7 Trik Keren Fotografi Smartphone yang Brilian!

7 Trik Keren Fotografi Smartphone yang Brilian! | Kebanyakan orang mengambil foto dengan smartphone mereka hari ini, tetapi kebanyakan orang tidak terlalu kreatif dalam memanfaatkan benda yang berada disekelilingnya untuk membuat hasil foto lebih menarik. Padahal hanya dengan memanfaatkan gelas, karton, binocular, ataupun alumunium foil, hasil jepretan dari kamera handphone akan mendapatkan hasil terbaik yang lebih bagus, keren.

Berikut ini beberapa trik fotografi ponsel dari Fotografer Lorenz Holder yang sangat brilian dan kreatif yang bisa sobat ikuti untuk mendapatkan jepretan yang sempurna. Meskipun kiat fotografi hp ini menggunakan iPhone 5S, namun bisa juga digunakan pada kebanyakan smartphone.

1. Mengambil Foto Panorama "Panodash"

7 Trik Keren Fotografi Smartphone yang Brilian!
Foto Panorama "Panodash" | Image © lorenzholder.com

Gunakanlah mode panorama untuk mendapatkan gambar landscape superlebar! Jika menggunakan model, sobat juga bisa meminta model tersebut untuk menempati posisi yang berbeda, yang akan menghasilkan satu gambar utuh dengan model yang berada di beberapa tempat dan juga gaya yang berbeda namun diambil dalam satu kali shoot saja, tanpa proses editing! Caranya, ketika sobat memutar kamera dan sudah melewati model, model bergerak melawan putaran kamera dan berada pada posisi lain dan gaya lain, begitu seterusnya. Trik ini disebut Lorenz sebagai "Panodash".

2. Mengambil Foto Panorama "Pano-drive-by"

7 Tips Fotografi Smartphone
Foto Panorama "Pano-drive-by" | Image © lorenzholder.com

Jika sobat merasa suntuk ketika berada dalam mobil, cobalah untuk mengambil foto Pano-drive-by. Caranya sangat simpel, cukup aktifkan mode panorama dan ambil foto sembari mobil berjalan (tetap usahakan kamera stabil)!

3. Gunakan Binokular untuk Lensa "Super Zoom"

Pernahkan sobat ingin mengambil gambar yang sangat jauh ataupun ingin mendapatkan detail subjek foto dengan kamera ponsel? Ya, sobat bisa melakukannya dengan binocular! Cukup letakkan binocular di depan lensa kamera, dan ambil shoot!
7 Trik Keren Fotografi Ponsel yang Brilian!
Binokular untuk Lensa "Super Zoom" | Image © lorenzholder.com

4. Teteskan Air untuk sebagai Pengganti Lensa Macro

7 Trik Keren Fotografi Mobile yang Brilian!
Teteskan Air untuk foto Macro | Image © lorenzholder.com

Kebanyakan orang langsung berfikir untuk membeli lensa macro attachable yang bisa ditambahkan ke smartphone untuk memotret subjek foto yang kecil. Padahal, cukup dengan meneteskan sedikit air ke lensa sudah bisa untuk mengambil foto makro.

5. Gunakan Peneduh Kaca Mobil sebagai Reflektor

7 Tips Keren Fotografi Mobile yang Brilian!
Peneduh Kaca Mobil sebagai Reflektor | Image © lorenzholder.com

Sobat kreatif bisa menggunakan Peneduh Kaca Mobil sebagai reflektor ketika mengambil foto potraits. Hasilnya akan menakjubkan!

6. Gunakan Karton sebagai Tripod dan Headset sebagai Kabel Shooter

Sobat bisa memanfaatkan karton yang dibentuk sedemikian rupa sebagai tripod! juga gunakan tombol volume pada headset sebagai shooter. Selfie lebih murah tanpa tongsis dan tomsis!
7 Trik Kreatif Fotografi Mobile
Karton Tripod dan Headset Shooter | Image © lorenzholder.com

7. Gunakan Gelas untuk Memotret Underwater

Untuk mendapatkan efek foto underwater / dalam air, gunakan gelas untuk melindungi smartphone dari air. Mudah, murah, keren!

Sobat bisa mengunjungi website Fotografer Lorenz Holder di alamat berikut; http://lorenzholder.com/.  Trik fotografi yang lebih jelas dan lengkap, sobat bisa lihat pada video berikut ini:



Itulah, kreatifitas membuat segalanya menjadi mungkin dan sangat murah. Bagaimana pendapat sobat? tuliskan pada kolom komentar untuk berbagi dengan kita semua. Dan, Selamat Mencoba!

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: