2 Cara Buat Android jadi Modem USB atau Wifi

2 Cara Buat Android jadi Modem USB atau Wifi – Sebelum diprotes pengunjung setia WebKeren.Net yang sudah mahir menggunakan android, perlu diketahui bahwa artikel ini ditujukan untuk sobat yang baru memiliki handphone android pertama kali. Yang mungkin bertanya-tanya tentang cara paling mudah bikin ponsel Android menjadi Modem USB atau Wifi tethering agar bisa browsing di pc.
2 Cara Membuat Android menjadi Modem USB atau Wifi


Smartphone “robot hijau” merajai pasar ponsel Indonesia hari-hari ini. Bisa dilihat dari sekitar sobat, menggunakan hp android semua bukan? Begitu pula dengan internet, dimana sebagian besar orang sudah menggunakannya. Dan Android adalah perangkat yang tepat untuk berselancar, baik karena aspek mobilitas, fleksibilitas, adaptibilitas, kecepatan loading aplikasi dan browsing, aplikasi yang banyak tersedia secara gratis dan tersedia notifikasi, dan kelebihan lainnya.

Perangkat ponsel ini juga bisa dijadikan sebagai modem, baik dengan konektifitas USB maupun wifi dengan memakai sambungan internet yang dimilikinya. Tentu ini membantu sobat yang tidak memiliki modem, karna tidak perlu lagi mengeluarkan uang lagi untuk browsing menggunakan laptop atau komputer, baik dengan sistem operasi windows xp, windos 7, windows 8, ataupun windows 10.

Untuk mengubah android jd modem tidak diperlukan aplikasi khusus. Selain itu juga bisa diterapkan untuk semua smartphone atau tablet android, baik itu samsung galaxy, smartfren, lg, lenovo, advan, dan lainnya, yang tentunya dengan syarat memiliki fitur koneksi internet. Sobat hanya perlu merubah setting jd aktif pada mobile wifi. Berikut ini adalah 2 cara membuat android jadi modem.

1. Cara Android Jadi Modem Wifi

Sebelum menjadikan Android sebagai modem wifi (tethering hotspot), pastikan sobat telah telah berlangganan paket internet yang masih aktif, dan laptop atau pc yang akan disambungkan memiliki sambungan wifi.

Cara mengaktifkan android sebagai portable hotspot sangat mudah, yaitu;

1. Aktifkan Koneksi Internet. Caranya, masuk ke menu pengaturan (setting) >> pilih wireless & network >> pilih mobile networks >> Pilih Access Point Names (APN) >> setting dan pilih APN (biasanya sudah otomatis diatur. jika belum, hubungi provider penyedia layanan internet sobat) >> kembali ke menu mobile networks, beri centang pada data enabled.

Android sobat sekarang sudah tersambung dengan internet. Secara default, android sobat akan memilih sendiri secara otomatis apakah menggunakan jaringan 3G / WCDMA, 4G LTE, atau 2G/ GSM. Namun sobat juga bisa memilih untuk mengaktifkan sambungan hanya 3G saja, 4G saja, atau 2G saja. Caranya yaitu, pada menu mobile network tadi, pilih network mode, kemudian pilih yang sesuai dengan keinginan sobat.

2. Aktifkan Portable Hotspot. Untuk menjadikan android sebagai modem wifi, sobat harus mengaktifkan mobile hotspot. Caranya yaitu, pada menu wireless & Networks tadi, pilih mobile hotspot >> lalu centang pada mobile hotspot >> pilih Configure Mobile Hotspot dan sesuaikan nama hotspot dan password sesuai keinginan, sementara untuk security pilih saja WPA 2PSK >> save.

3. Selesai, sobat tinggal melakukan koneksi pada pc sobat ke nama jaringan wifi yang sobat buat menggunakan pasword yang juga telah sobat buat.

Namun begitu, terkadang ada juga yang merasa bahwa sambungan wifi kurang baik dan membuat baterai smartphone cepat habis. Untuk itu, sobat bisa memilih cara kedua, yaitu menggunakan android sebagai modem usb.

2. Cara Android Jadi Modem USB

Sama dengan menjadikan Android sebagai modem wifi, juga telah berlangganan paket internet yang masih aktif. Tambahannya adalah, pastikan sobat juga telah menyediakan kabel data sesuai dengan tipe handset yang dimiliki.

Setelah itu, lakukan langkah berikut ini:
1. Sambungkan Android dengan komputer atau laptop menggunakan kabel data.
2. Tunggu sebentar, di netbook akan muncul notifikasi ponsel tersambung melalui USB.
3. Install driver smartphone android. Biasanya, pada smartphone keluaran terbaru dan sistem operasi komputer terkini driver akan terinstall secara otomatis. Jika tidak terinstall otomatis, mau tidak mau sobat harus download terlebih dahulu driver smartphone sobat sesuai dengan sistem operasi komputer yang sobat gunakan.
Jangan khawatir, sobat bisa mengunduhnya menggunakan android sobat dan kemudian memindahkannya ke komputer untuk di install.
4. Jika driver sudah sukses terinstall, ketika sobat mencolokkan android dengan usb ke komputer, pada android akan muncul notifikasi agar sobat memilih koneksi seperti apa yang sobat inginkan. Pilih USB tethering untuk membuat android menjadi modem usb.
5. Selesai. Jika tersambung dengan baik, sobat sudah bisa melakukan aktifitas browsing seperti biasanya.


Untuk kecepatan internet saat android digunakan sebagai modem dipengaruhi oleh banyak hal. Namun yang terutama adalah provider apa yang digunakan dan paket apa yang aktif. Untuk memilih provider internet yang tepat, baca artikel WebKeren.Net yang berjudul Cara Memilih Provider Internet Terbaik: Murah, Cepat, dan Stabil.

Itulah 2 Cara buat Android jadi Modem USB atau Wifi. Namun begitu nampaknya WebKeren.Net juga perlu memberikan kelemahan dan kelebihan jika sobat menggunakan android jadi modem, yang akan dijabarkan berikut ini.

Kelebihan Menggunakan Android Sebagai Modem

  1. Mudah, cepat, murah. Karena tidak perlu lagi membeli modem
  2. Simpel; 3 fungsi jadi satu sekaligus; sebagai ponsel, modem USB, Modem Wifi. Juga bisa digunakan untuk berinternet langsung.

Kekurangan Menggunakan Android Sebagai Modem

  1. Jika dilakukan terus menerus dalam jangka waktu lama tentu akan memperpendek umur baterai smartphone, dan bahkan smartphone sobat sendiri. Ini dikarenakan panas yang berlebih dan kerja yang lebih berat pada android ketika dijadikan sebagai modem.
  2. Menggunakan android sebagai wifi tethering membuat baterai android boros secara drastis. Yang tadinya bisa aktif 6 sampai 8 jam, menjadi 2 sampai 4 jam saja.

Untuk itu jika smartphone sobat adalah ponsel high end yang mahal, disarankan untuk tidak menggunakannya sebagai modem terlalu sering dan lama. Untuk sambungan usb, sebaiknya hentikan menggunakan android sebagai modem jika baterai sudah penuh, karena sambungan itu sekaligus juga proses isi ulang yang jika dilakukan terus menerus akan membuat baterai panas dan menggelembung. Kecuali jika sobat rela smartphone cepat rusak.

Demikian tutorial WebKeren.Net, tulis tanggapan sobat pada kolom komentar, dan sampai jumpa kembali di internet.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: