Fotografi Ponsel: Tingkatkan Kreatifitas dan Kualitas dengan Alat ini!

Kreatifitas merupakan hal penting dalam fotografi ponsel, dengannya hasil gambar akan lebih bagus, bervariatif, menarik, keren, dan tentunya berkualitas. Dan terkadang, untuk memperluas variasi dan kualitas hasil gambar diperlukan perlengkapan tambahan. Meskipun untuk mendapatkannya diperlukan biaya, sobat akan terpuaskan setelah mendapatkan hasil gambar yang terbaik.

Tingkatkan Kreatifitas dan Kualitas Fotografi Ponsel dengan Alat ini!
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun Selfie! | Image © Liputan6.com

1. Gunakan Tripod & Monopod

Sobat bisa meningkatkan stabilitas fotografi smartphone dengan menggunakan tripod ataupun monopod juga seperti halnya kamera dslr ataupun pocket. Dengan bantuan "penyangga" ini sobat bisa memikirkan optimalisasi dan improvisasi foto lainnya ketimbang sekedar frustasi dengan hasil foto yang pecah / berantakan.
Jika sobat ingin benar-benar memaksimalkan kualitas fotografi smartphone, gunakan trippod dan monopod!

Tripod

Tripod memiliki fungsi stabilisasi yang besar untuk mengambil shoot pada kecepatan rana yang lambat. Tersedia bermacam jenis tripod ponsel di pasaran dengan ukuran yang kecil dan portabel yang membuat sobat selalu bisa membawanya kemana saja. Tripod dapat meningkatkan kemampuan fotografi dengan mengambil foto dari sudut yang mustahil.

Kalau sobat sudah memiliki tripod untuk kamera digital biasa, sobat tinggal menambahkan phone holder tambahan yang bisa menyangga handphone pada tripod biasa. Namun begitu kerugiannya, fleksibilitas tripod minim karena ukuran tripod kamera standar yang besar. Sebaiknya tetap pertimbangkan tripod kecil yang fleksibel dan mudah dibawa untuk bisa mengambil gambar kapan saja (shoot on-the-go). 

Dengan ponsel yang secara stabil diposisikan pada tripod, sobat akan dapat mengambil foto terbaik dalam situasi apapun, dan akan melihat banyak keuntungan dalam situasi cahaya rendah di mana gerakan kamera sangat merugikan. Setelah Anda memilikinya, tripod juga satu-satunya hal yang diperlukan untuk mengubah ponsel Anda menjadi kamera yang sangat bisa diandalkan.

Monopod / Tongsis

“Tongsis (Tongkat Narsis)” adalah julukan populer dari monopod. Dengan tongsis sobat bisa mengambil foto narsis bersama teman-teman dan lebih seru. Bentuknya menyerupai tongkat sepanjang kurang lebih 1 meter yang adjustable (bisa dipendekkan dan dipanjangkan), serta terdapat penyangga smartphone di ujungnya. Tongsis secara ekstrim meningkatkan kemampuan self potrait dari jarak jauh yang sempurna untuk selfie dengan banyak variasi pengambilan sudut gambar (angel of view) seperti top angle, low angle, frontal dan lainnya.

2. Gunakan Lensa Eksternal Attachable


Kreatifitas Kualitas Fotografi Ponsel Lensa Zoom
Foto ala fisheye atau wide sudah dikenal sejak era kamera slr, namun harga lensanya mahal yang cukup menguras kantong. Namun seiring perkembangan teknologi, sekarang sobat bisa menghasilkan gambar fisheye memakai smartphone.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih variatif dari kamera ponsel, cobalah membeli lensa attachable. Alat ini akan memberikan efek khusus seperti gambar makro, fish eyes, dan sekarang ini juga wide angel yang menawarkan sudut pandang yang lebih luas ketimbang lensa bawaan smartphone. 
Dengan bantuan lensa tambahan, sobat akan mendapatkan variasi efek hasil foto seperti Fish Eye, Stretch, Macro Close-up, Soft Lense, Polorizer, Starburst, Vignette, Image Mirage, Star/Antique Filter, dan lainnya. Bahkan sobat juga bisa menambahkan lensa superzoom yang banyak tersedia. Ukurannya yang kecil dan sangat mudah digunakan membuat kita bisa mendapatkan hasil seperti kamera profesional dengan tanpa mengeluarkan biaya besar. Yang perlu sobat lakukan adalah hanya menjepret seperti biasa dengan menggunakan lensa tersebut.

3. Gunakan Flash Eksternal

Flash eksternal smartphone photography
Sobat juga bisa meningkatkan kualitas fotografi smartphone secara ekstrim dalam keadaan minim cahaya dengan menggunakan flash eksternal seperti iBlazer, Lightstrap, dan lainnya. Ya, sobat sangat beruntung hidup di era smartphone canggih, dimana sudah terdapat lampu flash eksternal yang dirancang khusus untuk tablet PC dan smartphone dengan sistem operasi iOS dan Android.
Fotografi ponsel semakin tidak terbatas! flash eksternal untuk smartphone secara ekstrim meningkatkan kemampuan kamera depan, memungkinkan memotret ala strobist , dan dengan kabel ekstensi tambahan memungkinkan sobat memainkan efek pencahayaan layaknya fotografer profesional dengan kamera dslr!
Hebatnya, flash eksternal ini memang dirancang khusus untuk hape, dengan begitu ukurannya kecil dan bisa dibawa kemanapun sobat pergi. Harganya pun jauh lebih murah jika dibandingkan flash dslr, satu flash dslr termurah setara dengan lima flash smartphone!

Salah satu pilihan flash adalah iblazr. Berbentuk persegi dengan empat lampu LED dengan tenaga baterai isi ulang 200 mAh (1000 shoot / 40 menit pemakaian video dalam satu kali charge) diklaim memancarkan cahaya 10 kali lebih terang dibandingkan flash internal iPhone. Penggunaannya sangat mudah, tancapkan iblazr ke port audio jack 3.5mm dan langsung dapat digunakan. Jika masih kurang terang, sobat bisa menambahkan splitter sehingga bisa memakai beberapa iblazer.

4. Gunakan Remote

Fotografi android tomsis

Remote berguna untuk mengambil shoot dari jarak jauh. Shutter jarak jauh ini sering disebut sebagai "Tomsis" (tombol narsis), yang pada jenis "tongsis" tertentu sudah built in.  Untuk menggunakannya, terdapat jenis kabel dan nirkabel (melalui bluetooth), yang membuat sobat tidak perlu lagi menekan tombol shutter pada iPhone dan Android. Alat ini meningkatkan kemampuan smartphone untuk mengambil foto selfie ataupun memudahkan pengambilan gambar dari sudut yang tak terjangkau jika harus menekan tombol shutter.
Remote memudahkan pengambilan foto, tidak terbatas jarak dan celah sempit!

5. Case Anti Air (Waterproof Case)

kamera android waterproof

Seperti tergambarkan oleh namanya, case anti (waterproof) air ini memungkinkan fotografi ponsel di dalam air (under water)! Momen ataupun pemandangan menarik seperti karang di dasar laut, kura-kura yang sedang berenang, atau sekedar mengambil foto anak yang sedang berenang menjadi lebih mudah dan murah.
Mengambil foto saat berenang, snorkeling, bahkan diving tentu membuat liburan atau traveling lebih menyenangkan!
Yang perlu sobat perhatikan adalah kualitas case yang sobat pilih. Pertimbangkan dengan baik kualitasnya, jangan sampai berkualitas buruk yang bisa mengakibatkan smartphone rusak karena kemasukan air.


Demikian artikel berjudul Tingkatkan Kreatifitas Fotografi Ponsel dengan Alat ini!, semoga bisa membuat hunting foto dengan kamera ponsel lebih menyenangkan. Sobat bisa juga berpartisipasi dengan mengetik pada kolom komentar mengenai alat tambahan fotografi ponsel beserta fungsinya yang belum termuat disini.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: