Mengatasi Masalah "Situs belum mematuhi kebijakan Google"

Mengatasi Masalah "Situs belum mematuhi kebijakan Google" | Setelah mengalami penolakan berkali-kali dalam proses daftar adsense, akhirnya WebKeren.Net sampai pada penolakan dengan alasan "Situs belum mematuhi kebijakan Google".

Beruntungnya, email tersebut adalah "penolakan terakhir"(setelah mengatasi ini kemudian sukses diterima google adsense non hosted). Berikut adalah sepenggal email yang masuk tersebut:
...... situs Anda belum mematuhi kebijakan Google AdSense atau pedoman mutu webmaster......
Secara lengkap memang terdapat pedoman mutu webmaster dan kebijakan program AdSense yang bisa menjadi panduan bagi sobat dalam mengatasi masalah penolakan ini. Namun begitu, mungkin sobat, termasuk webkeren.net merasa kesulitan, pada bagian mana blog atau website sobat "tidak mematuhi kebijakan google." Maka WebKeren.net akan berbagi pengalaman mengenai kemungkinan penyebab dan cara mengatasi / solusi penolakan adsense dengan alasan "Situs belum mematuhi kebijakan Google"
Mengatasi Masalah "Situs belum mematuhi kebijakan Google"

Kemungkinan penyebab "Situs belum mematuhi kebijakan Google"

Terdapat berbagai kemungkinan yang menjadi sebab ditolaknya permohonan menjadi publisher adsense dengan alasan "Situs belum mematuhi kebijakan Google" itu. Setelah menyimak dengan seksama dan browsing ke beberapa forum dan website, berikut ini beberapa penyebab blog sobat ditolak dengan alasan tersebut:
  1. Trafik organik masih minim. Maksudnya, lalu lintas atau sumber datangnya pengunjung blog sobat masih sedikit yang berasal dari pencarian google. 
  2. Terdapat banyak tautan atau link pada blog yang tidak benar. Baik karena ada postingan yang terhapus maupun karena hal lain.
  3. Terdapat anchor teks maupun alt dan title pada link yang dianggap google tidak sesuai dengan isi link tujuan.
  4. Pengaruh template / sobat menggunakan template kustom blogger, bukan template bawaan blogger.

Beberapa cara mengatasi "Situs belum mematuhi kebijakan Google"

Berdasarkan alasan / penyebab yang telah disebutkan, berikut ini beberapa langkah yang bisa sobat ambil untuk mengatasinya.
  1. Daftar dan verifikasi blog ke Google Webmaster. Daftarkan juga blog atau situs web sobat ke webmaster mesin pencarian Bing, Yandex, atau webmaster mesin pencari lainnya yang membuat blog terindeks dan masuk daftar pencarian.
  2. Submit url ke Google Webmaster untuk mempercepat proses indeks oleh google.
  3. Perbaiki link pada blog yang rusak. Caranya, cek link yang rusak menggunakan Google Webmaster ataupun dengan menggunakan alat lainnya. Sobat cari saja di google dengan kata kunci "memperbaiki link blog rusak", atau tunggu WebKeren.Net menyelesaikan artikel tersebut :D.
  4. Untuk mengatasi masalah ketiga cukup rumit, terutama jika blog sobat sudah memiliki banyak postingan. Karena sobat harus mengecek secara manual semua link pada semua postingan yang sudah sobat buat. Yang harus diperiksa adalah, apakah anchor teks (teks yang ditampilkan pada link) sudah sesuai dengan link yang dituju (untuk hasil terbaik, sertakan judul lengkap atau minimal adalah penggalan dari judul). Sementara untuk alt dan title pada link sebaiknya dihapus saja semua, karena WebKeren.Net tidak memiliki petunjuk mengenai hal tersebut. Selain itu, jangan menaruh terlalu banyak link dalam postingan. Sebaiknya, taruh dua sampai lima link internal saja.
  5. Langkah terakhir adalah menggunakan kembali template bawaan blogger. Pilih yang sobat rasa sesuai dengan keinginan, dan dianjurkan menggunakan yang simpel, tulisan dan tata letak proporsional dan warna yang cerah. Atau, kalau sobat "merasa gengsi" untuk kembali menggunakan template bawaan blogger, bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Template Modifikasi Default Blogger Responsif.
  6. Tambahkan juga widget-widget berikut: blog archives, popular post, dan label. Tambahkan juga widget contact namun disembunyikan, dan buat laman statis kontak (baca: Cara Membuat Laman Kontak).
Catatan: Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, jadi tidak menutup kemungkinan akan berbeda dengan masalah yang sobat dapatkan. Untuk tujuan memahami konteks artikel secara utuh dan lengkap, sobat bisa membaca posting Cara Daftar Google Adsense Non Hosted Agar Cepat Diterima Full Approve.

Demikian pengalaman WebKeren.Net mengenai Cara Mengatasi Masalah "Situs belum mematuhi kebijakan Google" ini. Apa pendapat sobat? Apakah hal artikel ini cukup membantu, ataukah sobat melakukan cara lain? Atau malah sobat merasa langkah yang sudah WebKeren.Net ambil salah? Berbagilah dengan menuliskannya pada kolom komentar agar semua terbantu dalam proses mendaftar adsense non hosted.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: