Alasan Perbedaan Earphone Kanan dan Kiri

Mungkin sebagian dari sobat menganggap artikel ini tidak berguna, karena memang sepintas lalu tidak ada perbedaan signifikan antara earphone kanan dan kiri. Terlebih jika fisiknya memang simetris yang akan tetap nyaman digunakan jika kanan dan kiri tertukar. Namun ternyata, jika sobat memperhatikan lebih teliti, sobat akan menemukan bahwa pembedaan kiri dan kanan menentukan kualitas suara terbaik.

Perbedaan Kiri Kanan Earphone

Hampir semua earphone membedakan antara kiri dengan kanan. Ini bisa sobat perhatikan dengan terdapatnya tanda L dan R. Kiri / Left ditunjukkan dengan tanda L, sementara Kanan / Right ditunjukkan dengan tanda R.
Pada earphone merek ternama, sobat juga akan menjumpai 3 titik kecil vertikal yang bisa diraba. Tiga titik tersebut adalah huruf L di alphabet braille, sehingga bagi tuna netra pun mudah untuk membedakan mana bagian kiri dan kanan earphone.

Alasan Perbedaan Earphone Kanan dan Kiri

Banyak earphone ataupun earbud yang memiliki tata letak non-simetris, yang ditujukan agar sesuai dengan bentuk telinga atau kepala dan bisa "melekat" sempurna. Namun ada juga headphone simetris (misalnya default iPod speaker mini, Etymotic dan Shure noise-canceling earbud, dan banyak headset) benar-benar simetris, dan L / R tidak berdampak pada kesesuaian secara fisik pada telinga.

Namun begitu, sekalipun secara fisik earphone tersebut simetris, terdapat perbedaan antara L dan R. Terdapat perbedaan yang signifikan pada suara yang dikeluarkan antara Kiri dan Kanan jika musik atau film yan diputar menggunakan teknologi stereo.

Ini dikarenakan musisi dan pembuat film akan menggunakan efek saluran suara stereo yang ditujukan untuk satu atau telinga yang lain. Jika sobat menonton film memakai heaphones dengan cara yang salah, sobat mungkin akan cepat merasa bahwa ada 'sesuatu yang salah': mobil muncul dari kiri pada layar, tapi suara yang datang dari arah sebaliknya.
Memang ini tidak terjadi pada semua musik dan film, seperti misalnya musik pop normal yang jarang membuat perbedaan apapun, dan sobat sama sekali tidak akan merasakan perbedaan ketika menempatkan earphone di telinga yang 'salah'. Sebagaimana tertulis di Wikipedia tentang suara stereofonik:
Sebagian besar rekaman dua saluran yang mengunakan rekaman stereo hanya dalam [a] rasa lemah. Musik pop, khususnya, biasanya direkam menggunakan teknik miking dekat, yang artifisial memisahkan sinyal ke dalam beberapa lagu. Trek yang terpisah kemudian dicampur ke dalam rekaman dua-channel yang sering dikenakan sedikit atau tidak ada kemiripan dengan hubungan fisik dan spasial yang sebenarnya dari musisi pada saat kinerja asli. Memang, tidak jarang untuk trek yang berbeda dari lagu yang sama yang akan direkam pada waktu yang berbeda, dan bahkan di studio yang berbeda, dan kemudian dicampur ke rekaman dua saluran akhir untuk rilis komersial. Rekaman musik klasik adalah pengecualian.
Untuk membuktikannya, ataupun sobat ingin memeriksa apakah antara kanan dan kiri sudah sesuai dengan seharusnya, sobat bisa mendengarkan video berikut ini.


Ketika mendengarkan musik stereo, gelombang suara yang berbeda akan dikeluarkan melalui setiap saluran audio. Untuk reproduksi yang baik dari musik asli, sobat ingin setiap telinga untuk mendengarkan saluran yang benar. Hal ini sangat penting untuk rekaman live, di mana para insinyur rekaman akan mencoba untuk menempatkan instrumen di "panggung" yang diproduksi oleh rekaman stereo dengan cara yang cocok di mana instrumen dan musisi ditempatkan di panggung fisik.

Ini sebagian besar berkaitan dengan persepsi instrumen, suara atau suara yang sobat dengarkan. Ketika merekam live band (atau bahkan orkestra) mereka pan instrumen untuk mencocokkan di mana mereka secara fisik berada di panggung (yaitu-sisi kiri panggung, saluran kiri). Ini juga memberikan reproduksi yang akurat dari rekaman live ketika didengarkan.

Sampai disini artikel WebKeren.Net mengenai Alasan Perbedaan Earphone Kanan dan Kiri. Gimana menurut sobat? Tulis di kotak komentar untuk berbagi pendapat.

Baca juga: Alasan Kenapa Earphone Panjang Sebelah
Sumber: Quora

Tambahan: Perbedaan ini bukan hanya pada earphone yang bagus dan terbaik seperti razer, dr dre, sony, sennheiser, beats ataupun earphone bawaan original hape android asus zenfone 2 dan fonepad, samsung, redmi 1s, xiaomi, apple iphone, sony xperia, lenovo, nokia, polytron, monster. Namun juga semua earphone stereo seperti  philips, pioneer, creative, cliptec, exo, edifier, genius, hippo, oem, earphone jack, jabra, jimbon, jbl, kube, logitech, nakamichi, neko.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: