Alasan Kenapa Earphone Panjang Sebelah

Alasan Kenapa Earphone Panjang Sebelah | Tentu sobat sudah tahu bahwa terdapat banyak earphone yang membedakan panjang kabel kiri dan kanan. Namun begitu, apakah sobat tahu maksud dari perbedaan itu? Untuk itu Web Keren kali ini akan dibahas mengenai Alasan Kenapa Earphone Panjang Sebelah yang sebenarnya tidak begitu penting untuk sobat ketahui.

Alasan Kenapa Earphone Panjang Sebelah

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, pada earphone terdapat tanda R (right) dan L (left) yang berfungsi sebagai tanda penggunaan bagian earphone pada telinga sebelah kiri dan kanan. Lebih jauh bisa sobat baca pada artikel Alasan Perbedaan Earphone Kanan dan Kiri.

Alasan Kenapa Earphone Panjang Sebelah

Tidak seperti pembedaan antara kiri dan kanan earphone berpengaruh pada kualitas suara ketika mendengarkan musik ataupun film.

Perbedaan panjang kabel oleh desainer-nya terutama pada estetika dan usabilitas yang memudahkan pengguna yang aktif saat menggunakan earphone. Kegunaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Memudahkan Membedakan Kiri dan Kanan Earphone

Fungsi minor perbedaan panjang kabel earphone kiri dan kanan adalah untuk memudahkan atau mempercepat pengguna dalam membedakan antara bagian kiri dan kanan tanpa melihat tanda R dan L ataupun meraba tiga titik braile.

2. Karena Saku Kemeja Berada di Kiri

Mayoritas saku kemeja berada di dada sebelah kiri, sementara penggunaan earphone secara mobile pastinya disambungkan dengan Handphone atau MP3 player yang diletakkan di saku sebelah kiri. Fakta ini menyebabkan, agar terlihat bagus secara estetika, kabel kanan membutuhkan panjang yang lebih dibandingkan dengan kabel kiri.

3. Agar Kabel Tidak Menjuntai di Depan

Kabel earphone yang melintas di depan tubuh tentu tidak sedap dipandang, dan terkadang juga menyulitkan aktifitas karena mengganggu pergerakan tangan. Dengan kabel kanan yang lebih panjang, sobat dapat menggunakannya dengan melintasi bagian belakang leher (dan dibawah rambut bagi yang rambutnya panjang). Selain lebih enak dilihat karena tidak ada kabel yang menjjuntai di depan badan, penggunaan lewat belakang leher ini menurut banyak orang juga membuat earphone mencengkram lebih kuat di telinga dan tidak mudah lepas.

4. Memudahkan Telepon tanpa Tangan (pada handsfree)

Tombol kontrol musik ataupun untuk menjawab panggilan (pada handsfree) akan lebih mudah dijangkau tangan jika posisinya berada di sisi kiri. Selain itu, kabel kiri yang lebih pendek memungkinkan penempatan speaker / mic yang lebih dekat dengan mulut, sehingga tidak perlu memegangnya saat melakukan panggilan telepon. Ini bisa sobat bandingkan dengan model handsfree yang panjang kanan dan kirinya sama, pasti terdapat penjepit yang berguna untuk mendekatkan mic dengan menjepitnya di kerah.

Sumber: Yahoo Answers & Kaskus

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: