Di Android M, Instal Aplikasi Lebih Mudah dan Cepat

Aspek yang paling menarik dari Android M adalah Auto Backup dan Restore for Android Apps. Fitur baru ini membuat proses Instal Aplikasi Lebih Mudah dan Cepat di Android M. Fitur ini akan digunakan bersamaan dengan Google Drive untuk secara otomatis backup data yang ada pada aplikasi dan pengaturan dengan ukuran file maksimal 25Mb.

Di Android M, Instal Aplikasi Lebih Mudah dan Cepat
Image © techwebies.com

Jika sobat kebetulan mengubah banyak hal pada smartphone android, atau menghapus perangkat dengan security wipe cukup sering, ataupun sering berganti handset, mungkin sobat tahu bahwa proses backup dan setup ulang pada Android versi sebelum Android M sangat menyebalkan. Karena memakan waktu yang tidak sedikit dan terkadang ada hal yang terlupa mengenai pengaturan aplikasi sebelumnya.

Pada Android M nantinya sobat tidak akan direpotkan dengan pengaturan ulang itu, karena android M telah membawa fitur Backup data aplikasi dan preferensi pengaturan aplikasi ke layanan Google Drive secara otomatis. Dan akan secara otomatis pula melakukan restore / pemulihan pengaturan aplikasi selepas melakukan instalasi ulang.

Karena Google ingin "memastikan pengalaman yang baik" bagi mereka yang melakukan pengaturan ponsel lebih teratur daripada yang lain, semua ini di belakang layar keajaiban akan terjadi tanpa kerja dari pengguna atau pengembang.

Android M akan secara reguler dan otomatis melakukan backup data setiap hari jika smartphone sobat dalam 3 kondisi ini; terhubung dengan wifi, sedang diisi ulang, dan tidak digunakan. Menariknya, data yang diunggah dienkripsi dan juga tidak dihitung terhadap kuota penyimpanan Google Drive. Dengan begitu, sobat tidak perlu memikirkan space google drive yang semakin sesak.
Jelas fitur ini mempermudah sobat ketika kehilangan perangkat atau menghapus aplikasi. Semua aplikasi akan kembali seperti semula ketika sobat menginstalnya. Seperti misalnya game yang sudah sobat mainkan sampai level tertentu tidak perlu diulang karena akan direstore secara otomatis. Auto Backup dan Restore untuk Aplikasi ini bahkan berjalan pada aplikasi yang diinstall atau didapatkan melalui toko aplikasi selain Google Play Store.

Demikian artikel WebKeren.Net yang berjudul Di Android M, Instal Aplikasi Lebih Mudah dan Cepat, silakan tulis tanggapan pada kolom komentar.

Lebih lengkap mengenai android M bisa sobat baca pada artikel Kelebihan Baru Android M.
Source

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: