Tips Merawat Kartu Memori Supaya Awet

Tips Merawat Kartu Memori Supaya Awet | Kartu micro sd memori eksternal smartphone adalah bagian penting hape android sobat. Terutama bagi sobat yang menggunakan memori internal sebagai lokasi untuk menyimpan data penting, baik berupa foto, file musik, ataupun file dokumen.

Untuk itu, memori card perlu dijaga supaya awet, tidak cepat rusak, dan data tetap terlindungi. Karena meskipun sekarang ini harga micro SD dengan fitur kecepatan tinggi dan berkapasitas besar semakin murah, data yang berada di dalam sd card tersebut mungkin tidak bisa terganti dengan rupiah.

Artikel ini akan menjabarkan beberapa saran atau tips yang webkeren.net modifikasi dari Belfot mengenai cara merawat kartu memori agar bisa bertahan lebih awet, tahan lama, kinerja yang baik, dan data di dalamnya dapat terjaga.

Tips Merawat Kartu Memori Supaya Awet
Tips Merawat Kartu Memori Supaya Awet | Image © www.webkeren.net

1. Jangan Taruh di Dompet (terutama untuk laki-laki)

Ini tips serius, bukan main-main! Maksudnya bukan menaruh Micro SD di dompet (khusus untuk yang menaruh dompet di saku belakang celana) dan tidak memakainya. Artinya, jangan taruh di dompet ini adalah seperti makna harfiahnya, yaitu misalnya sobat memiliki 2 micro SD Card, 1 micro SD Card terpasang di HP, sementara satunya yang "nganggur" jangan ditaruh di dompet.

Tekanan terhadap micro SD Card yang diakibatkan "diduduki" karena disimpan di kantong belakang celana akan merusak fisik. Tips ini murni berasal dari pengalaman WebKeren.Net yang sudah beberapa kali micro sd-nya rusak karena disimpan di dompet. Sebagai satu saran, sobat bisa menyimpannya pada Tempat penyimpanan khusus micro SD Card yang sekarang ini sudah marak dijual. Atau sebagai alternatif, sobat bisa menaruhnya di dompet, tempat pensil, atau lainnya, namun ingat selalu untuk tidak pernah mendudukinya.

2. Update OS

Setiap update sistem operasi (operating system / os) pasti mengatasi masalah (bug) yang ada pada OS sebelumnya; meningkatkan fungsi; meningkatkan kecepatan transfer data, dan lainnya. Mungkin saja update tersebut menghadirkan fitur baru yang bisa menjaga agar kartu memori smartphone sobat menjadi awet. Untuk melakukannya juga cukup mudah, pada sebagian besar handphone caranya sama (atau mungkin juga beda), yaitu dengan masuk ke menu setting >> About >> Version. Jika terdapat notifikasi upgrade, lakukanlah (sebaiknya ketika terhubung dengan wifi karena akan memakan kuota yang besar).

3. Unmount SD Card jika melepas / mencopot kartu sd card eksternal!

Meskipun (sebagaimana yang terjadi juga pada flashdisk) melepas media penyimpanan "secara paksa" tidak serta merta merusak sd card, sebaiknya ketika melepas micro sd lakukan unmount terlebih dahulu atau cara yang paling umum adalah dengan mematikan smartphone android dahulu. Untuk melakukan unmount, masuk ke setting >> storage >> pilih unmount SD Card

4. Lakukan format di smartphone

Format memory card akan menghapus sekaligus mengatur ulang tata ruang penyimpanan. Dimana proses penataan ulang blok data pada memoti card bisa berbeda antara smartphone, kamera digital, dan dengan pc. jadi, untuk mendapat hasil yang maksimal dari proses format sebaiknya lakukan format memory card di smartphone, jangan di komputer.

Untuk melakukan format langsung di smartphone android, masuk ke setting >> storage >> pilih Erase SD Card

Untuk menjaga performa mico sd card, selalu format memori kalau sobat memindahkan seluruh file dari smartphone ke komputer. Dan usahakan untuk tidak menukar / menggunakan memori card pada hape yang berbeda. Karena menurut pendapat banyak orang, pemindahan memori card secara bergantian antara beberapa perangkat bisa mengakibatkan data yang tersimpan rusak atau mengalami malfungsi.

5. Jangan Gunakan card reader murahan!

Lebih baik mencolokkan langsung hp ke komputer dengan USB micro SD. Card reader yang tidak baik bisa menyebabkan koneksi lempeng kuningan tidak merata yang menyebabkan panas berlebihan dan pada banyak kasus menyebabkan memori card terbakar dan rusak.

6. Kalau terkena air, tunggu sampai kering

Terkadang saat dilepaskan dari handphone ataupun sedang disimpan karena tidak dipakai, kartu memori terkena air bahkan tercuci! Tidak perlu khawatir berlebihan, karena pada kebanyakan kasus kartu memori masih bisa digunakan. Namun untuk menghindari resiko, jangan langsung digunakan karena mungkin masih terdapat sedikit air didalamnya. Keringkan terlebih dahulu sampai benar-benar kering (misalnya taruh di depan kipas, tapi hindari mengeringkan dengan panas karena dikhawatirkan justru merusak komponen didalam memori card) dan bila perlu diamkan dulu satu sampai tiga hari sebelum digunakan kembali

Dua kartu memori lebih baik dari satu

Jika membandingkan biayanya, memang harga satu kartu berkapasitas besar lebih murah dibanding dua kartu yang jika dijumlahkan kapasitasnya sama. Namun begitu dengan memiliki 2 kartu memori, data akan lebih terlindungi. Karena ketika satu micro sd rusak, maka data pada satu micro sd lainnya bisa terselamatkan. Dengan catatan penyimpanan kartu memori yang tidak digunakan dilakukan dengan benar.

7. Jangan Biarkan Memori Card Penuh

Jika memori card sobat penuh, maka gadget android sobat akan memberi notifikasi. Sebaiknya segera salin sebagian atau seluruh data ke pc sobat. Data yang sesak menyebabkan sobat tidak bisa menyimpan lagi di memori eksternal. Selain itu juga meningkatkan resiko kartu rusak atau data korup.

8. Pakai bergantian secara seimbang

Jika sobat mempunyai beberapa memory card, gunakanlah bergantian secara seimbang. Karena secara teoritis jangka waktu dan beban kerja berbanding lurus dengan umurnya. Dengan menggunakannya secara berimbang, otomatis umur kartu memori juga tidak akan berbeda jauh.

9. Gunakan Software Recovery jika Data Terhapus

Jangan terbakar emosi dengan terburu-buru membuang kartu memori yang rusak atau yang data didalamnya hilang. Kartu memori "bermerek" biasanya menyediakan software recovery guna mengembalikan foto yang terhapus. Rencananya Webkeren.Net juga akan membahas mengenai cara mengembalikan data yang terhapus dari memori card.


Itulah beberapa tips merawat kartu memori supaya awet dan data penting sobat terlindungi. Semoga bermanfaat bagi sobat yang ingin menjaga kinerja kartu memori tetap optimal dan tahan lama.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: