Cara Menambahkan Recycle Bin di Android

Recycle bin pada sistem operasi Windows ataupun Trash pada sistem operasi Mac adalah tempat "penyimpanan sementara" file yang dihapus sebelum benar-benar dihapus dari hardisk. Sayangnya, fitur yang cukup penting ini tidak dijumpai pada sistem operasi android. Karena itulah WebKeren.Net kali ini akan membahas tentang Cara Menambahkan Fitur Recycle Bin di hp Android.

Pernahkan sobat kehilangan file, baik berupa foto, video, dokumen dan lainnya yang terdapat pada smartphone android sobat? Mungkin ini dikarenakan salah hapus, atau penghapusan file yang tidak disengaja.

Seiring meningkatnya spesifikasi yang mempengaruhi kemampuan, kecepatan, dan stabilitas android, dan juga bayak menjadi "hal penting yang harus dibawa kemana-mana setiap waktu", penguna seringkali menyimpan file penting pada smartphone android yang dimiliki.

Jika terhapusnya file secara tidak sengaja ini terjadi pada pc, komputer atau laptop dengan  OS Mac ataupun Windows, mungkin tidak begitu mejadi masalah besar. Sobat dengan mudah melakukan restore atau mengemballikan file yang tidak sengaja terhapur tersebut dari recycle bin di Windows ataupun trash di Mac. Namun bagaimana jika sobat tidak sengaja menghapus "file penting" di android?

Cara Membuat Recycle Bin di Android

Secara default memang tidak tersedia "recycle bin" atau "tempat sampah file" pada seluruh hape android, namun sobat bisa menambahkan fitur ini pada android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Dumpster image & video restore. Aplikasi ini bisa sobat download dan install dengan mudah karena tersedia secara gratis di Google Play Store.

Dumpster Image & Video Restore


Pada deskripsi aplikasi dijelaskan bahwa Dumpster Image & Video Restore merupakan recycle bin pertama kali yang dikembangkan secara khusus untuk hp maupun tablet Android. Sebagaimana telah dijelaskan pada pendahuluan artikel ini, mekanisme kerja dumpster persis sebagaimana pada recycle bin pada komputer desktop ataupun laptop.
Dengan fungsinya yang khas sebagai recycle bin android, Dumpster bahkan menggunakan slogan "freedom to make mistakes", yang dalam bahasa indonesia tentu berarti "Kebebasan untuk membuat kesalahan."
Dumpster adalah salah satu aplikasi android terbaik yang penting untuk sobat instal, karena dengan aplikasi ini sobat bisa mencari file yang tadinya dianggap tidak penting dan karenanya dihapus dan mengembalikannya secara utuh ke memori smartphone.

Kelebihan Dumpster "recycle bin android"

  1. Tidak khawatir kehilangan data penting
  2. Mendukung hampir semua jenis file
  3. Tidak repot membuat backup data
  4. Tidak memerlukan akses root
  5. Tidak memerlukan akses Internet, karena bekerja secara offline
  6. Terdapatnya fitur preview dari gambar dan film yang memudahkan saat memilih file yang ingin di restore

Kekurangan Dumpster "recycle bin android"

  1. Tidak bisa mengembalikan file yang terhapus sebelum aplikasi dumpster di install
  2. Beberapa review di google play store mengungkapkan bahwa aplikasi ini tidak bekerja atau bahkan menimbulkan crash pada smartphone android tertentu
  3. Space Micro SD ataupun memori internal cepat penuh karena diisi oleh file yang terhapus (bisa diatasi dengan penjadwalan Auto-clean file backup)

Diluar fungsi yang telah disebutkan, pengembang dumpster juga berencana untuk menambahkan fitur mengembalikan pesan teks sms, kontak, dan aplikasi yang telah dihapus.

Penggunaan Dumpster "recycle bin di android"


Penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah dan sederhana. Caranya, unduh dan install aplikasi >> berikan izin yang diminta saat menginstall aplikasi >> buka aplikasi dan pilih jenis file apa saja yang ingin dimasukkan ke dumpster jika dihapus >> pilih ok.

Untuk mengembalikan atau merestore file terhapus, buka aplikasi dumpster >> tekan pada file yg ingin direstore >> pilih restore >> file akan muncul kembali pada lokasi sebelum file dihapus.

Bagaimana menurut sobat? Apakah sobat sudah menggunakan dumpster, atau menggunakan aplikasi lain? Ketiklah pada kolom komentar untuk berbagi dengan kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: