Aplikasi Offline Android Terbaik

Hari-hari ini, tampaknya hampir tak terelakkan bahwa hampir semua aplikasi android membutuhkan koneksi internet. Namun begitu terkadang kita tak selalu terhubung dengan internet, dimana koneksi internet susah didapat, ataupun kuota internet yang sudah habis.
Aplikasi Offline Android Terbaik
Aplikasi Offline Android Terbaik

Oleh karena itu kali ini WebKeren.Net akan membahas soal Aplikasi Offline Android terbaik. Karena meskipun terhubung dengan dunia internet yang sangat up to date itu menyenangkan dan banyak berguna, aplikasi offline juga sangat membantu ketika kita sangat membutuhkan untuk menjalankan satu aplikasi namun tidak bisa terkoneksi dengan internet.

Untungnya, meski hanya terdapat sedikit, dan tak sempurna (masih terdapat bugs yang mengakibatkan sesekali terjadi crash pada aplikasi), masih terdapat beberapa pilihan aplikasi yang dirancang untuk bisa dijalankan secara offline. Dengan begitu, sobat sebaiknya melihat daftar Aplikasi Offline Android Terbaik berikut ini.

1. Google Drive

Mungkin ada yang berfikir menyimpan file pada memori smartphone meski sudah tersimpan di awan (cloud storage) sebagai sesuatu yang sia-sia dan menyalahi tujuan cloud storage service itu sendiri. Namun begitu, ini akan sangat efektif dan efisien jika memang sobat tidak bisa terhubung ke internet.

Meskipun Google Drive adalah layanan penyimpanan awan terkemuka di dunia (yaitu menyimpan semua file secara online), juga memungkinkan untuk men-download file dan dokumen yang sedang sobat kerjakan pada perangkat. Dengan begitu, sobat bisa bekerja pada file-file ini secara offline, dan ketika terhubung dengan internet lagi, perubahan yang telah sobat lakukan akan disinkronisasi kembali ke awan. Untuk melakukan hal ini, tekan 'i' atau Pilihan icon untuk file pada Google Drive, lalu tekan tombol di samping 'Simpan pada Perangkat'. Sobat dapat melakukan ini sebanyak yang sobat suka.

2. Google Translate

Google Translate adalah aplikasi penerjemah bahasa di android yang paling populer, efektif, dan paling mudah digunakan. Sobat dapat berbicara atau mengetik ke Google Translate untuk mendapatkan kata ataupun kalimat yang diterjemahkan dengan dukungan lebih dari 90 bahasa. Fitur-fitur utamanya tersedia secara offline, asalkan sobat men-download 2 bahasa; bahasa yang ingin diterjemahkan dan juga bahasa hasil terjemahannya. Sobat juga dapat menyimpan hasil terjemahan, sehingga dapat merujuk kembali nantinya.

3. Pocket

Pocket merupakan salah satu aplikasi membaca secara offline terpopuler di Play Store. Sobat dapat menggunakannya untuk men-download artikel, video, dan konten lain yang ditemukan sewaktu online untuk perangkat sobat, kemudian membacanya secara offline nantinya. Tampilan dengan gaya grid dirancang dengan indah, dan merupakan cara terbaik untuk memastikan sobat tidak kehilangan konten yang belum selesai dibaca atau ditonton.

4. Wikipedia

Wikipedia sangat populer di semua kalangan, dan banyak menempati urutan pertama hasil pencarian google. Wikipedia telah menggantikan ensiklopedia kuno sebagai sumber informasi umum tentang segala sesuatu. Pada perkembangan terakhir, Isi database Wikipedia dapat diakses untuk membaca offline baik dengan menjadikannya sebagai file ebook melalui website maupun pada versi aplikasi android.

5. BeyondPod Podcast Manajer

Sobat bisa mengaitkan podcast dengan online streaming, dan juga dapat men-download semua podcast favorit yang membuat sobat bisa berjam-jam mendengarkan podcast kesenangan. BeyondPod adalah salah satu aplikasi terbaik untuk melakukan ini, memungkinkan sobat mencari ratusan ribu podcast di internet, kemudian men-download ke perangkat android. Baru-baru ini sudah diupdate ke gaya Material Desain dan membuat aplikasi yang luas ini lebih sederhana daripada sebelumnya untuk digunakan. Sobat dapat men-download sebanyak podcast episode yang sobat inginkan, dan mengatur BeyondPod untuk otomatis menghapus yang lama, sehingga tidak perlu khawatir tentang space aplikasi yang terus membesar.

6. Youtube

Tak terelakkan lagi bahwa youtube merupakan aplikasi android terpopuler dan terbaik untuk menonton video. Bukan hanya video yang dibuat individu yang menjadi creator youtube, video klip maupun lagu beserta lirik dari artis internasional sampai dengan lokal bisa sobat temukan pada youtube. Bahkan, film klasik sampai yang baru, rekaman sineteron, ftv, dan lainnya juga bisa sobat tonton dengan cukup melakukan pencarian pada kotak search. Hebatnya, Google sebagai punggawa situs ini memahami bahwa koneksi intenet indonesia tidak cukup baik untuk menonton video streaming, sehingga menyertakan fitur offline juga belakangan ini.

7. TripAdvisor City Guides

TripAdvisor "rajanya" aplikasi perjalanan. Didukung oleh komunitas yang berkembang, ia menawarkan ulasan, foto dan umpan balik dari sesama pelancong, maka peringkat dan kegiatan berdasarkan apa yang orang katakan. Trip Advisor menawarkan aplikasi individu untuk beberapa kota terbesar di dunia, yang menawarkan fitur offline seperti peta, ulasan, dan peringkat.

8. Google Maps

Google Maps untuk Android Versi lama secara eksplisit memiliki fitur yang memungkinkan sobat menyimpan peta untuk penggunaan offline. Fitur ini masih tersedia dalam setelah update ke Google Maps Material Desain, tetapi dengan cara kerja yang sedikit berbeda. Untuk men-download peta untuk penggunaan offline, arahkan ke daerah yang ingin didownload, kemudian tekan search bar dan ketik 'ok peta'. Atau, tekan search bar dan gulir ke bawah sampai sobat memiliki pilihan untuk 'Membuat area peta ini tersedia secara offline'. Meskipun sayangnya fitur ini belum tersedia untuk wilayah Indonesia.

Demikian ulasan WebKeren.Net mengenai Aplikasi Offline Android Terbaik. Bagaimana pendapat sobat? Apa aplikasi Android lain yang memiliki fitur penggunaan offline yang terbaik? Apa yang sobat pikir adalah yang terbaik? silakan ketik pada kolom komentar untuk berbagi pendapat.

Jangan ragu juga untuk membagikan artikel ini ke media sosial. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: