Mengatasi Ditolak Daftar Adsense "Navigasi Situs Sulit"

Istilah "Navigasi Situs Sulit" mungkin adalah istilah yang paling banyak digunakan oleh google adsense. Lihat saja, jika sobat melakukan pencarian melalui mesin pencari google dengan kata kunci "Navigasi Situs Sulit" pastilah akan menemui banyak jawaban yang berhubungan dengan program Google Adsense.

Pun kalau sobat sedang membaca artikel ini, pasti sedang berusaha mencari cara untuk bisa diterima sebagai partner google adsense. Webkeren.Net pun (saat artikel ini ditulis) belum kunjung diterima permohonannya.
Mengatasi Ditolak Daftar Adsense "Navigasi Situs Sulit"

Sebelum membaca lebih lanjut, sobat perlu mengetahui bahwa artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel berseri yang tergabung dalam satu tema, yaitu Cara Daftar Google Adsense Non Hosted Agar Cepat Diterima Full Approve. Maka ada baiknya sobat mulai membaca dari artikel tersebut untuk mengerti keseluruhan isi artikel ini.

Penjelasan Masalah Navigasi Situs Sulit

Berikut ini adalah cuplikan email yang WebKeren.Net terima mengenai tidak diterimanya permohonan upgrade versi google adsense dari hosted (youtube) menjadi non hosted.
.... kami mendapati situs Anda sulit dijelajahi. .....
Sebenarnya dari segi kata-kata, penjelasan mengenai penolakan tersebut sudah jelas. Situs atau blog ditolak karena adsense menilai konten blog sulit dijelajahi oleh pengunjung, yang kemudian dirinci pada masalah navigasi; pengalihan situs, untuk membaca konten harus login terlebih dahulu (akses dibatasi), link atau tautan rusak, dialer, munculan (kata kunci) yang berlebihan, dan laman sedang dibuat atau belum diluncurkan.

Namun begitu, banyak orang, termasuk WebKeren cukup kesulitan untuk menemukan jalan keluar yang tepat untuk mengatasinya. Namun dengan sedikit kemauan, banyak mencari tahu, dan usaha untuk memperbaiki, akhirnya WebKeren berhasil melewati "rintangan adsense" ini.

Cara Mengatasi Penolakan Adsense: "Navigasi Situs Sulit"

Setelah mencari tahu, yang juga melalui mesin pencari google, WebKeren menemui beberapa hal unik yang ternyata mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu blog atau situs oleh program adsense. Beberapa cara untuk mengatasi "navigasi situs sulit" adalah sebagai berikut (sobat bisa memillih mana yang sesuai dengan kondisi, namun begitu ada baiknya juga sobat mencoba semuanya agar tidak bolak-balik mendaftar namun tetap gagal).

1. Buat Pages Disclaimer, Privacy Policy, Contact, Daftar Isi, dan About

Tiga pages pertama (disclaimer, privacy policy dan Contact) menurut banyak "ahli blog"(berdasarkan hasil googling) merupakan hal wajib yang harus ada pada blog yang ingin didaftarkan ke program adsense. Sementara untuk Daftar Isi dan About sebenarnya tidak banyak yang menganjurkan (cenderung tidak ada), namun WebKeren.Net merasa hal tersebut juga perlu dibuat untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi keseluruhan isi website.

Untuk membuat disclaimer dan privacy policy, sobat bisa membuatnya dengan generator yang banyak tersedia di internet. Ketik saja kata kunci "disclaimer generator" pada pencarian google. Sementara untuk membuat laman daftar isi dan kontak sudah WebKeren,Net tuliskan di Cara Membuat Daftar Isi atau sitemap Blog dan Cara Membuat Halaman Kontak di Blogspot.

2. Letakkan Pages tersebut pada Top Menu Ataupun pada Menu

Meskipun tidak terdapat petunjuk atau perintah yang jelas mengenai letak pages penting tersebut, berdasarkan pengalaman WebKeren.Net, letak terbaik adalah pada menu (diantara head dengan postingan). Sebab ketika ditaruh di footer, WebKeren.net mendapatkan penolakan ini (meskipun sebagaimana sobat jumpai banyak situs yang juga menjadi publisher adsense menempatkan pages ini di footer).

3. Tambahkan Widget Arsip, Popular post, dan label (kategori)

Seperti letak pages, hal ini lagi-lagi juga tidak diperintahkan oleh program Google Adsense secara eksplisit. Dan berdasarkan pengalaman WebKeren.Net serta mungkin orang lain, widget-widget ini sangat membantu pembaca untuk menjelajahi seluruh konten blog.


Demikianlah artikel WebKeren.Net mengenai beberapa solusi untuk mengatasi penolakan Google Adsense dengan alasan "Navigasi Situs Sulit". Bagaimana pendapat sobat? apakah solusi ini sudah tepat, atau ada solusi maupun sebab yang lain?

Diharapkan sobat menuliskannya di kolom komentar agar bisa menjadi "bahan pelajaran" untuk kita semua. Semoga sobat yang sedang berproses mendaftar tetap semangat dan terus berusaha meski tidak ada "langkah yang pasti" untuk bisa diterima dalam program adsense.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: