Cara Mengatasi Masalah Daftar Adsense "Konten Tidak Memadai"

Cara Mengatasi Masalah "Konten Tidak Memadai" | Salah satu alasan penolakan daftar adsense adalah dikarenakan Konten Tidak Memadai. Artikel WebKeren.Net ini akan membahas mengenai kemungkinkan penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini cuplikan isi email penolakan dari Adsense dengan judul email "Permintaan peningkatan versi AdSense Anda telah ditolak":
...... Masalah: Konten tidak memadai:
......mendapatkan persetujuan untuk AdSense dan menampilkan iklan .. relevan ....., laman ... harus berisi teks yang memadai agar pakar kami dapat ...... menentukan tema laman Anda.
Cara Mengatasi Masalah Daftar Adsense "Konten Tidak Memadai"

Perlu sobat ketahui bahwa posting ini merupakan bagian dari Cara Daftar Google Adsense Non Hosted Agar Cepat Diterima Full Approve. Untuk itu agar mengerti konteks dan isi secara menyeluruh, sobat juga perlu membacanya.

Sebab Penolakan Adsense "Konten Tidak Memadai"

Banyak sekali masalah yang dapat menyebabkan pengajuan adsense sobat tidak belum diterima, diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Konten situs web atau blog sobat didominasi oleh gambar, video, atau animasi Flash. Karena perayap google tidak membaca teks gambar, video ataupun flash. Dengan itu pula artikel blog "dianggap" hanya berisi judul tanpa kalimat atau isi artikel, bahkan hanya dianggap sebagai blog yang belum jadi (masih berupa kerangka web atau template blog tanpa posting).
  2. Sistem navigasi blog tidak baik, dengan artian pakar adsense menilai bahwa pengunjung blog akan kesulitan dalam menjelajahi blog.

Cara Mengatasi Penolakan Adsense "Konten Tidak Memadai"

Untuk mengatasi masalah "Konten Tidak Memadai", WebKeren.Net (berdasarkan pengalaman), melakukan hal-hal berikut ini.
  1. Buat sebanyak mungkin posting yang berisi konten original (asli, bukan hasil copy paste) dan unik yang mematuhi persyaratan konten (tidak memuat perjudian, pornografi, SARA dan hindari juga politik).

    Jika sobat baru memiliki konten original sejumlah kurang dari 20 (meski tidak ada ukuran tepatnya juga), tambahlah artikel berkualitas sobat. Sebagian orang yang sukses daftar adsense dengan posting seidikit mungkin saja memang dikarenakan artikelnya sangat unik dan berkualitas tinggi. WebKeren.Net sendiri baru diterima menjadi publisher saat jumlah posting lebih dari 100.

    Selain itu, usahakan untuk mengetik langsung di blogger, atau bisa juga dengan mengetik di notepad (bukan dengan aplikasi Microsoft Word dan sejenis). Dengan menulis artikel terlebih dahulu di Microsoft Word memang lebih nyaman dan mudah, serta tampilannya juga teratur. Namun begitu, ketika artikel dicopy dari Microsoft Word dan dipaste ke blog, postingan akan dipenuhi oleh kode-kode html (untuk membuktikan, coba sobat beralih dari mode compose ke mode html pada posting blog).

  2. Sebagai awal (ataupun juga setelahnya) sebaiknya blog hanya membahas satu niche atau tema. Ini memudahkan google dalam menentukan konten iklan yang sesuai dengan tema blog sobat. WebKeren.Net sendiri hanya membahas 2 tema, yaitu blogging dan seputar android

  3. Meskipun tulisan panjang yang unik, melengkapi artikel dengan gambar dan video sangat dianjurkan supaya artikel menarik pengunjung dan bisa tampil di halaman pertama pencarian google, usahakan bahwa teks tetap mendominasi (gambar dan video kira-kira maksimal 10% isi posting).

    Mudahnya, usahakan satu artikel hanya berisi satu gambar dan satu video. Selain itu, jika sobat menggunakan gambar dan video, baik yang diupload langsung ke blog maupun dicopy url-nya, pastikan adalah karya sendiri. sebab seperti banyak diungkap, google sangat memperhatikan hak kekayaan intelektual.

  4. Buat laman (pages) privacy policy, disclaimer, about, dan contact. Meskipun konten blog sobat menggunakan bahasa indonesia, khusus untuk judul laman dan isi laman tersebut adalah berbahasa inggris. Dianjurkan juga untuk membuat laman sitemap, dan about, guna memudahkan pengunjung mengeksplorasi isi blog dan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap konten.

    Untuk membuat privacy policy dan disclaimer yang sesuai dengan panduan adsense, sobat bisa menggunakan generator yang sudah disediakan oleh beberapa web. Googling saja dengan keyword "privacy policy generator".

  5. Gunakan template bawaan blogger yang sederhana, cerah, responsive dan menarik. Meski WebKeren.Net juga tidak mengetahui hal yang menyebabkan blog dengan template standar blogger lebih mudah diterima, pengalaman telah membuktikan bahwa ini sedikit banyak membantu. Sebagai rekomendasi dari WebKeren.Net, Sobat bisa menggunakan Template Modifikasi Default Blogger Responsif

  6. Jika blog sobat sudah memiliki banyak konten dan mendapatkan ini, mungkin blog sobat belum terindeks oleh Google. Untuk membuat blog sobat terindeks oleh Google, baca artikel Membuat Blog Tampil di Halaman Pertama Google.

  7. Daftarkan juga blog ke mesin indeks pencarian selain google, seperti Bing WebMaster, Yandex WebMaster, dan lainnya. Daftarkan juga blog ke Google Analytics dan submit url ke Google WebMaster setiapkali mem-publish artikel baru.
Bagaimana pendapat sobat? apakah penjelasan dan solusi masalah daftar adsense ini sudah memadai? tulis di kolom komentar untuk berbagi pengetahuan. Demikian artikel berbagi pengalaman Cara Mengatasi Masalah "Konten Tidak Memadai". Mudah-mudahan bisa mempermudah sobat daftar adsense dengan cepat.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: