Solusi Penolakan Daftar Adsense "Materi Berhak Cipta"

Untuk bisa menjadi publisher adsense bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena ada juga yang cepat dikabulkan meskipun artikel baru sedikit dan trafik minim, namun ada juga yang artikelnya sudah banyak dan trafik tinggi tapi tidak kunjung disetujui.

Artikel Mengatasi Masalah "Materi berhak cipta" ini adalah bagian dari share pengalaman webkeren.net ketika melakukan upgrade akun adsense youtube (hosted) ke blog dengan domain tld (non hosted) pada artikel berjudul Cara Daftar Google Adsense Non Hosted Agar Cepat Diterima Full Approve. Disarankan sobat memulai dari posting itu supaya mengerti konteks artikel ini dibuat.
Solusi Penolakan Daftar Adsense "Materi Berhak Cipta"

Google memang sangat menghargai hak cipta, termasuk juga hak cipta digital (DMCA). Maka pada program adsense juga tidak diperbolehkan adanya publisher yang melanggar hak cipta. Berikut ini cuplikan email penolakan karena konten dianggap masih mengandung materi berhak cipta:
............. situs web Anda mengandung materi yang berhak cipta.
....... hapus semua materi berhak cipta ..., kemudian kirimkan kembali permohonan .....

Kemungkinan Penyebab Masalah "Materi berhak cipta"

Sebagaimana yang telah disertakan juga dalam email penolakan, sobat harus mematuhi kebijakan program adsense mengenai hak cipta pada isi konten. Sederhananya, pada blog sobat terdapat gambar, link, atau justeru teks yang berasal dari situs lain.

Atau bisa jadi blog sobat berisikan konten peretasan atau pengoprekan. Bisa juga berisi petunjuk atau peralatan untuk mengakses maupun melakukan perubahan secara ilegal pada software, server, atau situs web yang menyediakan cara curang pada permainan multipemain atau menjelaskan trik yang memudahkan pengguna melanggar syarat dan ketentuan komunitas game online.

Solusi mengatasi Masalah "Materi berhak cipta"

Sebelum membahas solusi untuk mengatasi masalah "materi berhak cipta" ini, sobat HARUS menonton video perihal hak cipta, yang dibuat oleh Google Adsense berikut ini.


Menurut pengalaman WebKeren.Net, masalah ini bisa diatasi dengan mengambil langkah berikut.
  1. Hapus semua gambar yang bukan sobat buat sendiri (juga gambar yang sobat ambil dari gugling, meskipun sudah di edit). Jelasnya, lebih baik tidak menggunakan gambar sama sekali daripada menggunakan gambar namun bukan karya sendiri.

  2. Hapus semua artikel yang tingkat orisinalitasnya rendah, atau bahkan cuma sekedar hasil copas (copy paste) artikel dari situs lain. Sobat bisa mengeceknya secara manual di siteliner.com ataupun menggunakan plagiarism checker.

  3. Hapus link download, meskipun sebenarnya itu resmi. WebKeren.Net tidak tahu juga (belum paham), bagaimana cara menaruh link download yang diijinkan oleh kebijakan google adsense. Karena meskipun link download pada blog WebKeren.Net adalah ke Google Play Store, juga sudah mengikuti petunjuk sebagaimana dimuat di Brand Guidelines Android. Tetap saja ditolak, yang memaksa WebKeren.Net untuk menghapus semua link download.

    Anehnya, meski masih terdapat satu link download keluar (misalnya pada posting modifikasi template mas sugeng 2015), blog WebKeren.Net sudah disetujui menjadi publisher adsense. Kalau sobat tidak mau ambil pusing (seperti yang juga WebKeren.Net lakukan), hapus saja semua link download pada semua artikel.

  4. Untuk menghindari tuntutan hak cipta, dalam mengutip pernyataan ataupun gambar yang berasal dari media sosial (misalnya seperti twitter dan instagram) sebaiknya gunakan fasilitas embedded  yang disediakan. Caranya, klik menu pada tweet di twitter atau gambar di instagram >> pilih embedded >> copy kode >> paste ke posting blog (dalam mode HTML).

  5. Hapus juga artikel yang berkaitan dengan modifikasi sistem operasi. Pada kasus yang dialami WebKeren.Net, dengan terpaksa postingan Cust*m Rom Android harus dihapus, meskipun saat itu tampil di halaman pertama google :'(.

Demikian pengalaman WebKeren.Net mengenai cara atau solusi mengatasi masalah "materi memiliki hak cipta". Bagaimana, apa cara ini memudahkan sobat daftar adsense, atau ada cara lainnya yang belum dituliskan disini? Isi kolom komentar di bawah

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: