7 Tips dan Trik Keren Gmail untuk Android

Alat komunikasi modern untuk pengganti surat menyurat saat ini adalah Email (elektronik mail). Keperluan surat menyurat menjadi sangat mudah, dalam hitungan detik sudah sampai ke alamat email yang dituju, gratis! Beberapa tahun lalu (walaupun juga masih sampai saat ini), surat elektronik dalam format digital yang dikirim melalui jaringan internet ini diketik dengan menggunakan komputer. Sementara sekarang, untuk email yang tidak terlalu panjang, dibaca dan diketik melalui smartphone.
7 Tips dan Trik Keren Gmail untuk Android

Gmail untuk Android

Penggunaan ponsel ataupun tablet untuk memeriksa dan mengirim email, baik untuk pekerjaan maupun berkomunikasi dengan teman, lebih praktis ketimbang menggunakan komputer. Namun begitu, sekalipun sobat memiliki perangkat yang sempurna seperti misalnya Galaxy S6 ataupun Nexus 6, mengelola semua email masihlah satu pekerjaan yang cukup rumit untuk dilakukan.

Gmail dari Google yang terinstal sejak dari pabrik tentu membuat email semakin gampang, tapi berapa banyak trik yang Anda tahu untuk membuatnya lebih mudah? Sudah waktunya untuk membuat terobosan serius ke inbox sobat dengan tips Gmail untuk Android yang disunting WebKeren.Net dari AndroidPit dan sumber terpercaya lainnya.

Update Gmail!

Pastikan sobat menjalankan versi terbaru dari Gmail dengan membuka aplikasi Play Store dan memeriksa setiap pembaruan terbaru - (WebKeren.Net asumsikan sobat sudah memiliki akun email dan sudah berjalan). Jika belum, sobat bisa unduh gratis Gmail di Google Play Store. Berikut ini beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan dan mengatasi masalah penggunaan Gmail yang ingin WebKeren.Net bagi dengan sobat.

1. Gabung Inbox

Versi terbaru dari Gmail untuk Android termasuk tampilan unified inbox memungkinkan sobat melihat pesan dari beberapa akun Google dan email personal sekaligus (yahoo, outlook, dan lainnya). Artinya, selain akun Gmail, sobat juga bisa menambahkan akun email dari penyedia layanan email gratis lainnya ataupun akun email organisasi, perusahaan atau kantor sobat. Sekarang sobat bisa melihat email pribadi dan kantor bersama-sama di satu tempat pada ponsel android sobat.

Untuk melakukan penggabungan inbox, sobat tinggal menambahkan akun baru melalui menu drop-down di sebelah kiri atas langsung di bawah avatar. Setelah sobat memasukkan rincian login yang benar, Semua email berada di Kotak masuk baru muncul di panel kiri, memungkinkan Anda untuk melihat segala sesuatu bersama-sama. Sobat juga dapat beralih di antara berbagai akun email pribadi dengan menggunakan menu drop-down di atas All Inboxes / semua kotak masuk (atau dengan menggesekkan kiri dan kanan pada banner gambar).

2. Tindakan Cepat

Di mana-mana sobat akan menemukan cara cepat melakukan tugas-tugas yang membuatnya bekerja lebih mudah dan menghemat waktu. Cobalah menggesekkan email ke kiri atau kanan untuk mengarsipkan mereka, misalnya, atau menekan gambar profil (atau email) untuk memilih beberapa pesan sekaligus.

Ketika pesan dipilih dengan cara ini (gambar profil akan menjadi tanda centang), sejumlah menu tindakan cepat akan muncul di bagian atas layar - arsip, menghapus dan tandai sebagai telah dibaca / belum dibaca. Opsi lainnya (seperti perubahan label) dapat diakses melalui menu Pilihan (tiga titik vertikal). Pergilah ke percakapan tertentu untuk menemukan menu Balas dan Balas Semua di sebelah kanan.

3. Masalah Sinkronisasi

Sobat tidak akan mendapatkan email masuk tepat waktu jika pengaturan sinkronisasi email tidak disetel dengan benar. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat email sobat disinkronisasi secara berkala secara otomatis.
  1. Masuk ke setting/pengaturan ponsel >> Accounts & Sync, pastikan Auto-sync data dicentang.
  2. Kemudian, dibawahnya, pilih Google, sobat akan menemukan semua akun google sobat, pilih yang ingin sobat aktifkan sinkronisasi emailnya, berikan tanda centang pada gmail jika belum tercentang.
  3. Lakukan ini juga kepada akun Gmail lainnya.
  4. Tekan tombol back sampai sobat melihat akun-akun email sobat. Masuk ke satu persatu akun tersebut dan pastikan tanda centang sudah ada pada email.

Sementara dari dalam aplikasi Gmail sendiri sobat dapat memilih Settings dari menu dan tekan pada alamat email sobat ke Pesan yang akan ditetapkan untuk sync. Dari layar yang sama Anda juga dapat mengkonfigurasi berapa hari dari email cache dan yang label disertakan.

Kalau sobat menemui masalah sinkronisasi setelah melakukan pengaturan tersebut, cobalah remove/hapus dan hubungkan kembali akun email sobat. Atau dengan cara menghapus dan menginstal ulang aplikasi Gmail.

4. Pencarian cerdas

Fungsi pencarian dalam aplikasi terlihat sederhana, tapi jangan biarkan penampilan mengelabuhi, karena itu memiliki kemampuan yang sama seperti di web. Misalnya, coba masukkan "older_than: 1thn" atau "older_than: 1d" di kotak pencarian untuk menemukan pesan lebih dari satu tahun atau hari tua di Gmail Anda.

Google menyediakan daftar yang berguna dari operator pencarian dan hampir semua dari mereka bekerja di aplikasi Gmail serta Gmail di web.  "is:important" dapat membawa semua email prioritas, sedangkan "is: starred" memungkinkan Anda dengan cepat melompat ke pesan yang telah dibintangi untuk perhatian lebih lanjut.

5. Muting/Membungkam Percakapan

Ketika sobat bepergian dan ingin memastikan bahwa hanya pesan yang paling penting muncul dalam Gmail. Aplikasi Android, seperti Gmail di web, memiliki fitur Mute: Setiap pesan baru di thread yang diredam secara otomatis diarsipkan sehingga Anda tidak melihat mereka (mereka masih akan ditandai Unread).

Untuk melakukan ini dari aplikasi Gmail untuk Android, tekan dalam percakapan kemudian tekan menu (tiga titik vertikal). Pilih Mute / Bungkam dari daftar yang muncul dan terapkan. Sobat selalu dapat menarik percakapan naik dari arsip melalui pencarian atau label penyaring jika Anda perlu mencari lagi. Atau untuk melihat semua percakapan, Sobat bisa membuka All Mail / Semua Surat.

6. Melatih Gmail untuk Menyortir Email

Gmail memiliki beberapa kotak masuk yang berbeda untuk membuat hidup sobat lebih mudah dan menyenangkan: Kotak Prioritas, Inbox, Spam dan sebagainya. Namun, mungkin saja terjadi, email penting bisa masuk di Inbox Prioritas atau email penting dapat masuk di Spam. Sebenarnya ini bukan masalah besar, sobat hanya perlu melatih Gmail mengenali email masuk.

Misalnya, jika Anda menemukan email penting di tempat yang salah, cukup pilih Settings di pojok kanan dan pilih '' Tandai sebagai tidak penting ''. Jika Anda menemukan email penting dalam Spam, cukup tekan menu meluap dan pilih ''Tandai sebagai penting'' atau ''Laporkan bukan spam''. Hal yang sama berlaku untuk memindahkan email tertentu ke folder tertentu: Gmail akan mempelajari apa yang terjadi dan di mana.

7. Auto-Advance

Auto-advance adalah fitur yang sangat berguna jika sobat perlu untuk bekerja melalui banyak email sekaligus - menghemat Anda harus kembali ke halaman inbox ketika sudah diarsipkan atau dihapus dari thread pesan, karena aplikasi otomatis membawa sobat ke email berikutnya.

Jika sobat ingin mengaktifkannya di aplikasi Gmail untuk Android, Pilih Pengaturan dari menu aplikasi Gmail dan pilih Pengaturan Umum. Pilih Auto-Advance dan kotak dialog yang muncul di layar memungkinkan sobat memilih apakah sobat ingin melompat ke pesan yang lebih baru, pesan yang lebih tua atau kembali ke daftar percakapan.

Apakah Sobat memiliki tips lain untuk Gmail? Berapa banyak email yang belum dibaca yang sobat miliki?Berbagilah dengan menuliskannya pada kolom komentar. Dan jangan ragu untuk membagikan artikel ini ke media sosial agar teman ain yang membutuhkan bisa mengetahuinya juga.

Demikian tutorial WebKeren.Net mengenai 7 Tips dan Trik Keren Gmail untuk Android. Semoga bisa menjadi rujukan bagi sobat yang aktif menggunakan email dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Tips dan Trik Google Drive untuk Android

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: