Menjaga Keamanan Smartphone Android

Keamanan Smartphone Android

Android adalah sistem operasi terbuka berbasis Linux yang dikembangkan Google untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sistem terbuka membuat semua developer bisa berkontribusi yang membuat pengembangan semakin baik dan cepat, namun juga terkadang dimanfaatkan untuk menyebarkan malware (lebih populer dengan sebutan virus).

Bagi sobat yang masih awam, malware adalah kode yang disisipkan seseorang pada aplikasi dengan tujuan jahat. Kerusakan yang diakibatkan misalnya seperti mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan mencuri), menghabiskan bandwith, menginstal aplikasi, dan banyak hal lainnya tanpa seijin pemilik perangkat (smartphone / pc / laptop).

Menjaga Keamanan Smartphone Android

Keamanan Utama Berada pada Genggaman Pengguna

Sebenarnya keamanan android telah diserahkan google pada pemiliknya sendiri. Google hanya mengembangkan sistem operasi, dan ketika smartphone android berada ditangan sobat, sobat bebas melakukan apa saja terhadapnya.

Selain itu, aplikasi android berjalan di sandbox, yaitu sebuah area terisolasi yang tidak memiliki akses pada sistem, kecuali pengguna memberikan izin akses saat menginstal aplikasi. Seperti yang sobat sudah ketahui, Playstore atau bahkan ketika menginstall file apk secara langsung, selalu menampilkan permohonan izin akses aplikasi terhadap sistem, dan pengguna harus menyetujuinya agar aplikasi bisa diinstall.

Sebagai contoh, aplikasi game perlu izin akses terhadap getaran, sistem suara, ataupun menyimpan data pada memori ponsel, tapi tidak membutuhkan akses terhadap SMS atau Phonebook. Pengguna atau sobat sendirilah yang harus jeli membaca izin akses tersebut, waspadailah jika aplikasi meminta ijin akses yang sebenarnya tidak diperlukan. Seperti misalnya aplikasi game yang meminta akses terhadap sms, secara logis tentu tidak diperlukan.
Sistem sandbox dan perizinan pada Android efektif mengurangi bug dan malware pada aplikasi, namun ketidaktahuan pengembang maupun pengguna membuat malware rentan merasuki sistem android.

Malware pada File .apk

Google sendiri sebenarnya telah menyaring malware pada aplikasi yang disubmit ke Google Playstore, dan banyak sumber mengatakan bahwa hanya 0,05 persen saja virus yang berasal dari Playstore. Namun begitu, karena satu dan lain hal, banyak pengguna juga menginstal aplikasi dengan file .apk, yang menyebabkan android rentan kemasukan malware.

Antivirus pada Android

Aplikasi antivirus adalah metode untuk mengidentifikasi ancaman malware yang menjangkiti handset android sobat. Ada ratusan aplikasi antivirus pintar yang tersedia secara gratis dari Google Play Store, beberapa perusahaan keamanan perangkat lunak antara lain Avast, Lookout Mobile Security, AVG Technologies, McAfee, dan lainnya mengembangkan antivirus untuk Android.

Antivirus aplikasi untuk bekerja Android dengan cara yang mirip dengan perangkat lunak antivirus pada PC Anda. Setelah terinstal, Anda dapat menggunakannya untuk memindai file pada telepon untuk memeriksa terdapatnya perangkat lunak licik yang mungkin tidak sengaja sobat download, dan aplikasi antivirus akan menyoroti masalah yang ada.

Banyak yang berpendapat bahwa antivirus android tidak efektif karena akses untuk memeriksa sistem operasi dan aplikasi android juga dibatasi oleh sandbox. Dengan begitu, tidak seperti perangkat lunak antivirus berbasis Windows atau Mac, aplikasi antivirus Android tidak otomatis menghapus perangkat lunak berbahaya – Sobat harus melakukannyasecara manual setelah mereka diidentifikasi. Ditambah lagi dengan fakta bahwa tidak semua definisi virus yang up-to-date dan tidak semua aplikasi antivirus memiliki fitur yang sama.

Selain itu, keberadaan aplikasi antivirus juga membebani kerja android, karena terus menerus berjalan pada background untuk mengawasi instalasi aplikasi. Namun begitu, tidak ada salahnya juga sobat menggunakan aplikasi antivirus pada android untuk mengurangi resiko terkena malware. Kabar baiknya adalah bahwa mereka cukup sering memberikan banyak fitur yang ditambahkan yang dapat benar-benar berguna, seperti solusi backup dan remote menghapus fitur.

Tips Menjaga Keamanan Android

Setelah pembahasan mengenai keamanan sistem operasi android, berikut ini beberapa tips untuk menjaga keamanan android yang telah WebKeren.Net susun.

1. Update Software Secara Rutin

Google maupun pengembang aplikasi secara umum selalu melakukan perbaikan terhadap bugs maupun kemungkinan penyusupan malware melalui pembaruan (update). Dengan melakukan update software dan aplikasi secara rutin, sobat bisa  melindungi smartphone android. Untuk lebih mudah, setel otomatis saja pada pembaruan aplikasi dan sistem operasi melalui pengaturan (setting).

2. Hanya Install Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Jangan mudah tergoda untuk menginstal aplikasi dengan ekstensi .apk yang menggiurkan karena menawarkan versi berbayar (pro), versi bebas iklan, ataupun versi yang lebih telah dioptimalisasi dalam pengaturan tampilan maupun kinerja. Sobat WebKeren harus memilah-milah sumber datangnya aplikasi tersebut, hanya instal jika sobat percaya mereka tidak menyusupkan malware kedalam aplikasi.

3. Aktifkan Lockscreen

Untuk menjaga keamanan data pada memori android secara offline (dari orang disekitar sobat), aktifkan lockscreen android baik dengan pattern, pin, password, ataupun face lock.

4. Aktifkan Screen Pinning dan Nonaktifkan Smartlock (untuk Android Lollipop 5.1)

Sebagaimana telah WebKeren bahas pada artikel Sistem Operasi Android Lollipop 5.1, Screen pinning berguna agar sobat bisa berbagi / meminjamkan ponsel dengan tetap menjaga privasi dari orang lain. Sementara smartlock justru terkadang berbahaya jika diaktifkan, karena sensornya tidak bekerja khusus untuk tubuh pengguna, melainkan semua manusia.

5. Install Aplikasi Antivirus

Meskipun jarang sekali terjadi android yang teserang malware, tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan menginstall antivirus pada smartphone kesayangan. Terutama karena smartphone sekarang ini sudah memiliki kapasitas memeori maupun ram yang cukup besar untuk sedikit dibebani kerja antivirus. Apa pun yang sobat anggap perlu untuk melindungi Android Anda layak dilakukan, bahkan jika hanya untuk ketenangan pikiran. Sobat bisa melihat antivirus terbaik pada artikel Webkeren >> antivirus gratis terbaik untuk android


Demikianlah artikel WebKeren mengenai Menjaga Keamanan Smartphone Android. Jangan ragu untuk membagikan artikel ini ke media sosial seperti G+, FB, dan Twitter melalui tombol dibawah. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Referensi: Wikipedia | TechinAsia | MediaGadget | WebKeren.Net

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: