (Docs To Go Premium Key™)

5. Smart Office 2

Meskipun tidak sepopuler aplikasi lainnya, Smart Office 2 perlu dipertimbangkan sebagai aplikasi office di android sobat. Karena aplikasi ini menawarkan fitur edit, cetak, dan share dokumen Microsoft Office, gambar, teks, dan juga PDF. Sobat juga bisa mengubah dokumen menjadi format PDF dan mengirimkannya lewat e-mail atau memasukkannya ke Google Docs. Terutama tersediannya fitur yang paling WebKeren.Net tekankan, yaitu reflow text, yang memudahkan membaca dokumen pada layar 4 inci smartphone.

Kelebihan lainnya adalah, pengembang aplikasi ini terbuka terhadap bugs dan hal lain dengan membuka forum aplikasi ini, yang beralamatkan di http://smartoffice-forum.artifex.com/. Sobat bisa download gratis aplikasi office andorid terbaik ini di Google Play Store.

6. Microsoft Office Mobile

Aplikasi office ini cukup populer karena memang dibuat oleh Microsoft, dan memiliki dukungan penuh untuk membaca dokumen Microsoft office. Tampilannya juga simple dengan desain khas Microsoft.

Meskipun aplikasi office ini bisa di unduh gratis di Play Store, untuk bisa mengedit dokumen word, excel dan powerpoint langsung dari aplikasi, sobat harus login menggunakan akun gratis Microsoft yang sudah berlangganan Office 365 (Office 365 Small Business Premium, Office 365 Midsize Business, Office 365 Enterprise E3 and E4 (Enterprise and Government), Office 365 Education A3 and A4, and Office 365 ProPlus).

Ini yang membuat aplikasi ini sulit untuk dikatakan sebagai yang terbaik, kecuali jika sobat sudah ataupun bersedia membayar untuk berlangganan Office 365. Jika sobat mau mencobanya, silakan download gratis di Google Play Store

7. Google Drive

Sebagai cloud storage untuk menyimpan dokumen dan data, Google Drive bisa juga digunakan untuk membuka dan mengedit file yang tersimpan. Setiap perubahan pada dokumen bersifat real-time, yang berguna untuk sobat yang berbagi dokumen untuk berkolaborasi dengan pengguna Google Drive lainnya. Namun begitu, jangan khawatir, karena sobat juga bisa mengaturnya untuk dapat dikerjakan secara offline.

Penggunaannya juga cukup mudah dan familiar, karena sama dengan aplikasi pada umumnya. Seperti untuk menyalin (copy) dan menempel (paste) teks, dilakukan dengan menahan jari dibagian yang diinginkan, dan secara otomatis akan muncul pilihan copy ataupun paste. Aplikasi Google Drive untuk Android bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Layanan komputasi awan ini memberi ruang penyimpanan data online gratis sebesar 15GB (dokumen tidak dihitung, sehingga penyimpanan dokumen tidak terbatas!).

Kelemahannya adalah, setiap jenis dokumen memiliki aplikasinya masing-masing. Google Drive akan meminta sobat untuk menginstal aplikasi tersebut ketika pertama kali akan mengedit dokumen. Seperti misalnya untuk file word, sobat harus menginstal Google Docs, sementara untuk file spreadsheet (excel / xls) sobat harus menginstal Google spreadsheet. Ini membuat aplikasi android akan semakin banyak dan tentunya merumitkan sobat. Selain itu, sebagaimana sifatnya yang ditujukan sebagai produk google, sobat tidak akan bisa menyimpan dokumen secara cloud terkecuali pada google drive.


Apa aplikasi Office yang Sobat gunakan? Apakah Sobat sudah mencoba semua ini? Beritahu WebKeren.Net dan sobat yang lain dengan menuliskannya pada kolom komentar di bawah.

Demikian ulasan WebKeren.Net mengenai Aplikasi Office Terbaik untuk Android  yang layak dipertimbangkan. Semoga bisa membantu sobat untuk memilih aplikasi office yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan sobat.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: