Cara Memindahkan Semua Data dari iPhone ke Android

Ketika Sobat akan bermigrasi dari IOS Iphone Apple ke Android, saat itulah sobat akan tercerahkan! Meninggalkan pelukan Apple dan mencari kebahagiaan di dunia Android adalah satu keputusan luar biasa!
Tapi mungkin sobat bertanya-tanya, "Bagaimana dengan file-file yang ada? Bagaimana cara mentransfer / memindahkan semua data dari iPhone ke Android? WebKeren.Net melalui artikel yang disunting dari AndroidPit akan mencoba membantu sobat!

Cara Memindahkan Data dari iPhone ke Android

Jika aplikasi yang sobat gunakan sewaktu menggunakan Iphone berbasis cloud - seperti Gmail untuk email, Spotify untuk streaming musik dan Facebook untuk melihat foto teman - Sobat tidak perlu melakukan apapun: karena itu hanya masalah menginstal aplikasi, login dengan username dan password dan mengambilsobat tinggal mengambilnya dari tempat dimana sobat menyimpannya. Berikut ini adalah cara untuk mentransfer semua data dari iPhone ke Android.

Memindahkan Data Kontak dari iPhone ke Android

iCloud.com memudahkan ekspor kontak! Jika sobat belum memilikinya, silakan daftar Akun Google dengan gratis (Sobat akan membutuhkannya untuk melakukan banyak hal di Android). Setelah selesai melakukannya, backup iPhone dan kemudian login ke iCloud.com. Klik Kontak, pilih yang Anda inginkan untuk ditransfer dan kemudian klik pada ikon roda gigi kecil di kiri bawah layar. Anda akan melihat opsi untuk Ekspor vCard. Klik ikon tersebut untuk mengekspor kontak yang dipilih dalam format vCard.

Tahap kedua, diuntungkan oleh kebaikan Google untuk impor kontak dari banyak tipe file dan berapapun jumahnya! Caranya, log in ke Gmail dan klik pada Gmail; Kontak. Anda akan melihat opsi untuk Impor Kontak di sidebar kiri. Klik, pilih vCard file yang telah dibuat dan tunggu posesnya sampai selesai.

Memindahkan Data Kalender dari iPhone ke Android

Mentransfer kalender Anda sedikit lebih rumit dan memakan waktu, tapi masih mudah. Caranya, Kembali ke iCloud dan buka aplikasi Kalender. Anda akan melihat daftar kalender Anda di sidebar kiri, dan ikon nirkabel kecil di sampingnya. Klik ikon tersebut untuk membuka menu sharing data kalender.

Ubah semua data kalender menjadi publik agar kemudian dapat diimpor ke Google Calendar. Untuk melakukannya, klik Kalender Publik dan menyalin seluruh link yang Anda lihat di layar.

Buka jendela browser baru atau tab dan paste link tersebut, tapi jangan tekan Enter dulu: Anda perlu mengubah sedikit yang berisi "webcal" dan menggantinya dengan "http". Lakukan itu dan tekan Enter, dan komputer Anda sekarang harus men-download file kalender .ics dengan nama file yang sangat panjang dan tidak bisa dimengerti. Ulangi proses ini untuk setiap kalender yang ingin Anda transfer.

Kemudian login ke Google Calendar dan klik pada Kalender Lain di sidebar kiri. Klik panah drop-down dan pilih Impor Kalender, dan kemudian pilih file .ics yang baru saja didownload. Klik Impor sekarang, dan akan menambahkan aktivitas ke Google Calendar yang sobat pilih (jika memiliki lebih dari satu, sobat harus mengulangi proses untuk setiap kalender).

Memindahkan Semua Dokumen iCloud dari iPhone ke Android

Jika sobat menyimpan file di iCloud, sobat bisa mendapatkannya kembali dengan log in ke iCloud.com, klik pada iCloud Drive dan kemudian pilih folder aplikasi yang sesuai - tapi ingat bahwa beberapa jenis file, seperti dokumen Pages, tidak akan bekerja di program non-Apple. Jika Anda punya file dalam format proprietary seperti Pages, konversi dulu ke teks atau file Word di app Pages sebelum mentransfernya.

Memindahkan Bookmarks dari iPhone ke Android

Jika Anda menyelaraskan Safari melalui iCloud, sangat mudah untuk mentransfer bookmark Anda. Caranya, pada iPhone, masuk ke Settings; iCloud dan pastikan Safari diaktifkan. Lalu, pergi ke PC atau Mac dan buka iCloud untuk Windows (PC) atau Sistem Preferences iCloud (Mac) dan lakukan hal yang sama. Proses ini untuk memastikan bahwa iPhone sedang disinkronkan dengan PC atau Mac.

Langkah selanjutnya adalah, pada Windows, klik Bookmarks> Options lalu pilih Firefox atau Chrome. Klik Apply dan kemudian Gabung, dan Anda akan diberitahu untuk men-download ekstensi iCloud Bookmarks untuk browser yang Anda pilih. Ekstensi ini akan sync bookmark Anda dari Safari ke Chrome atau Firefox.

Jika Anda memilih Chrome langkah selanjutnya adalah mudah: pada PC, buka Chrome dan masuk ke Akun Google Anda, dan bookmark akan diselaraskan secara otomatis. Pada Mac, buka Chrome, klik ikon menu Chrome di sisi kanan jendela dan pilih Bookmarks> Impor Bookmark dan Setelan dan pilih Safari sebagai sumber.

Firefox lebih rumit untuk PC dan Mac. Jika Anda pada Mac, langkah selanjutnya adalah membuka Firefox, pilih Bookmarks> Tampilkan Semua Bookmark dan kemudian klik pada icon bintang pada toolbar. Ini akan memunculkan pilihan impor dan backup. Pilih Impor Data dari Browser lain dan pilih Safari.

Pada kedua PC dan Mac, langkah selanjutnya adalah klik menu Firefox Tools dan pilih Set Up Sync. Hal ini memungkinkan Anda untuk login ke Akun Firefox Anda (jika Anda memilikinya) atau buat Akun Firefox (jika Anda belum). Setelah Anda memasukkan rincian yang kemudian dapat membuka Firefox pada ponsel Anda dan pilih Options> Sync> Pair Device untuk mendapatkan bookmark Firefox pada ponsel Sobat.

Memindahkan Foto dan Video dari iPhone ke Android

Cara termudah untuk mentransfer foto adalah dengan menyeret mereka dan menjatuhkan mereka (jika Anda memiliki PC Windows). Hubungkan iPhone melalui USB, buka My Computer dan mencari ikon iPhone. Buka dan cari folder DCIM. Di situlah gambar Anda; pilih foto yang akan diimpor dan seret mereka ke folder pada PC Anda. Anda kemudian dapat menghubungkan ponsel Android Anda dan tarik file dari PC ke ponsel Anda. Jika sobat merasa pc sobat cukup baik, bisa juga dengan cara menghubungkan iPhone dan Android pada saat yang sama dan tarik foto dari satu ke yang lain, tapi lebih direkomendasikan untuk mentransfer ke PC dulu sehingga ada cadangan dari foto.

Hal-hal yang sedikit berbeda di Mac, meskipun ide dasar adalah sama. Alih-alih My Computer Anda harus memulai Image Capture untuk mengimpor foto Anda. Setelah Anda melakukan itu Anda dapat menghubungkan perangkat Android Anda dan tarik dari folder foto Anda (atau di mana pun Anda menempatkan hasil impor).

Memindahkan file Musik dari iPhone ke Android

Yang ini sedikit rumit. Anda harus menginstall Apple iTunes dan Google Music Manager. Pertama-tama, di iTunes pastikan semua musik Anda sebenarnya pada komputer Anda: jika ada ikon kecil awan dengan panah ke bawah di atasnya, itu berarti belum di-download. Pastikan musik yang dibeli juga ada (mungkin tersembunyi di Preferences> Toko> Tampilkan iTunes di Pembelian Cloud ").

Setelah Anda yakin Anda punya segalanya, buka Google Music Manager dan di halaman konfigurasi, pilih Upload Lagu ke Google Play. Tentukan "iTunes" sebagai sumber dan biarkan Google Music Manager melakukan hal tersebut.

Apakah sobat baru saja pindah dari iOS ke Android? Bagaimana rasanya, menyebalkan atau menyenangkan? Berbagilah dengan menuliskannya pada kolom komentar. Dan jangan ragu untuk membagikan artikel ini ke media sosial agar teman ain yang membutuhkan bisa mengetahuinya juga.

Demikian tutorial WebKeren.Net mengenai Cara Memindahkan Semua Data dari iPhone ke Android. Semoga bisa menjadi rujukan bagi sobat yang sedang migrasi dari iphone ke android.

Sumber: WebKeren.Net

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: