Cara Termudah Memasang Widget Recent Post Berdasarkan Kategori Label

Memasang Widget Recent Post Berdasarkan Kategori Label | Sobat tentu pernah melihat halaman homepage suatu website ataupun blog dengan widget recent post / artikel terbaru perlabel. Memang widget ini agak susah dijelaskan. Untuk contohnya bisa dilihat pada homepage WebKeren ini.
Memasang Widget Recent Post Berdasarkan Kategori Label
Widget Recent Post Berdasarkan Kategori Label

Widget recent post per label adalah menu navigasi artikel yang berguna untuk menginformasikan kepada visitor atau pengunjung tentang artikel blog terbaru dalam satu label (kategori). Widget ini sangat bermanfaat untuk mempercantik tampilan blog dan memudahkan pengunjung (visitor fiendly) untuk mengakses artikel atau postingan dengan label yang sama.
Mungkin juga sobat pernah melihat tutorial memasang widget recent post kategori tertentu dengan satu thumbnail dari Maskolis. Namun WebKeren bukan akan membahas itu, WebKeren akan membahas cara yang lebih mudah, namun tanpa thumbnail. Untuk membuat / memasang widget ini tidak diperlukan edit html, namun hanya melalui penambahan widget melalui menu layout / tata letak saja. Sehingga hal ini cocok bagi blogger pemula, termasuk WebKeren.

Cara Memasang Widget Recent Post per Label

Kalau sobat tertarik, berikut ini cara membuat widget artikel per kategori.
  1. Login / masuk Dashboard Blogger > Pilih Blog
  2. Masuk / Pilih Layout / Tata Letak
  3. Add / Tambahkan gadget pada lokasi yang diinginkan (misalnya pada sidebar)
    Membuat Widget Recent Post Berdasarkan Kategori Label       Cara Termudah Memasang Widget Recent Post Berdasarkan Kategori Label
    Langkah 2 dan 3; Pilih layout/tata letak, Kemudian Pilih / tambahkan Gadget

  4. Pilih Feed > kemudian masukkan feed berikut ini >> http://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default/-/Tips%20Blogger << (Ganti namablog dengan nama blog sobat. Kemudian ganti Tips%20Blogger dengan kategori / label sobat (Note: huruf besar kecil berpengaruh, ganti spasi dengan %20)

    Add Recent Post Widget by category/label Pengaturan / Setting Recent Post Widget by category/label
    Tambahkan/ Add Feed, kemudian masukkan feed sesuai langkah 4

  5. Ganti judul Widget agar lebih menarik (sesuaikan dengan label)
Konfigurasi Recent Post Widget by category/label
Konfigurasi feed

Demikian Tutorial WebKeren mengenai Cara Termudah Memasang Widget Recent Post Berdasarkan Kategori Label. Silakan tulis di kolom komentar kalau sobat punya pendapat, mau berbagi cerita keberhasilan ataupun kegagalan menerapkan, menanyakan sesuatu, ataupun sekedar berbagi unek-unek.

Jangan sungkan berbagi artikel ini dengan tombol share di bawah. Semoga bemanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: