Tips Trik Wifi Kencang Cepat dan Stabil

Sekarang ini koneksi nirkable sangat diperlukan mengingat perkembangan teknologi yang selalu bertujuan untuk membuat segalanya menjadi mudah. Bahkan koneksi nirkabel yang tadinya hanya sebatas pancaran radio maupun wifi, saat ini sudah merambah pada proses charging.
Tips Trik Wifi Kencang Cepat dan Stabil
Tips Trik Wifi Kencang Cepat dan Stabil

Namun Webkeren kali ini bukan ingin membahas soal koneksi nirkabel secara luas, namun hanya sebatas pada koneksi wifi. Karena memang relasi antara koneksi WiFi, baik dengan smartphone android, iOS, ataupun pc, komputer dan laptop hampir tidak bisa dipisahkan.

Ini mungkin salah satunya dikarenakan minimnya koneksi data selular yang baik dan berkecepatan tinggi, selain tentu terutama adalah banyaknya perangkat yang dimiliki oleh seseorang. Dengan begitu, koneksi wifi yang cepat dan bagus sangat dibutuhkan semua orang, apapun kelas dan profesinya. Terlebih sekarang ini koneksi internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, mulai dari pekerjaan, hiburan, maupun pengisi waktu luang.

Cara Membuat Wifi Kencang Cepat dan Stabil

Sebelum masuk ke tips dan trik wifi kencang, sobat perlu mengetahui hal-hal dasar mengenai WiFi berikut ini:

  1. Pengaruh utama kecepatan koneksi wifi adalah paket langganan internet sekaligus penyedia layanannya, jenis router, dan konfigurasi (pengaturan) router WiFi.
  2. Posisi router WiFi terhadap perangkat yang digunakan untuk internetan (hp, tablet, laptop ataupun pc) juga mempengaruhi, semakin bagus sinyal yang didapat, semakin stabil pula koneksi internet.
  3. Channel / Frekuensi pancaran sinyal Wifi mempengaruhi jangkauan dan kekuatan sinyal wifi.
  4. Banyaknya perangkat yang menggunakan koneksi WiFi juga berpengaruh terhadap kecepatan internet melalui Wifi.
Dengan begitu, untuk mendapatkan Koneksi Internet Wifi Kencang Cepat dan Stabil, sobat perlu melakukan hal-hal berikut ini.

A. Posisi Router Wifi

Untuk mendapatkan kecepatan internet WiFi yang optimal, terapkan hal-hal berikut ini.

1. Letakkan di Tengah!

Antena router tidak hanya memfokuskan sinyal pada arah antena, namun juga menyebarkan sinyal ke semua arah disekitarnya. Jika router diletakkan di jendela depan rumah, kantor, restoran atau tempat lainnya, ada pancaran sinyal WiFi yang "terbuang" ke luar sia-sia.

Maka sebaiknya letakkan wifi di tengah ruangan agar sobat bisa mendapatkan sinyal dari segala penjuru. Namun begitu, jika sobat hanya menggunakan wifi pada ruangan tertentu saja, sebaiknya letakkan router wifi di tempat tersebut. Karena, sebagaimana semua perangkat nirkabel, memiliki prinsip "lebih dekat lebih baik".

2. Jangan Taruh di Bawah!

Router wifi menyebarkan sinyal ke semua arah, termasuk ke bawah. Ketika sobat letakkan pada posisi rendah seperti misalnya di lantai, sinyal menuju ke bawah menjadi sia-sia (meski terpantul, tetap saja pantulannya kecil). Sebaiknya letakkan wifi serendah-rendahnya sesuai dengan tinggi perangkat yang sobat gunakan (tapi bukan berarti posisi lebih tinggi lebih baik).

3. Minimalisir Hambatan

Semua benda padat seperti misalnya mebel yang tebal, dinding rumah, triplek, karpet, lemari, dan sebagainya akan memperlemah sinyal WiFi yang sampai ke perangkat. Untuk optimalisasi sinyal, letakkan wouter WiFi di lokasi yang "relatif" terbuka agar sinyal bisa sampai ke perangkat tanpa halangan.

4. Jauhkan dari Perangkat Elektronik Lain

Hal yang sedikit akan membantu juga adalah meletakkan WiFi berada tidak di dekat perangkat yang menghasilkan sinyal elektromagnetik, karena akan mengganggu ataupun melemahkan kinerja sinyal WiFi. Perangkat yang harus dihindari diantaraya adalah DVD Player, Router TV, TV, microwave, telepon genggam, dan lainnya.

5. Antena WiFi Sebaiknya Berdiri

Supaya sinyal Wifi bisa kuat disemua ruangan, sebaiknya posisi antena router Wifi berdiri (vertikal). Ini akan membuat sinyal WiFi akan tersebar secara horizontal, yang mempermudah sinyal WiFi untuk menjangkau seluruh ruangan.

6. Periksa Kekuatan Sinyal

Sobat bisa menggunakan aplikasi seperti Cloudcheck dan Amped (atau lainnya). Guna pengecekan kualitas sinyal ini adalah untuk mengetahui persebaran sinyal, apakan sudah merata ataukah hanya kuat pada satu bagian ruangan sementara di ruangan lain tidak mendapat sinyal. Dengan kata lain, untuk memetakan kekuatan sinyal.

7. Letakkan di Tempat yang Aman

Seperti halnya perangkat elektonik lain, hindari penempatan WiFi di daerah yang berbahaya seperti drkat tempat makan  /minum, aquarium, kulkas, dan sebagainya. Sementara untuk menjaga kinerja router pada titik optimal, sobat bisa menempatkannya di ruangan berpendingin udara (AC).

Selain posisi router WiFi, perangkat lunak / software router juga sangat mempengaruhi koneksi WiFi. Oleh karena itu sobat juga perlu melakukan konfigurasi pengaturan router seperti berikut ini

B. Atur Software Router

Sobat juga bisa membuat koneksi WiFi menjadi kencang dengan melakukan pengaturan software Router WiFi. Untuk melakukannya, sobat bisa melihat pada bagian body router (akan terdapat alamat, user id, dan pasword pengaturan router). Selain itu sobat juga bisa membacanya pada buku petunjuk pengaturan Router WiFi.

1. Pasang Pasword

Memasang pasword WiFi secara langsung membatasi pengguna koneksi WiFi, sekaligus juga menjaga keamanan data ketika sobat menggunakan WiFi.

2. Batasi Pengguna / Perangkat

Seperti yang dijelaskan, jumlah pengguna WiFi akan berpengaruh langsung terhadap kecepatan internet Wifi. Bahkan pada sebagian router jika jumlah pengguna lebih dari sepuluh akan membuat koneksi menjadi terputus-putus. Sobat bisa melakukan pembatasan dengan mempertimbangkan kemampuan router yang sobat miliki.

3. Rubah Channel Router

Rubah channel jika sobat tinggal di satu tempat yang terdapat banyak sinyal WiFi. Pada pengaturan, ubahlah channel frekuensi router tersebut. Biasanya terdapat 14 channel yang bisa dipilih, dan banyak yang menganjurkan untuk menggunakan channel 1, 6, dan 11 karena dianggap jarang bersinggungan dengan channel yang digunakan orang lain. Namun begitu, sobat bisa mencoba-coba untuk mengganti channel untuk mendapatkan yang terbaik.

4. Sesuaikan Frekuensi Router

Selain itu, router WiFi terbaru seharusnya sudah dilengkapi pilihan frekuensi yang berbeda (antara 2,4GHz hingga 5GHz). Kalau rumah atau kantor sobat besar dan bertingkat, sebaiknya gunakan frekuensi rendah karena memiliki jangkauan yang lebih luas dan kemampuan menembus hambatan yang lebih tinggi. Sebaliknya jika rumah / kantor sobat kecil dan tidak bertingkat, gunakan frekuensi tinggi yang menawarkan kecepatan akses data yang lebih cepat tapi jangkauannya lebih sempit.

5. Update Firmware

Yang ketiga adalah lakukan update firmware. Firmware terbaru tentunya akan meningkatkan kinerja router Wifi sobat.

C. Periksa Router dan Koneksi Penyedia Layanan Internet

Terkadang setelah melakukan segala hal tetap saja koneksi internet melalui WiFi lamban dan terputus-putus. Untuk itu sobat harus mencari tahu, apakah masalah ada pada router dan pengaturannya atau justru dari operator penyedia layanan internet

1. Lakukan speedtest

Lakukan speedtest dengan menggunakan koneksi WiFi dan sambungan langsung. Jika hasilnya kurang lebih sama, ini berarti pengaturan sobat sudah tepat. Sebaliknya, kalau keduanya sama-sama jelek, berarti penyedia layanan internet sobat bermasalah.

2. Ganti Router dengan Keluaran Terbaru

Kalau semua hal tersebut di atas sudah sobat lakukan dan penyedia layanan internet juga tidak ada kendala, kemungkinan besar router Wifi sobat sudah uzur sehingga kinerjanya menurun dan harus diganti dengan yang baru. Ketika mengganti router, hendaknya sobat memilih router dengan teknologi terkini.


D. Hal yang bisa dilakukan ketika wifi bermasalah


Koneksi wifi yang buruk tentu sangat mengganggu sobat, namun jangan cepat-cepat putus asa karena hal tersebut. Masalah selalu memiliki jalan keluar! Berikut ini adalah cara mengatasi masalah koneksi WiFi yang terhambat, lemot, bad signal (sinyal buruk/ lemah) ataupun putus-putus, agar kembali menjadi cepat dan stabil.

1. Jika terputus, Hubungi Penyedia Layanan setelah melihat lampu petunjuk

Jangan tergesa menelpon penyedia layanan internet (terutama karena sering menghabiskan waktu untuk menunggu, sobat juga mesti mengeluarkan biaya pulsa untuk menelpon). Ketika sobat menghubungi oprator pun biasanya akan diminta untuk melakukan hal berikut ini. Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah mengecek led indikator pada wifi, dan lihat apakah ada arus internet yang masuk atau tidak (bisa juga connect/disconnect). Jika tidak ada sinyal masuk cobalah restart router wifi. Jika restart wifi tidak berhasil, barulah sobat perlu segera menghubungi penyedia layanan.

2. Cek Kondisi dan Pengaturan Wifi

Jika menurut penyedia layanan koneksi internet sobat baik-baik saja, cobalah untuk mengecek pengaturan WiFi. Untuk pengaturan, karena setiap wifi memuliki cara masing-masing yang berbeda satu sama lain, sobat harus kembali membaca buku manual pengaturan. Jika sobat merasa kesulitan untuk merubah, sobat bisa melakukan reset ulang wifi ke setelan pabrik dan memulai pengaturan dari awal seperti yang tertulis pada buku panduan agar lebih mudah.


Demikian ulasan WebKeren mengenai Tips Trik Internetan Wifi Kencang Cepat dan Stabil. Bagaimana pendapat sobat? silakan ketik pada kolom komentar untuk berbagi dengan WebKeren.Net. Sebarkan juga link ulasan ini ke media sosial yang sobat miliki agar lebih banyak yang mengetahui Tips Trik Internetan Wifi Kencang Cepat dan Stabil.


Terima kasih atas kunjungan sobat. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: Kompas Tekno, MetroTvNews, dan sumber lainnya + pengalaman pribadi

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: