18 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Terbaru 2016

Selamat berpuasa bagi sobat WebKeren.Net yang menjalankannya. Kali ini Web Keren akan memuat artikel mengenai 18 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Terbaru 2016 sebagai teman bacaan untuk sobat yang mudah-mudahan bermanfaat.

Editing foto di hp android tidak dianjurkan oleh sebagian ahli fotografi karena dipandang bahwa proses editing foto di Android masih dalam tahap di mana sobat hanya dapat melakukan suntingan paling dasar. Selain itu, keterbatasan ukuran dan kualitas layar android juga menjadi faktor penghalang hasil yang terbaik dari proses editing. Karena, sebagaimana sobat ketahui juga, alat yang baik untuk memotret sangatlah penting, namun mampu mengedit gambar untuk finishing hasil foto terbaik juga bisa sama pentingnya.
Namun begitu pada perkembangannya, aplikasi edit foto di android dari waktu ke waktu terus menambahkan fungsi yang semakin banyak dan berguna. Kita sebagai fotografer ponsel pun memiliki lebih banyak pilihan daripada sebelumnya ketika melakukan foto editing dengan mengunakan aplikasi edit foto Android.

Kamera smartphone pun sekarang ini juga telah dapat melakukan banyak hal luar biasa, dengan fitur-fitur baru dan lebih menakjubkan yang diumumkan setiap saat. Mulai dari besaran piksel, kemampuan bukaan cahaya, fokus, dan bahkan banyak juga lensa tambahan yang tersedia untuk memaksimalkan kemampuan fotografi sobat.

Selain itu juga, proses editing foto di android sangatlah fungsional dan menjadi tahap yang penting juga menyenangkan ketika sobat hanya sekedar ingin berbagi foto melalui jaringan sosial yang sobat pilih untuk pertemanan. Melakukan editing foto di pc terkadang dianggap rumit dan menghabiskan banyak waktu dari pengalaman fotografi mobile.

Apakah sobat memiliki foto panorama menakjubkan dari cakrawala kota atau sobat hanya sekedar ingin lucu-lucuan dengan menambahkan sticker kacamata pada foto teman yang tertidur saat rapat tim, dengan aplikasi editor foto android semuanya menjadi mudah. Memiliki dan menggunakan aplikasi foto di android adalah pilihan yang bagus buat sobat, dan itu yang akan kita bahas kali ini.

Meskipun ada banyak yang bisa dilakukan oleh aplikasi editor foto di komputer, kita hanya akan fokus pada editor foto yang terbaik yang bisa dijalankan secara mandiri di Android, terlepas dari apa jenis kamera yang sobat miliki dan apa yang tingkat keterampilan fotografi sobat. Berikut inilah daftar aplikasi photo editor untuk Android yang terbaik yang WebKeren.Net rangkum dari Android Authority dan AndroidCentral yang bisa membuat hasil foto android seperti iphone 6 ataupun kamera dslr

1. Adobe Lightroom

18 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Terbaru 2016
Adobe Lightroom- Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Terbaru 2016/ Image © Adobe
Pada pc desktop dan laptop, Lightroom adalah salah satu aplikasi editing foto yang paling populer digunakan. Aplikasi ini powerfull, profesional, dan bisa digunakan oleh sobat tanpa kemampuan fotografi sekalipun. Sejak kamera smartphone telah mampu menghasilkan foto berkualitas, dan keluar prosesor yang lebih mampu melakukan pengeditan yang kompleks dengan cepat, versi mobile dari Lightroom menawarkan tingkat yang sama dari kemampuan editing. Bahkan Lightroom juga memungkinkan untuk mengedit format gambar RAW dan kemampuan untuk meningkatkan kualitas foto dengan berbagai preset dan alat yang mudah digunakan.

Lightroom saat ini hanya tersedia pada smartphone android dan tablet android 7 inci dan 10 inci, tetapi antarmuka jelas dirancang untuk menjadi ramah sentuhan dalam upaya untuk menawarkan jenis yang sama dari fleksibilitas versi desktop dari software ini. Kemampuan untuk mengedit gambar dalam format RAW telah melebihi semua kebutuhan untuk perkembangan Lollipop dalam fotografi smartphone. Plus, jika sobat menggunakan Lightroom pada komputer biasa, sobat dapat menggunakan Adobe sync untuk dapat memeriksa suntingan segera setelah sobat kembali ke meja kerja.

Namun begitu sayangnya aplikasi ini hanya menawarkan masa percobaan selama 30-hari, dan untuk tetap dapat menggunakannya sobat harus berlangganan Adobe Creative Cloud Photography.

2. PicsArt Photo Studio

apk Edit Foto Terbaik Android yang Wajib Anda Miliki
PicsArt Photo Studio - Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Terbaru 2016 / Image © PicsArt
Dengan pengguna yang sudah mencapai lebih dari 200 juta menandakan PicsArt adalah aplikasi edit foto dan gambar untuk android yang sangat populer (terpopuler dan terbaik). Jika sobat mencari fitur editing foto yang fokus pada seputar kolase (aplikasi foto android untuk menggabungkan foto), PicsArt memang berfokus terutama pada kolase yang membuatnya memiliki banyak fitur itu.

Namun, masih ada juga hal-hal dasar editing foto dan pilihan efek untuk merubah dan memanipulasi foto seperti filter, masker, frame, kontrol, dan penyesuaian bersama dengan beberapa fitur yang tidak biasa seperti menggoreskan coretan grafis dengan jari, juga menambahkan lukisan,teks dan stiker/clipart.

PicsArt juga mendapatkan beberapa pujian dai media seperti “PicsArt akan mengubah gambar smartphone kamu jadi sebuah karya seni.(Mashables)”, dan "Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan apa yang kamu dapatkan pada tools profesional yang mahal seperti Photoshop (Fast Company). PicsArt adalah aplikasi gratis yang solid dan yang harus dimiliki untuk penggemar kolase.

3. PICSAY

Aplikasi Edit Foto Android Terbaik dan Gratis
PicsSay - Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Terbaru 2016 / Image © Shinycore
PICSAY sudah di download oleh lebih dari sepuluh juta pengguna, yang menunjukkan aplikasi edit foto android ini adalah salah satu yang paling populer di daftar ini. Proses editing foto dengan Picsay sangat cepat dan menyenangkan.

Sementara mengedit foto secara serius memiliki tempat dan waktu yang berbeda, melakukan suntingan cepat lebih umum digunakan seperti yang banyak orang lakukan di dunia jejaring sosial kita. Kemampuan untuk mengambil sebuah gambar dengan cepat ketika anak sobat bermain di halaman, coretan grafiti yang sobat lihat ketika berkendara atau sedang di dalam kereta, atau suasana restoran larut malam yang menonjol saat Sobat berjalan menyusuri jalan adalah hal sempurna untuk bisa ditangkap kamera smartphone, dan kemampuan untuk menambahkan sesuatu yang cepat untuk membuat satu hal menonjol atau bahkan hanya menambah sedikit kekonyolan yang terlalu banyak menyenangkan untuk dilewatkan.

Perbaiki warna foto, tambahkan balon kata, judul, grafik, dan efek distorsi dengan cepat, menyenangkan, dan mudah. Jika ini adalah gaya sobat ketika mengedit foto, PicSay adalah aplikasi yang harus dicoba.

PicSay datang dalam versi gratis dan versi Pro, dan keduanya menawarkan fitur ringan fantastis yang dapat membuat foto pop. Sobat dapat menaikkan saturasi untuk warna yang lebih terang, menerapkan filter cepat, mungkin gelembung chat dengan tulisan yang cerdas di dalamnya, dan mengirimkan foto dalam hitungan menit ketika berada di jalan. Memang tampilan antarmukanya bisa membuat sedikit merepotkan di beberapa sisi, dengan pinch to zoom dan alat editing bisa saja terjadi secara bersamaan yang membuatnya sangat mudah untuk tidak sengaja menambah atau menghapus sesuatu ketika mengedit.

Versi berbayar menawarkan konten tambahan seperti filter lebih dan fitur yang sebenarnya lebih seperti menggambar yang sensitif terhadap tekanan, menghapus red eyes, dan lain-lain. Ini adalah pilihan yang solid dan sangat populer yang senilai dengan biaya yang dikeluarkan.

4. Photo Editor By Aviary

Aplikasi Edit Foto Android Terbaik dan Keren!
Photo Editor By Aviary - Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Terbaru 2016 / Image © Aviary, Inc.
Photo Editor by Aviary menonjol karena memiliki sedikit lebih banyak seperangkat fitur editing. Masih ada hal-hal seperti stiker, filter, dan sejenisnya, tapi app memiliki alat tambahan untuk editing termasuk hal-hal seperti memperbaiki red eye, blur, memutihkan gigi, dll, Ini adalah aplikasi yang cukup padat secara keseluruhan, meskipun tidak akan memiliki daya tarik bagi penggemar gaya filter Instagram dan lebih ditujukan untuk orang yang hanya ingin foto terlihat baik.

Ada banyak editor sederhana di luar sana yang menangani filter dasar dan fokus pergeseran jenis suntingan gratis, tetapi sebagian besar aplikasi ini baik terikat ke jaringan sosial (Instagram, misalnya) atau hanya tidak cukup fleksibel. Aviary mengambil penggemar filter dan meningkatkan kualitas dengan urutan besarnya, menawarkan tampilan antarmuka yang bersih dan sederhana yang berfokus pada membiarkan pengguna dengan cepat dalam membuat suntingan tanpa mengganggu pikiran artistik dalam proses.

Suntingan bisa dilakukan melalui bar sederhana di bagian bawah aplikasi, sehingga sehingga sobat dapat mengedit dengan satu tangan on-the-fly saat berjalan menyusuri jalan sembari melakukan hal lain yang sedang sobat kerjakan. Ini adalah foto aplikasi editing ringan pasti, tetapi fokus pada UI sederhana dengan alat sederhana dan muatan kapal efek membuat tangan ke bawah yang paling kuat editor sederhana.

5. G+ PHOTOS

Aplikasi Photo Editor Terbaik pada Smartphone
G+ Photos - Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Terbaru 2016 / Image © Pixabay
G+ Photos adalah aplikasi editing yang dibuat hampir secara eksklusif untuk jaringan sosial, dan layanan foto Google untuk G + sudah ada pada hampir setiap perangkat Android tanpa perlu menginstalnya, dan itu sebenarnya cukup bagus. Photos secara teknis adalah bagian dari Google+, tetapi memisahkannya menjadi ikon dan aplikasi sendiri sehingga sobat bisa langsung mengedit foto tanpa harus masuk ke G+. Aplikasi ini memiliki filter dan frame yang cukup jika sobat sedang mencari cara mengedit cepat, tetapi fungsi editing otomatis di aplikasi ini adalah benar-benar hal yang terpisah. Satu tombol ini melakukan pekerjaan yang besar mengubah foto yang layak menjadi foto yang luar biasa, dan jika sobat tidak menyukai hasilnya, masih ada beberapa alat yang layak dicoba untuk fine-tuning.

Tidak seperti banyak aplikasi editing foto lainnya yang memerlukan banyak sentuhan jadi, edit foto di Photos lebih banyak dengan hanya menggesekkan jari secara horisontal dan vertikal sehingga bisa dilakukan dengan satu tangan. Aplikasi ini juga bisa menunjukkan perubahan apa saja yang terjadi pada foto dengan mempelihatkan foto asli sebelum pengeditan jika sobat merasa perlu melihat apa yang salah. Selain itu, jika sobat mengizinkan Google+ untuk bertindak sebagai layanan backup untuk foto, sobat juga bisa mengatur pengeditan secara otomatis setelah terunggah dengan fitur yang dinamakan Google sebagai "Auto-Awesome." Yang menunjukkan bahwa layanan backup foto ini memang berbeda dengan yang lain.

Karena aplikasi ini gratis dan memang sudah terinstal di ponsel atau tablet, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

6. Autodesk PIXLR - Photo Editor

aplikasi edit foto android seperti iphone
Image © Autodesk Inc.
Sangat mudah untuk berpikir tentang mengedit foto sebagai satu jenis aktivitas di perangkat mobile, di mana sobat mengambil gambar dan membaginya ke jaringan sosial setelah membuat beberapa pengeditan cepat, tapi editor foto dapat dan sering menawarkan banyak lebih dari itu. Editing untuk sosial menyenangkan, tetapi ketika Sobat memiliki puluhan foto dari suatu peristiwa atau Sobat ingin merangkai sesuatu yang mudah diingat dari tahun foto yang dikumpulkan, tidak ada alasan untuk tidak dapat melakukannya di ponsel atau tablet. Aplikasi terbaik untuk pekerjaan itu adalah Pixlr, seperti melakukan pekerjaan yang besar tidak hanya sebagai editor mandiri tetapi sebagai kolase dan editor kreatif juga.

Autodesk Pixlr, yang sebelumnya bernama Pixlr Express, dikenal juga sebagai aplikasi foto android untuk menggabungkan foto yang populer dan banyak dianjurkan. Ada sejumlah pilihan editing termasuk red-eye removal, pilihan memutihkan gigi, a one-click enhance tool, overlay, borders, filter, dan sobat bahkan dapat melihat pratinjau menggunakan fitur live-preview. Tentu saja, ada juga berbagai alat dasar seperti cropping (memotong) dan rotate (memutar foto). Pixlr adalah editor solid dengan banyak pilihan dan memang dikembangkan oleh Autodesk, brand ternama desain grafis. Aplikasi Pixlr akan membuat foto sobat terlihat seperti profesional, bahkan jika kamu belum pernah mengedit foto sebelumnya.


Tampilan antarmuka Pixlr fantastis, solid, tapi juga sangat compact sekaligus. Aplikasi ini merupakan rangkaian dari kotak hitam kecil yang sangat berguna setelah sobat terbiasa, tetapi menakutkan untuk mereka yang baru memulai. Toolbox aplikasi ini menawarkan alat editing (koreksi foto) otomatis juga bagi sobat yang tidak cukup memiliki waktu atau kesempatan untuk melakukan editing sendiri. Fitur kolase terutama menonjol karena menjadi sepenuhnya smartphone-friendly, sehingga dapat dengan mudah menyusun koleksi cepat foto dalam satu tema. Jika sobat memiliki waktu untuk duduk dan benar-benar belajar bagaimana menggunakannya, ini bisa dengan mudah menjadi photo editor favorit sobat.

7. Snapseed

download aplikasi edit foto android
Snapseed / Image © Google Inc.
Jika Sobat seorang penggemar Google dan hanya ingin menggunakan aplikasi Google, Snapseed merupakan aplikasi editor foto yang tepat. Sementara foto aplikasi di Google+ memiliki Editor kecil sendiri, Snapseed (yang juga dimiliki oleh Google) jauh lebih baik daripada aplikasi photos Google+. Dengan aplikasi ini sobat bisa juga melakukan auto-tune dan auto-correction foto jika perlu.

Seperti Instragram, ada juga filter standar, fitur penyesuaian, dan frame yang bia sobat tambahkan untuk meningkatkan kualitas foto. Tetapi Snapseed menggunakan sistem isyarat yang unik dan intuitif untuk melakukan hal ini. Sobat juga bisa memilih opsi gambar, seperti kekuatan tekstur atau saturasi untuk membuat bibir orange atau merah, dengan menggesekkan atas dan ke bawah gambar, dan kemudian geser ke kiri dan kanan untuk menambah atau menguranginya. Ini benar-benar intuitif dan hanya menghabiskan waktu beberapa detik untuk benar-benar mengubah foto.

Pada akhirnya, gambar mungkin terlihat cukup berlebihan atau nampak kalau sudah diedit, tapi tetap saja hasilnya yang mengesankan dan bisa dicapai hanya dengan aplikasi sederhana. Ini menyenangkan dan aplikasi yang solid yang sempurna dan recommended untuk penggemar Google.

8. BeFunky Photo Editor

aplikasi edit foto lucu android
BeFunky Photo Editor / Image © BeFunky INC
Editor foto sederhana, kecil dan menyenangkan ini memungkinkan sobat memiliki akses ke puluhan efek dan alat editing antara lain filter, sharpness, dan eksposur.

Dengan ini sobat benar-benar dapat menambahkan efek tanpa batas pada foto sehingga dapat membuatnya seperti yang sobat inginkan.

Ada juga versi gratis yang bisa sobat coba untuk melihat apakah itu layak untuk dibeli pada versi berbayar. Ada versi khusus untuk tablet, ada juga versi khusus ponsel.

9. Cupslice Photo Editor

aplikasi edit foto android untuk instagram
Cupslice Photo Editor / Image © Cupslice
Cupslice adalah editor foto dengan fitur ringan dan tidak seberat yang lain.

Muncul dengan lebih dari 50 efek untuk digunakan secara bersamaan dengan alat pengeditan dasar.

Juga sejumlah stiker yang dapat ditambahkan ke foto dan nomor yang diperbarui setiap minggu. Sangat bagus, aplikasi sederhana yang minimalis dan mungkin sesuai dengan kebutuhan.

10. Fotor Photo Editor


Fotor Photo Editor memiliki beberapa fitur yang sangat mudah digunakan, seperti Termasuk adalah one-tap enhance, scene untuk menyesuaikan foto berdasarkan kondisi di mana foto diambil, filter dan efek yang dapat ditumpuk satu sama lain, dan sejumlah alat dasar dan pseudo-canggih dalam editing lain untuk meningkatkan kualitas foto sendiri. Bahkan ada teks, stiker, dan frame untuk sobat yang menyukainya. Ini semua dibungkus dalam antarmuka warna-warni dan sederhana yang membantu editing sedikit lebih mudah.

Fotor Photo Editor juga telah dipuji beberapa situs seperti; "Fotor Photo Editor menawarkan adegan dan penyesuaian cepat dan mudah.(BBC)", "Fotor editor foto menangani cukup banyak setiap tugas mengedit foto yang diperlukan (Lifehacker)", dan "Fotor editor foto bekerja seperti yang diharapkan tanpa gangguan (TUAW)."

11. Pho.to Lab

menggabungkan dua foto menjadi satu foto juga mengkloning foto
Pho.to Lab / Image © VicMan LLC
Pho.to Lab adalah aplikasi dengan segudang fitur. Muncul dengan lebih dari 500 frame untuk foto jika sobat menyukai frame.

Selain itu juga segudang background, filter, kolase, dan bahkan montase populer seperti mengubah wajah manusia menjadi muka hewan.

Versi gratis memiliki watermark dan iklan sedangkan versi berbayar tidak, sehingga Sobat setidaknya dapat mencobanya dan melihat apakah Sobat menyukainya sebelum Sobat membelinya. Memiliki banyak hal yang dapat Sobat tambahkan ke foto, juga fitur editing yang sangat mendasar.

12. Photo Editor Pro

fitur slimming meniruskan wajah atau melangsingkan tubuh
Photo Editor Pro / Image © Zentertain
Photo Editor Pro adalah aplikasi edit foto compact bahkan hampir tidak ada yang menandinginya tentang hal itu.

Fitur one-touch enhance, filter, frame, dan alat-alat perbaikan foto dasar seperti keseimbangan warna, crop, dan memutar foto.

Ini bagus untuk sobat yang ingin tetap sederhana dan tidak perlu banyak tools editing canggih seperti mereka yang berencana untuk mem-posting gambar untuk media sosial seperti Instagram. Sekali lagi, tidak ada yang terlalu istimewa tentang itu tapi sangat compact dengan fitur yang banyak.

13. Photo Effects Pro

Membuat meme menggunakan android
Photo Effects Pro / Image © DHQ Solutions
Photo Effects Pro memiliki beberapa fitur menyenangkan. Seperti, Sobat dapat menyisipkan gambar meme untuk membuat gambar lucu, menggambar dengan jari pada foto seperti Sobat dapat dengan S-Pen pada Galaxy Note 3, dan tentu saja alat-alat standar, filter, dan frame.

Ini juga compact (dan benar-benar gratis) yang seharusnya memenuhi kebutuhan kebanyakan orang.

Sisi baik lainnya adalah aplikasi ini bisa digunakan secara offline dan hanya menggunakan internet untuk berbagi foto secara online.

14. Adobe Photoshop Express

Sebelum Sobat terlalu berharap terlalu tinggi, Sobat harus tahu bahwa apk ini tidak hampir sama bagusnya dengan aplikasi photoshop di desktop. Fiturnya berupa editing foto ponsel konvensional yang lebih seperti filter dan penyesuaian ringan seperti koreksi warna. Ada beberapa fitur keren seperti camera fill dan kompatibilitas dengan desktop yang menggunakan Adobe Creative Cloud.

Ambil gambar. Edit. Bagikan. Senyum. Foto ajaib ada di ujung jarimu. Kapanpun dimanapun mengedit foto tidak pernah lebih menyenangkan dari ini, cepat, dan keren. Berikan sentuhan pada foto agar sobat lebih tampan atau lebih cantik dengan perbaikan otomatis dan filter. Jadikan gambar sobat populer! Dan setelah berbagi, sobat akan menjadi bahan pembicaraan teman-teman. Jika Sobat adalah penggemar produk Adobe, mungkin aplikasi ini akan berguna.

15. Rage Comics Photo Editor

edit foto lucu android
Rage Comics Photo Editor - Aplikasi Edit Foto Android Lucu/
Image © Photo Editors and Picture Effects
Kita semua tahu aplikasi ini memang cukup populer. Ini pada dasarnya hanya editor foto dengan stiker dan teks fitur untuk menghasilkan Rage Comics (komik marah) dan meme yang lucu.

Aplikasi ini mencakup lebih dari 300 wajah meme dan tidak memiliki fitur lain sebagaimana aplikasi yang lain.

Jika Sobat sedang mencari sesuatu yang lebih serius, Sobat harus memilih apps lain tetapi jika Sobat mencari editor photo app untuk lucu-lucu an, aplikasi ini recomended buat sobat.

16. Shift


Aplikasi editor foto Shift masih terbilang baru dan memiliki awal yang buruk namun terus membaik. Masalah terbesar adalah berkisar iklan mengerikan yang muncul terus menerus, namun pengembang telah menambahkan cara untuk menyingkirkan mereka melalui pembelian aplikasi. Shift adalah editor foto menarik karena bukannya menambahkan filter pra-dibuat, aplikasi ini memungkinkan Sobat membuat filter Sobat sendiri menggunakan berbagai efek dan alat-alat yang bisa sobat simpan untuk digunakan kemudian. Bagi penggemar filter, aplikasi ini layak direkomendasikan.


17. Auto Photo Background Changer

Mengganti background (latar belakang) dengan yang baru dengan bantuan alat Magical Eraser tool for backgrounds. Auto Photo Background Changer adalah Photo Editing tool paling baik untuk menghapus latar belakang foto dan menggantinya dengan latar belakang baru. Auto Photo Background Changer hanya membutuhkan tiga langkah untuk mengganti background / menghilangkan objek foto sobat hanya melalui ponsel.

Pertama adalah Erase, yaitu alat yang memungkinkan sobat menghapus latar belakang foto menggunakan Magical Foto remover "Auto" yang menghilangkan seluruh latar belakang yang memiliki latar belakang polos, juga alat manual yang memungkinkan sobat secara manual menghapus latar belakang untuk latar belakang yang tidak polos.

Kedua adalah edit, yaitu mengedit foto dengan latar belakang foto lebih lanjut untuk menghapus setiap konten yang tersisa. Ketiga adalah paste, yaitu paste foto dengan latar belakang yang sudah terhapus dengan background yang sobat pilih. Seperti misalnya background menara Eiffel Paris, tembok besar di China dan banyak lagi.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur lain seperti efek photo negative, hitam putih / black and white (bw), neon efek, efek cermin dan lainnya. Auto Photo Background Changer adalah foto editor yang paling canggih untuk mengganti latar belakang foto.

18. Tambahkan Aplikasi Editor Foto Android Pilihan Sobat

Daftar ini hanyalah aplikasi edit foto yang diketahui cukup populer dan baik dalam mengedit foto. Namun begitu tentunya ada banyak lagi aplikasi editor foto android lainnya. Ketik aplikasi yang sobat gunakan dan sobat anggap sebagai yang terbaik yang belum masuk di daftar ini, sehingga mungkin akan ditambahkan ke dalam daftar.

Itulah daftar 17 Aplikasi Edit Foto Terbaik & Terbaru di Android versi WebKeren.Net. Semoga bisa membantu sobat menemukan aplikasi edit foto yang tepat.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: