Aplikasi Android Penting untuk Peserta Asuransi BPJS Kesehatan

Aplikasi Android untuk Peserta Asuransi BPJS Kesehatan: BPJS Kesehatan Mobile | BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013 dan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014 ini memegang berperan penting dalam kesejahteraan sosial masyarakat Indonesia. Karena kesehatan merupakan kebutuhan dasar dalam kehidupan masyarakat.
Aplikasi Android Penting untuk Peserta Asuransi BPJS Kesehatan
Logo BPJS Kesehatan | Image © BPJS Kesehatan

Dengan adanya perlindungan kesehatan warga negara yang dijamin pemerintah, secara linier meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sebab biaya kesehatan ketika sakit tidaklah sedikit, yang bisa membuat masyarakat bukan miskin pun menjadi miskin karena membayar biaya perawatan di rumah sakit yang tinggi dan cenderung mahal.

Kehadiran Aplikasi Android BPJS Kesehatan Mobile, peserta BPJS yang notabene adalah seluruh masyarakat Indonesia tentu sangat berguna (meskipun ketika dicoba seringkali force close). Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun sobat ingin menggunakannya. Aplikasi ini bisa di download gratis di Google Play Store.

Sebelum membahas mengenai aplikasi ini, ada baiknya sobat yang belum mengetahui apa itu BPJS Kesehatan menyimak penjelasan singkat berikut ini:

Sekilas Mengenai BPJS Kesehatan

Sebagaimana dimuat dalam Wikipedia Indonesia, BPJS Kesehatan adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. BUMN yang dilandaskan pada Undang-Undang no. 24 tahun 2011 tentang BPJS ini (bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan / tadinya Jamsostek) merupakan dalam program pemerintah dalam kesatuan JKN.

BPJS Kesehatan sebenarnya tidak didirikan dari nol, namun merupakan perubahan dari Askes (Asuransi Kesehatan) yang dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero). Dengan artian, keanggotaan Askes yang tadinya hanya mencakup Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/POLRI, Pensiunan PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarga dan Badan Usaha lainnya, kemudian diperluas menjadi seluruh warga negara Indonesia dengan perubahan menjadi BPJS Kesehatan.

Keanggotaan BPJS Kesehatan tidak otomatis, untuk menjadi peserta BPJS, sobat harus mendaftarkan diri sendiri ke kantor BPJS terdekat. Sobat juga mesti membayar sejumlah uang sebagai premi setiap bulannya sesuai dengan jenis BPJS Kesehatan yang dipilih. Namun begitu, bagi masyarakat tidak mampu bisa mendaftar secara gratis dan tanpa premi dengan sejumlah persyaratan tertentu yang bisa sobat tanyakan sendiri ke BPJS Kesehatan (karena bisa berubah-ubah setiap waktu).

Mengenai penggunaan layanannya, banyak diberitakan berbagai media bahwa terdapat perubahan. Jika pada awalnya kalau sobat membuat BPJS Kesehatan bisa langsung digunakan, atau bahkan pada banyak kasus sakit dulu baru daftar BPJS Kesehatan, sekarang ini tidak begitu. Kartu BPJS Kesehatan baru bisa digunakan 2 minggu setelah pendaftaran.

Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile untuk Android

Pada deskripsi aplikasi BPJS Kesehatan Mobile dijabarkan bahwa pengembangan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile adalah bukti komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta.

Dalam update versi 2.1 pada 17 Mei 2015, terdapat beberapa perubahan, yaitu; perbaikan bug pada menu registrasi dan pengalihan server pada beberapa fitur untuk meningkatkan kecepatan akses. Aplikasi yang berkuran sangat kecil dan ringan (695kb) ini sudah diinstal lebih dari 50,000 pengguna android.
Untuk menggunakannya, sobat harus memiliki smartphone android versi 3.0 ke atas. Saat pertamakali menggunakan aplikasi sobat diminta memasukkan nomor Kartu Tanda Kependudukan (KTP) / yang juga disebut Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan dan Tanggal Lahir. Jika data valid, akan muncul notifikasi bahwa Registrasi Sukses. Daftar menu bisa diakses dengan klik icon aplikasi di sudut kiri atas, sementara untuk Live Chat, klik icon di sudut kanan atas.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk sobat peserta BPJS Kesehatan karena memiliki segudang fitur yang sangat berguna berikut ini.

Fitur Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile

  1. Melihat Profil data kepesertaan pengguna
  2. Pencarian data kepesertaan melalui nomor kartu atau NIK
  3. Pencarian lokasi Fasilitas Kesehatan (faskes) dan menampilkan petanya
  4. Pencarian informasi mengenai iuran dan tunggakan
  5. Menilai kepuasan (survey) terhadap pelayanan BPJS Kesehatan dan faskes yang bekerjsama dengan BPJS Kesehatan
  6. Pencarian informasi terkait JKN dan BPJS Kesehatan
  7. Menerima notifikasi / pemberitahun dari BPJS Kesehatan
  8. Fitur Live Chat untuk bertanya langsung kepada teknisi aplikasi mengenai pelayanan BPJS Kesehatan
Demikian artikel WebKeren.Net mengenai Aplikasi Android yang penting diinstall sobat Peserta Asuransi BPJS Kesehatan. Semoga bisa membantu sobat dalam memanfaatkan semua fitur pelayanan Asuransi BPJS Kesehatan.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: