ID iklan Android: Apa, Bagaimana dan Mengapa harus di Reset

Apa yang dimaksud dengan ID iklan dan apa pengaruhnya untuk sobat sebagai pengguna Android?
Singkatnya, pengembang aplikasi dan jaringan iklan Google menggunakan ID iklan untuk mengenali ponsel sobat diantara ratusan juta gadget Android, dengan begitu mereka bisa memberikan iklan yang paling mungkin sobat sukai, meskipun bisa jadi tidak.
Berdasarkan ID iklan, devs dan Google dapat membuat profil pengguna anonim yang berisi info untuk iklan bertarget, yang dikumpulkan selama kegiatan pencarian sobat. Ini adalah "harga" yang sobat bayar untuk mengandalkan Google untuk mencari sesuatu.
ID iklan Android: Apa, Bagaimana dan Mengapa harus di Reset
ID iklan Android: Apa, Bagaimana dan Mengapa harus di Reset | © Google

Hanya Aplikasi yang didownload dari Google Play (dan hanya pada aplikasi yang menayangkan iklan didalam aplikasinya) yang bisa menggunakan fitur ini , itu satu-satunya identifier terus-menerus pada sistem sobat yang dapat digunakan. Sampai disini sobat sudah memiliki pemahaman singkat mengenai ID iklan, dan berikut inilah yang bisa sobat lakukan dengan itu.

Sobat tidak bisa mematikannya, tetapi sebagai pengguna Android, sobat memiliki kemampuan untuk me-reset ID. Ini akan membuat sistem Google membangun ulang profil, sehingga pengiklan tidak akan dapat menghubungkan tindakan masa lalu Anda di website dengan smartphone sobat. Lalu mengapa ini berguna?

Untuk mengerti, bayangkan sobat sudah menghabiskan beberapa jam online untuk mencari hal-hal yang benar-benar tidak ingin diiklankan kepada sobat untuk beberapa alasan. Kemudian Anda membuka aplikasi yang didukung iklan favorit sobat, dan sobat mendapatkan konten iklan yang tidak diinginkan muncul, karena sobat di masa lalu melakukan pencarian terhadap hal itu! Sementara membersihkan riwayat pencarian sobat tidak akan membantu, hanya reset ulang ID iklan jawabanya. Jika disederhanakan secara singkat, penjelasannya kira-kira seperti berikut ini.
Google juga menyediakan ruang iklan pada hasil pencarian, dan mereka akan tampil pada hasil pencarian teratas google. Dengan me-reset id iklan, sobat akan mendapatkan iklan acak yang tidak terkait dengan aktifitas googling sobat. Atau dengan kata lain, pengembang aplikasi tidak akan mendapatkan apa-apa saja yang menjadi minat sobat.
Berikut ini prosedur yang sangat sederhana untuk melakukan hal ini:
  1. Nyalakan smartphone android sobat ID iklan Android
  2. Buka Google Settings >> pilih/tekan Ads >> pilih "Reset advertising ID" >>pilih "OK". Sampai disini sobat sudah me-reset ID iklan, tapi belum lengkap semua, selanjutnya;
  3. Aktifkan/beri centang pada "Opt out of interest based ads", yang akan membuat aplikasi tidak akan menggunakan ID iklan untuk menampilkan iklan bertarget. Dengan kata lain, sobat akan mendapatkan iklan yang acak, yang tidak terikat dengan aktivitas pencarian. Dan itu saja! Nikmati smartphone Android sobat.

Bagaimana, mudah bukan? Silakan mencobanya, dan tidak perlu ragu untuk mengetik cerita keberhasilan, kegagalan, pertanyaan, kritik ataupun saran pada kolom komentar untuk berbagi dengan WebKeren.Net dan sobat lainnya.

Demikian ulasan WebKeren.Net mengenai ID iklan Android: Apa, Bagaimana dan Mengapa harus di Reset. Terima Kasih sudah berkunjung, dan jangan lupa untuk menyebarkan artikel ini ke media sosial sobat. semoga bermanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: