Cloud Storage Gratis Terbaik Paling Cepat dan Terpopuler 2016

Penyimpanan awan (cloud storage) adalah, seperti namanya, media penyimpanan melalui awan (berada di internet) yang membuatnya bisa diakses dari manapun, dan bahkan perangkat apapun. Cloud storage telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern. Penyedia cloud storage bersaing untuk menyimpan data penting kita di server mereka. Dari Dropbox, Google Drive, OneDrive, dan lainnya. Semua layanan penyimpanan online besar memiliki kekuatan unik mereka sendiri, tapi cloud storage apakah yang tercepat? Siapa yang memiliki layanan penyimpanan awan terbaik?

Apa gunanya mengetahui kecepatan? Mungkin sobat sedang dalam keadaan "darurat" ketika harus meng-upload atau men-download file yang berada dalam komputasi awan tersebut, dan mesti menunggu proses transfernya. Dengan kecepatan yang terbaik tentu layanan cloud storage tidak akan menambah galau keadaan yang sudah genting!
Cloud Storage Gratis Terbaik tercepat dan Terpopuler 2016
Dengan semakin banyak orang yang memiliki perangkat komputasi beberapa - laptop , tablet dan smartphone, menyimpan data hanya pada desktop PC tampaknya sangat kuno. Penyimpanan awan telah membebaskan kita dari batasan tersebut, memastikan bahwa file yang kita butuhkan tersedia di mana dan kapan kita butuhkan. Hari ini Sobat dapat mendaftar beragam layanan gratis yang menawarkan upload foto smartphone Sobat secara otomatis ke awan, sinkronisasi dokumen Sobat di beberapa perangkat, dan memungkinkan untuk bekerja sama melalui internet.

Berbagi file besar sekarang lebih mudah dari sebelumnya, karena kita tidak lagi harus berharap bahwa data yang kita kirim terhapus karena batas yang dikenakan oleh server email. Sebaliknya kita hanya mengirim link ke file yang tersimpan dalam layanan awan dan teman-teman atau rekanan kemudian memiliki akses langsung.

Memilih layanan yang digunakan akan tergantung pada beberapa faktor - OS, berapa banyak ruang yang dibutuhkan, dan tingkat keamanan data yang sobat butuhkan. Dalam fitur ini kita melihat pada layanan yang paling populer untuk melihat seberapa banyak layanan yang ditawarkan. Berikut ini pilihan cloud storage populer yang telah WebKeren.Net sunting dari PC Advisor.

1. Dropbox

Dropbox adalah salah satu penyedia penyimpanan online yang menawarkan klien untuk Windows, Mac OS X, Android, iOS, Linux dan Blackberry. Plus, sebuah aplikasi Windows Phone yang resmi dirilis pada bulan Januari 2015. Ini berjalan jauh untuk memastikan bahwa data sobat bisa diambil ketika dibutuhkan, tidak peduli menggunakan OS apa yang digunakan.

Cloud Storage Terbaik 2016 - Dropbox

Akun gratis menawarkan penyimpanan awal yang agak kecil - dibandingkan dengan layanan saingan - hanya 2GB. Untuk dokumen ini masih reliabel, tetapi jika ingin menyimpan jenis media - foto, musik, atau video - itu akan penuh dengan sangat cepat. Sobat bisa meng-upgrade menjadi 1TB dengan membayar sekitar £ 7,99 per bulan, tetapi Dropbox juga menawarkan 500MB penyimpanan gratis tambahan untuk setiap referrall yang sobat ajak mendaftar ke layanan - dengan batas 16GB.

Cara lain untuk memperbesar penyimpanan akun adalah dengan menghubungkan ke Facebook, Twitter (keduanya memberikan 125MB tambahan) atau menyiapkan akun Mailbox (1GB). Sobat akan mendapatkan 250MB hanya untuk mengambil tur dasar-dasar Dropbox juga. Mengaktifkan fitur upload kamera juga akan mendapatkan 3GB, dan secara otomatis Foto di smartphone / tablet akan diupload ke awan. Sobat juga bisa melihat penawaran smartphone dan tablet: Samsung sejak beberapa tahun lalu menawarkan 50GB Dropbox gratis ketika membeli handset baru.

Sinkronisasi dan penyimpanan dropbox bekerja dengan baik; Folder lokal dropbox pada perangkat atau PC yang kemudian sync dengan versi online. Ini berarti Sobat memiliki semua data secara online maupun offline. File muncul dengan cepat secara online setelah diletakkan dalam folder Dropbox pada PC, dan Sobat juga memiliki pilihan untuk membuat pilih file yang tersedia secara offline di tablet atau smartphone (defaultnya offline), dengan fungsi editing secara offline di antara yang terbaik.

Sharing Folder dan file juga dapat dilakukan dengan mengirimkan link (berguna untuk pengguna non-Dropbox) yang memungkinkan mereka untuk melihat data, atau dengan mengirimkan kolaborasi mengundang untuk bekerja pada file yang sama. Poin penting yang perlu diketahui tentang opsi kolaborasi adalah bahwa tidak ada pengaturan hak akses, sehingga file dapat diedit (dan bahkan dihapus) oleh pengguna lain. Namun ini tidak selalu kekurangan yang fatal, sobat masih bisa mengembalikan file seperti semula karena Dropbox menyimpan perubahan pada file selama tiga puluh hari. Jadi jika Sobat membutuhkan versi lama atau ingin membatalkan penghapusan file, masih bisa dilakukan.

Jika Sobat memilih untuk berlangganan untuk mendapatkan akun Dropbox Pro, Sobat akan dapat mengaktifkan izin penampil. Sobat juga akan dapat menetapkan password dan expirations untuk link bersama.

Fitur keamanan termasuk dua langkah otentikasi (defaultnya on) dan semua file yang diselenggarakan pada server Dropbox dienkripsi oleh enkripsi AES 256-bit, meskipun bekerja dari sisi Dropbox daripada pengguna, dengan SSL untuk data yang di-upload dan di-download.

Kesimpulan Cloud Storage Terbaik 2016 - Dropbox

Dropbox adalah solusi cross-platform yang sangat baik dan wajib menjadi pertimbangan pilihan. Dropbox mungkin tidak memiliki beberapa fitur pesaingnya, tapi solid dan kompatibel dengan banyak aplikasi.

2. Google Drive

Seperti halnya OneDrive link ke produk Microsoft dan iCloud untuk Apple, Google Drive adalah jantung dari berbagai layanan online produk Google.

Space yang cukup besar (15GB) tersedia sebagai awal secara gratis setelah membuat akun Google - atau link ke yang akun sudah ada. Sekarang ini satu login ID bisa digunakan untuk semua layanan google. Kemungkinan besar Sobat sudah memiliki akun drive jika menggunakan Gmail, Google Calendar, atau bahkan YouTube.

Cloud Storage Terbaik 2016 - Google Drive

Ruang penyimpanan bersama ada di semua layanan ini, jadi jika Sobat memiliki lampiran besar pada email maka space 15GB akan berkurang, begitupun dengan backup foto otomatis ke Google+ dari smartphone android sobat.

Tidak seperti OneDrive dan Dropbox, Google Drive tidak memiliki cara untuk menambahkan penyimpanan melalui melalui cara apapun kecuali dengan membayar. Hebatnya, Google membebaskan setiap foto yang ukuran resolusinya kurang dari 2048x2048, dan video pendek kurang dari lima belas menit, sehingga Sobat bisa menyesuaikan pengaturan pada smartphone agar mendapatkan penyimpanan tidak terbatas karena mereka tidak dihitung terhadap batas 15GB. Begitupun Google Docs, Sheets, Slides, Presentations, dan Drawings yang bebas dari space alias tidak terbatas!

Drive bekerja dengan cara yang sama seperti kebanyakan solusi penyimpanan awan, dengan folder lokal pada PC Sobat terhubung ke versi duplikat awan. Versi didukung, seperti kolaborasi real-time pada dokumen melalui aplikasi Google Docs. Klien yang tersedia di PC dan Mac, dengan versi mobile untuk Android dan iOS, namun tidak pada Windows Phone.

Secara keseluruhan, interface navigasi aplikasi cerdas dan sederhana, dengan pohon berkas menunjukkan dasar di mana data Sobat disimpan (sobat yang sudah akrab dengan explorer baik di windows maupun android pasti akrab dengan ini). Sobat dapat memilih file tertentu untuk bisa diakses secara offline di versi mobile, dan ini dapat diedit (jika mereka diciptakan di Google Docs) kemudian disinkronisasikan ketika Sobat kembali online. Untuk format lain (seperti Word) Sobat harus membukanya di aplikasi lain - sehingga menciptakan duplikat.

Data yang tersimpan pada Drive, mirip dengan Apple, dienkripsi dalam 128-bit AES daripada 256-bit yang digunakan oleh Box, OneDrive, dan Dropbox. Google menegaskan bahwa hal itu tidak akan mengusik isi folder Drive kecuali dipaksa oleh lembaga penegak hukum, dan Sobat dapat mengatur dua langkah verifikasi akun (defaultnya off) untuk menambahkan lapisan keamanan.

Kesimpulan Cloud Storage Terbaik 2016 Google Drive

Dengan 15GB penyimpanan gratis, Google Drive adalah yang paling murah hati semua layanan dalam tes ini. Jika Sobat tinggal di alam semesta Google, maka itu benar-benar merupakan pilihan penyimpanan yang sangat baik. 

3. Microsoft OneDrive

Banyak fungsi di OneDrive (sebelumnya SkyDrive) mirip dengan Dropbox, dengan aplikasi yang tersedia untuk Windows, Mac, Android, iOS, dan tentu saja Windows Phone. Kelebihannya dari Dropbox adalah bahwa OneDrive menawarkan 15GB seperti Google Drive, meskipun sistem rujukan terbatas pada 5GB. Itu berarti OneDrive akan mendapatkan di atas 20GB yang melebihi 18GB pada Dropbox.

Tersedia juga tambahan storage gratis 500MB untuk setiap teman yang mendaftar atas rujukan sobat dan tambahan 3GB jika me-link OneDrive ke camera roll ponsel yang secara otomatis membuat cadangan foto secara online. Kalau sobat adalah pengguna Office 365, ini adalah kabar yang lebih baik lagi!1TB penyimpanan OneDrive adalah bagian dari biaya berlangganan bulanan.

Cloud Storage Terbaik 2016 - One Drive

Antarmuka OneDrive adalah sesuai dengan desain UI modern Windows 8. Garis jelas dan Sobat dapat memilih antara tampilan gaya boxy atau pohon file yang lebih tradisional. Folder dan file dapat dibuat di web, termasuk Office dan format OneNote berkat integrasi Office Online.

Ada juga elemen sosial ke versi web, berbagai jaringan sosial populer yang tersedia untuk dihubungkan ke akun OneDrive. Hal ini mungkin tidak meningkatkan produktivitas, tetapi akan membuatnya mudah untuk berbagi file dengan rekan-rekan. Dalam melakukan ini, Sobat dapat mengatur hak akses untuk setiap pengguna dari kemampuan editing atau read-only, bahkan jika Sobat menggunakan versi gratis (tidak seperti Dropbox yang membutuhkan Dropbox Pro).

Ada juga fitur yang memungkinkan Sobat untuk mengakses file pada PC dari jarak jauh melalui situs OneDrive. Mesin target harus diaktifkan dan menjalankan OneDrive dengan fitur Fetch File diaktifkan, tetapi anehya tidak berfungsi pada Windows 8.1 - sehingga harus pada versi sebelumnya.

Jika privasi adalah perhatian utama maka perlu dicatat bahwa Microsoft berhak untuk memindai file Sobat untuk mencari apa yang akan menganggap konten yang dilarang. Hal ini bisa materi berhak cipta atau hal-hal yang bersifat eksplisit. Apple memiliki kebijakan serupa, membuat dua berpotensi lebih mengganggu daripada pesaing mereka.

Kesimpulan Cloud Storage Terbaik 2016 - One Drive

Update terbaru untuk membantu OneDrive membuatnya menjadi pilihan yang kompetitif, apalagi sekarang 15GB ruang bebas yang ditawarkan. Integrasi office sangat berguna tetapi yang memalukan adalah, fitur Fetch File tampaknya tertinggal di belakang.

4. Box

Kadang-kadang keliru menyamakannya dengan Dropbox, padahal Box sebenarnya sudah ada lebih dulu daripada rekan yang lebih terkenal, yaitu sejak tahun 2005. Box yang kurang terkenal mungkin dikarenakan perusahaan lebih fokus pada sisi bisnis pasar, dengan membangun reputasi perusahaan.

Box menawarkan pilihan penyimpanan pribadi yang kuat, namun kapasitasnya kurang bersaing dengan yang lain. Untuk sobat yang menggunakan Box sejak beberapa tahun lalu, mungkin masih memiliki 50Gb space gratis, tapi sekarang ini hanya 10GB untuk setiap akun baru. Selain itu Box juga membatasi ukuran file untuk 250MB, yang akan jadi masalah jika sobat suka menyimpan video.

Selain itu, akun gratis tidak mendukung versioning (mampu mengembalikan versi sebelumnya dari file) - karena fitur itu diperuntukkan bagi mereka membayar langganan.

Cloud Storage Terbaik 2016 - Box

Secara fungsional, Box sangat baik. Antarmuka dalam aplikasi mobile (tersedia di iOS, Android, Windows, dan Blackberry) dapat digunakan dengan lancar dan dirancang dengan baik. Tersedia banyak pilihan untuk membuat, meng-upload dan menyortir file.

Melalui web, Sobat bisa membuat dokumen baru baik Microsoft Office, Google Docs, atau format berbasis web, yang kemudian dapat mengedit dengan mendownload plug in Box (gratis).

Semua file bisa dikomentari dengan mudah dari halaman utama, yang bisa sangat berguna ketika Sobat mulai berkolaborasi dengan rekan-rekan. Berbagi dan menghubungkan fitur yang cukup standar, tapi sekali lagi Sobat harus meng-upgrade jika ingin mengalokasikan izin granular. Keamanan umum adalah enkripsi 256-bit standar pada server, dengan SSL untuk data dalam perjalanan.

Salah satu manfaat nyata dari latar belakang perusahaan adalah rentang yang sangat baik dari aplikasi yang ada untuk meningkatkan fleksibilitas Box. Ada program yang memungkinkan Sobat untuk menghubungkan langsung ke Kantor Box, sehingga semua file yang disimpan di sana, sebuah aplikasi FTP sehingga dapat bermigrasi data yang lebih tua ke situs, dan berbagai macam lainnya yang tercantum di website.

Kesimpulan Cloud Storage Terbaik 2016 - Box

Box menyediakan layanan cepat, padat, dan menawarkan 10GB ruang penyimpanan. Hanya saja anyak fitur terbaik - seperti versioning - hanya tersedia untuk pelanggan yang membayar.

Layanan penyimpanan cloud terbaik 2016: Kesimpulan

Kalau sobat mau layanan yang selalu gratis, sobat bisa mempertimbangkan untuk menggunakan semua layanan, karena dengannya akan mendapat kapasitas cloud storage yang hampir bisa dikatakan tidak terbatas!

OneDrive dan Google Drive keduanya solusi yang sangat baik jika Sobat ingin dimensi tambahan produktivitas berkat perangkat office berbasis web yang terkait.

Pengguna Microsoft Office akan menyukai cara OneDrive yang terintegrasi, sementara fitur kolaborasi Google Drive adalah sangat mengesankan. Box adalah baik, layanan solid, meskipun fitur terbaik hanya tersedia di versi berbayar.

Yang terbaik masih Dropbox, dengan keutamaan sync yang solid dan cepat. Selain itu handal, dan bekerja di beberapa platform. Sehingga paling layak untuk direkomendasikan


Bagaimana?menurut sobat Cloud Storage mana yang terbaik? apakah ada di daftar ini ataukah ada yang lain? Silakan menuliskannya pada kolom komentar, termasuk jika sobat mempunyai pertanyaan, kritik ataupun saran. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke media sosial melalui tombol share.

Demikian artikel Cloud Storage Gratis Terbaik Paling Cepat dan Terpopuler 2016. Selalu kunjungi WebKeren.Net untuk informasi terbaru tentang OS Android, aplikasi, maupun harga smartphone android terbaru. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: